Tuesday, April 25, 2017

Sate Ayam Teriyaki & Sambal Matah



Te.. sateee! Siapa yang suka makan sate? Wah, pasti banyak yang ngacung nih! Saya dan boyz di rumah adalah fans berat sate. Kalau makan sate, nggak bakal ngebosenin deh! Mau makan di luar atau bikin sendiri, sate yang ada di atas meja makan pasti langsung cepat habis. Hap!

  Sate yang nikmat karena dimasak dengan cara dibakar ini bisa juga dibikin di rumah meskipun kita tidak punya alat untuk membakar sate (panggangan sate). Caranya, bakar pakai pan (wajan) datar anti lengket saja! Tetap mateng, kok! Memang sih, kurang gosong. Untuk mendapatkan efek gosong dan memantapkan daging biar lebih matang, setelah dibakar di atas pan anti lengket, bakar lagi sate di atas api kompor. Hati-hati, arahkan api dengan tepat jangan sampai membakar tusuk sate. Nanti sate jadi putul alias putus gagangnya :D

  Sate biasanya disajikan dengan bumbu kacang. Berhubung saya agak malas bikin bumbu kacang, saya bikin bumbu matah saja. Biar makin nendang pedasnya karena menggunakan irisan cabe rawit. Seuhahh...

  Sebagai paduan sambal matah, saya bikin sate dari daging ayam dengan bumbu teriyaki. Lha, kok nggak nyambung? Teriyaki dan sambal matah? Jepang dan Bali? Ternyata, nyambung aja sih. Rasanya juga enak! Yuk, simak bahan dan cara membuatnya...

Bahan:

  • 2 dada ayam filet (tanpa tulang)
  • 1 sachet bumbu teriyaki instan
  • margarin secukupnya

Sambal matah, iris halus: 

  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah cabe merah besar
  • 10 buah cabe rawit
  • 3 batang sereh, ambil bagian pangkalnya
  • 3 buah jeruk limau, ambil airnya
  • garam secukupnya
  • 2 cm terasi bakar
  • 2 sdm minyak bekas menggoreng ayam atau ikan secukupnya
Cara membuat:
  1. Potong kotak ayam filet. Lumuri dengan bumbu teriyaki. Diamkan selama satu jam atau disimpan semalaman di kulkas. 
  2. Tusuk potongan ayam filet dengan tusuk sate. Atur setiap tusukan berisi tiga potong ayam atau empat jika ukurannya kecil.
  3. Bakar sate di atas fry pan anti lengket. Panaskan margarin. Atur sate di atas pan. Balik setelah daging berubah warna dan matang. Angkat, sisihkan.
  4. Agar ada efek gosong seperti membakar di atas bara, bakar sate di atas api kompor. Lakukan hingga daging menjadi kecoklatan dan agak gosong. Ingat, hati-hati jangan sampai api kompor mengenai tusuk sate yang bisa menyebabkan sate menjadi patah (karena tusuknya terbakar).
  5. Sambal matah: campur semua bahan dalam satu wadah. Panaskan minyak goreng, matikan api. Tuang minyak goreng panas ke adonan sambal. Aduk rata dengan menggunakan sarung tangan plastik sambil diremas-remas. Pakai sarung tangan supaya tidak panas. Koreksi rasanya.
  6. Sajikan sate teriyaki bersama sambal matah.

   Postingan ini merupakan salah satu resep yang saya kirimkan di ajang Kontes Resep Enak. Baca juga:

1 comment:

  1. Saya pikir bikin sambal matah lebih ribet dari sambel kacang, ternyata saya salah, nice sharing mba :)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^