Sunday, May 14, 2017

Combro


Combro masbroo...!!! Siapa suka combro? Saya suka saya suka. Combro adalah cemilan gorengan yang khas dari Jawa Barat. Combro merupakan singkatan dari oncom dijero, artinya oncom didalam. Iya, makanan ini memang punya isian dari oncom yang sudah dibumbui. 

   Bentar dulu, buat yang belum tahu oncom itu apa... oncom adalah 'sodaranya' tempe yang merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai. Oncom yang digunakan untuk jadi isian combro adalah oncom merah yang terbuat dari bungkil tahu. Ada satu lagi jenis oncom, yaitu oncom hitam. Oncom hitam terbuat dari ampas kacang tanah dan jarang ditemukan di tukang sayur terdekat. Yuk ah, mari kita kemon bikin combro...

Bahan untuk membuat combro
Bahan:
  • 1 kg singkong
  • 1 batang daun bawang, diiris-iris kecil
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Isian combro:
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 papan oncom (ditumbuk halus)
  • 1 btg daun bawang (dirajang kecil)
  • 6 buah cabe rawit, potong kasar
  • Gula pasir sedikit
  • Garam secukupnya


Cara membuat combro:

  1. Parut singkong sampai halus. Campurkan dengan daun bawang dan garam, sisihkan.
  2. Membuat bumbu: tumbuk halus bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan garam.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu dan irisan cabe rawit. Masukkan oncom, aduk hingga harum dan matang. Taburi gula pasir, koreksi rasanya. Angkat, sisihkan.
    Tumisan oncom untuk isian combro
  4. Ambil sekepal adonan singkong parut, pipihkan, isi dengan 1 sdm tumisan oncom. Rapatkan dan bentuk lonjong hingga semua isi terbungkus. Jika parutan singkong terlalu berair, peras dulu sedikit agar tidak lembek dan mudah dibentuk.
    Combro siap digoreng
  5. Goreng combro dalam minyak panas dengan api kecil. Angkat, sajikan hangat.

Tips membuat combro:
  • Jika malas memarut singkong, bisa minta parutkan di tukang sayur yang mempunyai mesin parutan kelapa. Jangan lupa bayar ongkosnya, ya. Saya membayar Rp.1000 saja untuk numpang marut singkong.
  • Saat membungkus oncom dengan parutan singkong, padatkan jangan sampai ada lubang yang membuat oncom bisa 'melarikan diri'.
  • Sisa tumisan untuk isian combro bisa dibuat olahan lain. Yaitu dibungkus daun jadi pepes oncom. Jangan lupa selipkan daun salam dalam setiap bungkus pepes. Atau dimakan alias jadi teman lauk juga enak. 
  • Mau bikin combro yang tidak pedas juga bisa. Buat dua macam tumisan. Satu menggunakan cabe, satu lagi tanpa cabe. Saya membuat combro yang tidak pedas untuk si bungsu Dd Irsyad. Rasanya juga nggak kalah enak lho!
   Oia, tambahan lagi. Parutan singkong yang ada bisa divariasikan jadi olahan lain, yaitu misro. Misro biasa dijual berdampingan dengan combro di mamang penjual combro pinggir jalan. Agar misro tidak tertukar dengan combro, bentuk misro dibuat bulat. Isian misro adalah gula merah. Cara membuatnya sama dengan combro, tapi diisi dengan irisan gula merah. Jika combro rasanya asin, maka misro rasanya manis. Makanya disebut misro, yaitu amis di jero alias manis di dalam.


Misro
   Resep yang tertulis dalam foto berikut adalah resep combro versi royal alias isiannya banyak. Yaitu menggunakan oncom sampai dua papan. Hasilnya jadi lebih gendut dan banyak tumisan oncom yang tersisa, haha. Kebetulan fotonya gagal, jadi saya pakai foto dari resep sebelumnya. Resep dengan foto ini saya ikutkan dalam kompetisi Kontes Resep Enak Alfamart. Alhamdulillah, saya nyangkut jadi finalis dan diundang ke Jakarta untuk berkompetisi memperebutkan juara 1 sampai 10. Cerita selengkapnya bisa dibaca di postingan ini: Serunya Beraksi ala Master Chef di Kontes Memasak Royal VKB Alfamart 2017.



Postingan lain yang saya kirimkan di ajang Kontes Resep Enak adalah sebagai berikut:
  Postingan ini sekaligus menjadi penutup serial kumpulan postingan Kontes Resep Enak Alfamart. Selanjutnya, saya sedang mempersiapkan postingan resep untuk bulan puasa yang sebentar lagi tiba. Happy cooking! ^_^

16 comments:

  1. Jadiii...singkong parutnya nggak perlu diperas dulu airnya ya Inna...

    ReplyDelete
    Replies
    1. eia lupa, diperas dikit kalo terlalu berair.
      makasih koreksinya mba een, sudah diedit :*

      Delete
  2. Ih suamiku suka banget makan combro, mba. Kalau combro asik juga kalau siannya pedes banget ya mba

    ReplyDelete
  3. Di daerah saya cari oncomnya yg susah.
    Saya sendiri belum pernah mencicipi combro.
    Paling kalo bikin ya singkong parut yg isiannya gula merah

    ReplyDelete
  4. Enak nih, saya sering bikin dirumah waktu masih kumpul keluarga besar, karena lebih asik di makan rame-rame bareng keluarga.

    ReplyDelete
  5. kebetulan lagi panen singkong nih saya. biasa di goreng atau rebus aja, kok yo ngak kepikiran bikin combro ya heheheh

    ReplyDelete
  6. combro, jadi ingat masa kecil dulu, sering berebut combro sama kakak..

    ReplyDelete
  7. Akuu sukaa bangeet combroo mbaak, apalagi masih anget krenyesss gtuu. heheheh makasih sharing resepnyaa :D salam kenaal ya mbaak :D blognyaa asikk bingits

    ReplyDelete
  8. glek langsung kepengen mba insyaAlloh weekend ntar ah mau bikin nah td jg aku mikir duh malay marut n mba kasi solusi jg bahahaa oke siap bgt ni bikin combro

    ReplyDelete
  9. ini makanan paforit mba,,,kalau sore-sore sambil minum teh manis pasti tambah sedap, kadang aku juga buat sendiri lebih enak dan puas ktimbang beli di luar

    ReplyDelete
  10. camilan favorit suamiku nihhhh...

    ReplyDelete
  11. Saya sukaaa makan combro, tapi belum pernah bikin sendiri :D

    ReplyDelete
  12. Di tempatku susah ditemui oncom yang batangan itu

    ReplyDelete
  13. hihihi jangan sampai 'melarikan diri'. Trus saya jadi mikir oncomnya kabur :D

    ReplyDelete
  14. Di Malang ngga ada oncom Mbak, adanya menjes hihihi tapi pasti beda rasanya. Sungguh aku penasaran sama combro isi oncom ini.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^