Siliwangi Bolu Kukus: Bolu Kukus Khas Pasundan dengan Rasa yang Unik



Kamu suka wisata kuliner? Namanya jalan-jalan, pasti nggak bisa lepas dari yang namanya wisata kuliner. Saat berwisata, pastinya kita mencicipi hidangan khas dari tempat yang dikunjungi. Selain untuk menuntaskan rasa lapar, rasa penasaran pun ikut terselesaikan. Gimana enggak, icip-icip kuliner jadi sensasi tersendiri karena mencoba sesuatu yang baru dengan keunikan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. 

Wisata kuliner di setiap daerah tidak sama. Seperti yang kita ketahui, Jogja terkenal dengan gudegnya, Bandung dengan batagornya, dan tentu saja Bogor punya kuliner andalan yang tidak kalah nikmat dengan daerah lain. Misalnya: soto mie, asinan, soto kuning, dodongkal, toge goreng, laksa, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu lagi main ke Bogor, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Lebih senang lagi kalau bisa bawa oleh-oleh khas Bogor untuk sanak saudara di rumah atau orang terdekat.

Kenapa harus bawa oleh-oleh? Karena kuliner yang mau dimakan ada baanyakk dan tidak sempat dicicipi semuanya. Atau saking enaknya kuliner yang dimakan, jadi ketagihan ingin membawa pulang dan menikmatinya kembali bersama keluarga di rumah. Siapa pun yang dapat oleh-oleh pasti akan merasa bahagia karena mendapat perhatian dari sang pemberi oleh-oleh. Betul tidak?

Oia, membawa oleh-oleh itu sudah jadi kebiasaan ketika kita lagi jalan-jalan. 
Oleh-oleh atau buah tangan jadi budaya di negara kita. Nggak afdol rasanya kalau pulang nggak bawa oleh-oleh. Bisa berupa barang atau cendera mata atau souvenir atau makanan khas daerah tersebut. 

Ada juga nih, saat kenalan mau traveling ke suatu tempat kita menitip oleh-oleh khas di sana. Tapi jangan lupa, titip pada orang yang benar-benar kenal dekat ya. Kalau masih saudara ya nggak masalah. Kalau nitip sama yang baru kenal kan nggak sopan, hehe.

Oleh-oleh makanan adalah yang paling dicari ketika kita berkunjung ke suatu tempat. Di Bogor banyak banget kuliner nikmat menggoda iman. Saya sebagai penduduk baru di kota ini saja kegirangan dan berhasil menggendut karena makan enak melulu, hihihi.

Kuliner khas Bogor yang saya suka ada soto mie, soto kuning, laksa, asinan, dodongkal, talas, dan bolu. Yang terakhir adalah kue bolu, kuliner kekinian yang banyak dicari pemburu oleh-oleh. Ada bolu panggang dan ada bolu kukus. Saya lebih suka bolu kukus karena diproses dengan cara dikukus yang lebih sehat. Hasilnya tekstur bolu lebih lembut. 

Bolu kukus jadi jajanan yang nikmat dan pas banget untuk dijadikan oleh-oleh. Penganan ini cocok dinikmati sebagai kudapan manis yang mengenyangkan. Itulah sebabnya bolu kukus jadi oleh-oleh favorit Bogor yang banyak dicari.


Grand Opening Store Siliwangi Bolu Kukus di Stasiun Bogor

Ngomongin oleh-oleh bolu kukus, ikut saya hunting oleh-oleh baru kekinian yang ada di Bogor, yuk! Namanya Siliwangi Bolu Kukus. Saya kebetulan hadir pada pembukaan store pertama Siliwangi Bolu Kukus di Stasiun Bogor. Tepatnya pada hari Jumat pagi tanggal 25 Oktober 2019. Saat datang pagi hari pukul 8, keramaian di depan store sudah terlihat. 


Mejeng di depan store Siliwangi Bolu Kukus

Siliwangi Bolu Kukus aktif juga lho di media sosial Instagram, Twitter, dan Facebook. Menurut tweet Minsil (panggilan sayang untuk admin medsos Siliwangi Bolu Kukus), istilah 'bolu' itu berasal dari bahasa Portugis 'bolo' yang artinya sama dengan 'cake' dalam bahasa Inggris. Jadi, bolu adalah kue berbahan dasar tepung (terigu), gula, dan telur. Kebanyakan kue bolu dipanggang di dalam oven. Namun sekarang sudah banyak bolu yang dikukus dan rasanya tidak kalah lezat.

Siliwangi Bolu Kukus diproduksi oleh CV. Boga Karya Siliwangi. Tim inti bagian produksi adalah orang-orang berpengalaman yang sudah bergelut selama 5 (lima) tahun di industri makanan, khususnya bolu kukus. Jadi, soal kualitas dan rasa tidak perlu diragukan lagi.

