Tuesday, February 13, 2018

Oseng Toge Ikan Asin


Suatu hari dia acara arisan buibu yang bertempat di sebuah rumah makan. Masakan yang tersaji sudah dipesan sebelumnya oleh salah satu pengurus. Rumah makan tersebut mengusung menu utama aneka olahan ayam. Namun tidak melulu ayam, ada banyak menu lainnya yang cocok disandingkan dengan menu ayam. Salah satunya adalah oseng toge ikan asin ini.

Ketika mencicipi, lho kok enak! Selama ini saya bikin oseng toge ya oseng toge doang, nggak pakai ikan asin. Pakai ikan asin yang disuwir kecil-kecil ini bikin sensasi menggigit toge yang kres kriuk berpadu dengan kejutan rasa gurih asin dari ikan asin. Saat berkunjung ke rumah makan itu lagi bareng keluarga, saya kembali memesan menu yang sama. Habis enak sih!

Wednesday, February 7, 2018

Perkedel Tahu

pekedel tahu

Bikin perkedel atau tahu ya? Kadang suka galau nggak sih, mau bikin lauk gorengan apa buat pendamping hidangan sayur yang kita masak hari ini. Saya sih, sering begini hihi. Tahu itu kesukaan saya. Dibandingkan tempe, saya lebih memilih tahu. Kok tahu? Yaa pengen aja. Tahu itu lembut. Selembut hati saya (uhuk uhuk boleh batuk).

Balik lagi soal galau antara perkedel atau tahu. Daripada pusing, bikin aja perkedel tahu. Masakan yang satu ini cocok banget buat meluapkan emosi. Lampiaskan saja kemarahan saat menumbuk tahu sampai halus. Hancurkan! Hancurkan! Hahaha!

Atau bisa juga buat bikin anak anteng. Ambil tahu yang belum dilumatkan, kasih ke anak balita yang biasa ngintilin kita ke dapur. Untuk sementara, anak itu bakal anteng karena sibuk mengancurkan tahu. Kapan lagi disuruh emaknya buat menghancurkan sesuatu, iya nggak? 

Saturday, February 3, 2018

Bola Makaroni Goreng

resep bola makaroni goreng

Halo, selamat menikmati akhir pekan!

Kalau wiken begini, biasanya saya suka bikin camilan karena semua pasukan kumplit ada di rumah seharian. Ngintip di kulkas, ada stok makaroni rebus bekas bikin makaroni skotel. Waktu itu, nggak semua makaroni dipakai. Satu bungkus saya rebus aja sekalian. Lumayan, bisa dibuat hidangan lain seperti campuran sop, rawon, jadi seblak, atau dibumbui saus bolognese dan carbonara

Nah, sekarang mau bikin yang rada nyusahin. Riweuh dikit nggak apa-apa lah, mumpung lagi pada libur. Kalau boyz mulai rewel, ada Bapa yang bisa menangani sementara saya sibuk di dapur. Mau bikin makaroni tapi digoreng. Biar pada akrab, makaroni saya bikin nempel jadi bentuk bola sebelum digoreng. Nggak ketinggalan, bikin isian dari wortel biar jadi sayuran tersembunyi yang cocok buat anak-anak. Penasaran? Yuk, simak bahan dan cara membuatnya!

Friday, February 2, 2018

Nasi Liwet Tulang Jambal Magicom

Nasi liwet tulang jambal

Nasi liwet tulang jambal ini sudah lama pengen saya bikin. Tapi belum kesampaian karena belum ketemu tulang jambal yang oke buat dieksekusi. Akhirnya baru terlaksana setelah Bapa pulang bawa oleh-oleh ikan asin jambal dari Palangkaraya. Heu, jauh amat ya bawa ikan asin kok dari Kalimantan.

Ikan asin yang kayaknya dari ikan gabus ini ukurannya lumayan besar. Tulangnya juga berukuran jumbo. Wah, cocok banget nih buat dibikin nasi liwet tulang jambal. Secara tulang jambal kan rada susah jadi lauk makan karena daginnya cuma seuprit. 

Thursday, February 1, 2018

Karedok


Karedok alias salad sayuran ala sunda ini sering jadi sajian andalan ketika makan bersama keluarga besar. Teman makan nasi ini bersanding dengan lauk seperti ayam goreng, ikan bakar, tahu dan tempe goreng...hmm dijamin bakal nambah deh!

Kalau kebetulan makan di rumah makan khas sunda, saya dan Bapa juga suka memesan keredok. Dengan catatan jangan terlalu pedas. Selain kami nggak kuat makan yang pedas banget, juga supaya boyz bisa ikut menikmati keredok. 

Apa bedanya keredok dengan lotek dan gado-gado? Kalau lotek adalah nama sunda dari gado-gado. Keduanya punya persamaan yaitu memakai saus kacang sebagai campurannya. Isian lotek atau gado-gado adalah sayuran yang sudah direbus. Sedangkan karedok berisi sayuran yang masih mentah. Mentah juga enak. Pas digigit, ada kres kresnya gitu lho!

Wednesday, January 31, 2018

Sayap Ayam Goreng Mentega Saori


Sayap ayam goreng mentega saori ini sudah lama saya bikin. Ketika tahu ada lombanya, saya belum sempat untuk posting. Lalu, tahu-tahu sudah deadline alias lombanya udahan haha. Sebenernya saya berniat ikutan, tapi mau foto ulang karena kok yaa foto saya jelek banget kalau buat diikutkan lomba. Kalau buat blog sih biarin aja pasang foto jelek nggak jelas, yang penting resepnya jelas. Maapin ya. Beginilah dapur ngebut. Saking ngebutnya masak nggak merhatiin keindahan foto, hiks.

Balik lagi ke ayam goreng mentega. Kali ini saya pakai sayap ayam semua. Kenapa? Yah adanya itu di tukang sayur (pasrah). Kalau mau nyamperin mamang ayam potong, saya kudu nguber ke bunderan depan komplek. Itu pas lagi rajin. Seringnya sih males. Haiyah ketahuan.

Tuesday, January 30, 2018

Sayur Oyong Jamur


Bogor hujan terus! Brrr, dingin! Enaknya kalau makan nasi pakai sayur yang berkuah hangat. Kali ini mau masak yang gampang aja. Bikin sayur oyong. Biasanya sayur oyong temennya pasti pakai soun. Saya mau ganti pakai jamur aja, ah. Pakai soun enak juga sih. Cuma suka nyerep kuah dan jadi benyek kalau dicampur langsung. Jadi kalau bikin sayur oyong pakai soun saya pasti pisahkan dulu. Baru pas mau dimakan, soun ditambahkan ke mangkok. Aman. Nggak megar juga jadinya.

Jamur yang saya pakai ini yaitu jamur merang. Kalau di tukang sayur sudah dijual dalam satu plastik. Beratnya mungkin sekitar 250 gr. Ada juga yang dijual alam kemasan yang lebih kecil. Satu plastik isi 5 sampai 6 buah jamur. Nah, kali ini saya pakai yang kemasan kecil sebanyak dua bungkus. Pas buat sepanci kecil sayur oyong jamur.