Saturday, April 22, 2017

3 Olahan Seafood dengan Saus Tiram


Suka seafood? Enak banget ya jika olahan seafood tersaji di meja makan. Seafood yang paling sering saya masak adalah udang dan cumi. Kalau kerang dan kepiting jarang saya olah karena cukup sulit didapat di tukang sayur terdekat. Sedangkan menu ikan laut agak jarang saya sajikan karena selera keluarga saya lebih suka olahan ikan air tawar.

Masih sambungan dari kumpulan postingan Kontes Resep Enak Alfamart, kali ini saya menulis resep olahan seafood. Yaitu: udang saus tiram, udang ca kangkung, dan cumi masak paprika. Kenapa resep udang ada dua? Udang ini favorit banget! Mudah dikreasikan bahkan disandingkan dengan bahan makanan apa saja. Ada dua resep karena salah satunya dicampur dengan sayuran kangkung. Jadi tambah nikmat dan sehat, kan? Selamat mencoba!

1. Udang Saus Tiram

Bikin udang saus tiram ini gampang banget. Cuma dioseng sebentar... taraa... langsung jadi! Rasanya juga nggak kalah dengan udang saus tiram yang ada di restoran. Hihi, muji diri sendiri boleh dong. Yuk, simak resepnya...


Bahan:
  • 500 gr udang
  • 8 butir bawang putih, geprek dan cincang kasar
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt kecap manis
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • air matang 200 ml

Cara membuat:
  1. Lumuri udang yang sudah dicuci dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama 20 menit,
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan udang. Aduk rata hingga udang berubah warna.
  3. Tambahkan saus tiram, kecap asin, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata. Tambahkan air matang. Masak hingga semua bahan matang dan kuah menyusut.
  4. Angkat dan sajikan hangat.

2. Udang Ca Kangkung

Nah, ini dia resep udang kedua yang dicampur dengan sayur kangkung. Kangkung yang ditumis 'sendirian' aja udah enak. Apalagi kalau ditambah dengan udang yang menggoda seperti ini. Hmm... makin enak!


Bahan:
  • 1 ikat kangkung, siangi dan potong
  • 250 gr udang windu ukuran sedang, kupas dan sisakan bagian ekor
  • 4 butir bawang putih, geprek dan cincang kasar
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt kecap manis
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis
  • air matang secukupnya
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak goreng dalam fry pan anti lengket. Tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna.
  3. Masukkan kangkung, aduk rata. Tambahkan air, saus tiram, garam, merica, dan kecap manis. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Masak hingga semua bahan matang. Koreksi rasanya. Angkat, Sajikan hangat.

3. Cumi Masak Paprika

Cumi-cumi selain enak digoreng tepung juga enak ditumis dengan berbagai bumbu. Kali ini saya iseng menumis cumi dengan paprika. Biar tampilannya jadi menor dan menggoda untuk digigit! Saya menggunakan saus tiram yang gurih, seperti biasa. Boleh ditambahkan dengan merica hitam jika ingin rasa yang lebih menggetarkan jiwa *halah*


Bahan:
  • 250 gr cumi basah
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 4 butir bawang putih, iris tipis
  • 1 buah paprika merah, iris kasar
  • 1 buah daun bawang, iris kasar
  • 1 sdt saus tiram
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis
  • air matang secukupnya
Cara membuat:
  1. Cuci bersih cumi, buang kulit luarnya, potong bentuk cincin. Balur dengan air jeruk nipis dan garam selama 15 menit.
  2. Panaskan fry pan anti lengket, tuang minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.
  3. Masukkan paprika dan daun bawang, aduk rata sampai semua bahan layu.
  4. Masukkan cumi, aduk hingga cumi kaku dan berubah warna. Tuangkan air matang. Rebus sebentar.
  5. Tambahkan garam, merica, dan saus tiram. Aduk rata. Masak sampai kuah menyusut. Koreksi rasanya.
  6. Angkat, sajikan hangat.
Postingan ini merupakan salah satu resep yang saya kirimkan di ajang Kontes Resep Enak. Baca juga:

1 comment:

  1. sedaaap.... saya suka sama seafood :) tambah dong mbak, kepiting saus tiramnya hehe

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^