Turut hadir dalam acara grand opening ada Bapak Tegar Pranata selaku General Manager CV Boga Karya Siliwangi. Beliau menjelaskan keunggulan Siliwangi Bolu Kukus yang memiliki varian rasa unik dengan bahan-bahan yang berkualitas dari tanah Pasundan. 


Bapan Tegar Pranata

Rasa unik yang khas Pasundan yaitu talas Bogor, kopi Bogor, stroberi Ciwidey, susu Lembang, dan ubi Cilembu. Juga varian lain yang menggunakan bahan baku lokal berkualitas. Tidak menutup kemungkinan, Siliwangi Bolu Kukus akan menambah varian rasa dengan mengangkat kuliner lokal Jawa Barat yang banyak digemari oleh masyarakat.


8 varian rasa Siliwangi  Bolu Kukus

Siliwangi Bolu Kukus diproduksi dengan cara dikukus melalui proses higienis dengan bahan baku pilihan yang berkualitas. Proses produksi menggunakan mesin dan peralatan yang tepat guna, serta didukung oleh tenaga kerja lokal yang handal. Hasilnya adalah produk bolu kukus yang berkualitas dan berdaya saing.

Pak Tegar mengatakan bahwa Siliwangi Bolu Kukus diperkenalkan kepada masyakat sebagai suatu bentuk karya yang mengangkat nilai sejarah dan nilai kearifan lokal. Hasil karya tersebut diberi nama Siliwangi Bolu Kukus. Itulah sebabnya nama ‘Siliwangi’ lebih ditonjolkan pada kemasannya karena nama ini melekat dengan Bumi Pasundan.

Lebih lanjut lagi tentang nama Siliwangi. Cerita tentang nama Siliwangi yang berasal dari kata ‘Silih’ dan ‘Wawangi’. Dari sejarah terdahulu, adalah pemimpin Kerajaan Sunda Galuh adalah Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja yang menggantikan sang kakek, Niskala Wastu Kancana, yang bergelar Prabu Wangi. Kekuasaan beliau dianggap sama besar seperti sang kakek, sehingga beliau pun dikenal sebagai Prabu Siliwangi. 

Semboyan kesatuan dari Prabu Siliwangi dalah ‘Silih Wawangi’ yang meliputi ‘Silih Asih Silih Asah Silih Asuh Silih Wawangi’. Maknanya, setiap manusia itu harus saling mengasihi seperti seorang ibu yang memberikan air asi pada bayi yang baru lahir. Saling mengasah dan saling mengasuh agar lebih bermanfaat dalam kehidupan. Jadi kita sebagai manusia harus saling memberikan hal yang positif. 

Sejalan dengan filosofi sejarah tentang Siliwangi, maka misi perusahaan dalam memproduksi Siliwangi Bolu Kukus adalah: 
  1. Dari Indonesia, oleh Indonesia, dan untuk Indonesia.
  2. Menciptakan produk yang berdaya saing dengan nilai-nilai kearifan lokal Indonesia.
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan proses berdasarkan filosofi-filosofi Ketuhanan dan keilmuan serta teknologi.
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang sehat. 

Semua itu kemudian mengerucut pada budaya sehat, sejahtera, bahagia, kearifan lokal, dan humanis. Wah, ternyata filosofinya sangat mendalam dan bermakna. Nggak cuma sekedar oleh-oleh saja. Melestarikan budaya lewat wisata kuliner sangat sesuai dengan visi Siliwangi Bolu Kukus. 

Sebagai penutup Pak Tegar berharap supaya Siliwangi Bolu Kukus dapat diterima dengan baik oleh kalangan masyarakat luas dan memberikan nilai kebaikan sertamanfaat bagi siapapun yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung. Aamiin.


Suasana di dalam store Siliwangi Bolu Kukus

Dalam  rangka grand opening, Siliwangi Bolu Kukus mengadakan promo BUY 1 GET 1 hanya di tanggal 25 Oktober 2019 dengan harga Rp 25.000 saja. Promo ini berlaku untuk 500 pembeli pertama (tidak berlaku kelipatan). Dan hanya berlaku di Store Siliwangi Bolu Kukus Stasiun Bogor. 


Promo saat pembukaan store

Asyik banget kan promonya! Lihat tuh, pengunjung langsung antusias dan mengantri untuk mendapatkan Siliwangi Bolu Kukus dengan harga murah. Saya nggak mau kalah ikutan antri juga, dong!
Antrian pembeli di depan store Siliwangi Bolu Kukus

Siliwangi Bolu Kukus: Bolu Kukus Khas Pasundan dengan Rasa yang Unik

Dengan kemasan menarik dan sudah PIRT dan Halal, Siliwangi Bolu Kukus hadir dalam 8 varian rasa yang menggoda. Yaitu rasa Talas Bogor, Brownies Coklat, Susu Lembang, Stroberi Ciwidey, Kopi Bogor, Ubi Cilembu, Ketan Kelapa, dan Alpukat Mentega. Setiap rasa menunjukkan ciri khas Bumi Pasundan. Wow, mantap!

