Wednesday, February 7, 2018

Perkedel Tahu

pekedel tahu

Bikin perkedel atau tahu ya? Kadang suka galau nggak sih, mau bikin lauk gorengan apa buat pendamping hidangan sayur yang kita masak hari ini. Saya sih, sering begini hihi. Tahu itu kesukaan saya. Dibandingkan tempe, saya lebih memilih tahu. Kok tahu? Yaa pengen aja. Tahu itu lembut. Selembut hati saya (uhuk uhuk boleh batuk).

Balik lagi soal galau antara perkedel atau tahu. Daripada pusing, bikin aja perkedel tahu. Masakan yang satu ini cocok banget buat meluapkan emosi. Lampiaskan saja kemarahan saat menumbuk tahu sampai halus. Hancurkan! Hancurkan! Hahaha!

Atau bisa juga buat bikin anak anteng. Ambil tahu yang belum dilumatkan, kasih ke anak balita yang biasa ngintilin kita ke dapur. Untuk sementara, anak itu bakal anteng karena sibuk mengancurkan tahu. Kapan lagi disuruh emaknya buat menghancurkan sesuatu, iya nggak? 


Nah, sumber energi buat ngancurin tahu udah ada. Yuk, mari singsingkan lengan baju. Berikut ini bahan dan cara membuat perkedel tahu.

Bahan:
  • 2 buah tahu putih, hancurkan dengan garpu
  • 1 batang daun bawang
  • 2 butir telur (untuk adonan dan pencelup)
  • minyak untuk menggoreng
Bumbu halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/4 sdt merica
  • bubuk penyedap rasa secukupnya (optional)
  • garam secukupnya

Cara membuat:


1) Campur jadi satu: tahu, bumbu halus, bawang daun, dan 1 butir telur.

pekedel tahu
Aduk rata semua bahan
2) Panaskan minyak goreng di wajan datar anti lengket. 

3)  Ambil 1 sendok adonan perkedel tahu. Bentuk adonan menjadi bulat pipih.

4) Kocok rata 1 butir telur. Celupkan 1 perkedel ke dalam kocokan telur.

pekedel tahu
Menggoreng perkedel tahu
5) Goreng dengan api sedang hingga matang kecoklatan kedua sisinya. Angkat.

Perkedel tahu siap disantap. Teman si perkedel tahu di meja makan yang cocok bisa soto, sop, atau hidangan tumisan juga oke. Mau ditambulin alias dimakan buat cemilan juga enak lho! Jangan lupa pakai cabe rawit biar makin greget! 

pekedel tahu
Perkedel tahu bisa buat lauk atau cemilan

Okedee... sampai jumpa di resep berikutnya. Saya ngetik ini sambil masak soalnya. Mau balik lagi ke dapur. Selamat menikmati perkedel tahu...

pekedel tahu
Pekedel tahu

6 comments:

  1. Mba ART ku srg bikin ini.. Kalo lg bosen perkedel kentang, aku lgs minta perkedel tahu aja.. Biasa ditambah korned.. Dan seringnya lgs ludes bahkan sebelum nasi mateng :p

    ReplyDelete
  2. Perkedel tahu biasanya dicocol pakai saus sambal aja, haha... Eh tapi pakai nasi juga sama enaknya sih. Ketika lagi bosan makan perkedel kentang, enak bikin pakai tahu aja :D

    ReplyDelete
  3. Aku biasanya bikin ini buat lauk sayur sop. Kalo soto perkedel kentang, kalo sop perkedel tahu. Hehehe

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^