Kita intip satu per satu varian rasa dari Siliwangi Bolu Kukus. Setiap varian rasa punya keistimewaan tersendiri yang bikin kamu pengen coba semuanya...

1)  Siliwangi Bolu Kukus Rasa Talas Bogor


Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Talas Bogor

Siapa yang nggak kenal dengan talas bogor? Talas selalu dicari untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak perlu membawa talas yang berat, kini olahan talas berupa bolu kukus jadi incaran para pemburu oleh-oleh. 

Tampil cantik dengan tiga lapis berwarna. Yaitu ungu di lapisan atas, kuning di lapisan tengah, dan ungu di lapisan bawah. Ditambah toping krim susu dan taburan keju yang melimpah. Sedapnya!

2) Siliwangi Bolu Kukus Rasa Brownies Coklat


Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Brownies Coklat

Rasa coklat selalu disuka siapa saja. Apalagi tampilannya yang menggoda dengan lapisan atas dan bawah bewarna coklat tua dan diselingi warna coklat muda di bagian tengahnya. Tekstur bolu lembut dipadu dengan toping krim susu dan taburan keju. Bikin mau nambah lagi nggak cukup sepotong.

3) Siliwangi Bolu Kukus Rasa Alpukat Mentega


Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Alpukat Mentega

Bayangkan rasa buah alpukat mentega yang legit dengan aroma khasnya. Bisa kamu rasakan langsung pada bolu kukus cantik dengan tiga lapisan berwarna hijau, kuning, dan hijau. Tidak ketinggalan toping khusus krim rasa alpukat mentega dan taburan keju yang banyak. Benar-benar menggugah selera.

4) Siliwangi Bolu Kukus Rasa Ketan Kelapa


Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Ketan Kelapa


Rasa ketan kelapa ini memang unik. Tampil genit dengan warna hitam, putih, dan hitam. Makin unyu-unyu deh ngeliatnya. Plus toping krim susu dan taburan keju yang gurih jadi paduan yang sempurna untuk dinikmati sendiri atau rame-rame. 

5) Siliwangi Bolu Kukus Rasa Ubi Cilembu


Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Ubi Cilembu

Ingat ubi cilembu, jadi ingat ubi khas Sumedang Jawa Barat yang manisnya seperti madu. Bolu kukus rasa ubi Cilembu ini memiliki tiga lapisan warna yaitu lapisan atas oranye, lapisan tengahnya putih gading, dan lapisan bawah oranye. 

Tektur lembut bolu berpadu pas dengan ubi cilembu yang legit dan beraroma nikmat. Ditambah toping krim susu dan taburan keju, hmm dijamin bikin kamu mau lagi dan lagi.

6) Siliwangi Bolu Kukus Rasa Kopi Bogor


Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Kopi Bogor

Suka kopi? Cocok nih dengan rasa Kopi Bogor. Varian rasa ini sangat istimewa karena aroma dan rasa kopi yang kuat. Tampil elegan dengan warna coklat muda di lapisan atas dan bawah, diselingin warna putih gading di lapisan tengahnya. Pakai toping krim susu serta taburan keju bikin setiap gigitan jadi sensasi tersendiri di lidah.

7) Siliwangi Bolu Kukus Rasa Stroberi Ciwidey


Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Stroberi Ciwidey

Rasa stroberi pasti bikin segar dan suasana jadi ceria. Didukung  tampilan bolu yang cantik dengan tiga lapisan berwarna merah muda, lapisan tengahnya putih, dan lapisan bawah merah muda. Teksturnya unik dengan bulir-bulir biji stroberi. Berpadu toping khusus selai rasa stroberi plus taburan keju melimpah. Benar-benar spesial! 

8) Siliwangi Bolu Kukus Rasa Susu Lembang

Siliwangi Bolu Kukus varian rasa Susu Lembang

Suka bolu rasa susu? Cocok menikmati varian rasa Susu Lembang khas Bandung. Dengan tiga lapisan warna yaitu putih gading, coklat tua, dan lapisan bawah putih gading. Pada bagian topingnya dilapisi dengan custard susu dan taburan keju yang melimpah.

Siliwangi Bolu Kukus Cocok Dinikmati Kapan Saja

Siliwangi Bolu Kukus sangat cocok dinikmati sebagai kudapan pagi, siang, sore, maupun malam hari bersama teh atau kopi sekalipun. Mau makan sendirian, sama pacar atau orang terdekar, bareng keluarga, atau rame-rama bareng teman dan tetangga juga oke banget. Cocok buat hantaran oleh-oleh, buat konsumsi sendiri, sebagai buah tangan menengok orang sakit, sampai suguhan arisan dan acara penting juga bisa. 

Ini dia hasil perburuan saya mengantri untuk mendapatkan Siliwangi Bolu Kukus. Saya pilih rasa Alpukat Mentega dan rasa Kopi Bogor. 


Ikut antri membeli Siliwangi Bolu Kukus


Siliwangi Bolu Kukus yang saya beli

Update terbaru: pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2019, saya kembali ke store Bolu Kukus Siliwangi untuk mengambil hadiah menang kuis di Twitter. Saya dapat 8 boks Siliwangi Bolu Kukus! Alhamdulillah senangnya! 


Dapat hadiah Bolu Kukus Siliwangi sebanyak 8 box, alhamdulillah

Apa keistimewaan Siliwangi Bolu Kukus dibandingkan dengan produk sejenis yang sudah ada? Siliwangi Bolu kukus beraroma lebih wangi, rasanya lebih legit dan istimewa. Dijamin bisa bikin kamu ketagihan. Saya sudah membuktikan sendiri. Rasanya beda dan aromanya sungguh menggoda. Ditambah keju yang melimpah, wah bikin nambah lagi deh!


Setelah mencicipi semua rasa dari Siliwangi Bolu Kukus, favorit saya adalah rasa: Alpukat Mentega, Stroberi Ciwidey, Kopi Bogor, dan Ubi Cilembu. Beberapa sempat saya foto. Sisanya keburu raib dimakan, hehe. Ini dia foto-fotonya...


Siliwangi Bolu Kukus rasa Susu Lembang


Siliwangi Bolu Kukus rasa Stroberi Ciwidey

Siliwangi Bolu Kukus rasa Ubi Cilembu
Siliwangi Bolu Kukus rasa Kopi Bogor

Siliwangi Bolu Kukus rasa Ketan Kelapa
Terima kasih, Bolu Kukus Siliwangi. Semoga makin sukses dan laris manis ya, aamiin.

Buat kamu yang lagi mager tapi pengen icip-icip Siliwangi Bolu Kukus, bisa pesan online melalui WhatsApp, Line dan juga Website lho! Berikut alamat kontak yang bisa dihubungi:

WA : 0811 825 0044
Line : @siliwangibolukukus
Website : www.siliwangibolukukus.id

Facebook: siliwangibolukukus.id
Instagram: siliwangibolukukus
Twitter: 
Youtube: siliwangibolukukus


22 comments

  1. Wah nambah 1 lagi nih oleh-oleh bogor ya. Kalo ke Bogor mau beli siliwangi bolu kukus ini ah. Banyak juga ya varian rasanya, jadi pengin cobain satu-satu. Kebayang empuk dan enaknya bolu kukus ini.

    ReplyDelete
  2. Alamaaak. itu rasa aneka rupa ! Aku penasaran sama rasa kopi (the best pasti) ketan kelapa dan rasa alpukat mentega. kalo coklat - keju biasa lah yaaa

    Kebayang empuk pas liat fotomu itu loh, Dapur Ngebut. Kayaknya keju yang ditaburkan kayak baru diparut, seger...

    ReplyDelete
  3. cleguk.. duh mendadak mupeng pengen nyomot bolunya kak... Pilihan variannya juga unik yaa.. yang avocado tuh penasaran sama rasanya..

    ReplyDelete
  4. kalau untuk yang unik-unik begini aku rela deh cheating. Selingkuh sejenak dari food combining. Wkwkwk. Ngebayangin gurih legitnya yang rasa alpukat mentega

    ReplyDelete
  5. wuih aneka rasanya banyak ya. tapi yg utama saya tetap pengen rasakan yg keju. pasti mantap nih kejunya banyak gitu

    ReplyDelete
  6. Masya Allah, dapat 8 varian.
    Rezeki anak soleha :)
    Jodohnya, teh hangat bareng kesayangan ne!

    Bogor memang femes dengan kuliner legit ya.

    ReplyDelete
  7. Mbaa, selamat ya sukses bikin aku ngiler bener ama tampilan bolunya mba. Kliatan baget yummy dan kejunya limpah. Apalagi ada banyak varian rasa ya

    ReplyDelete
  8. Favorite saya yang rasa alpukat mentega , lembut banget rasanya, suka deh.

    ReplyDelete
  9. Bogor udah banyak sebenernya bolu kukus gini.. tapi aku penasaran mau cobain yang rasa stoberi ciwidey biasa beli yang talas melulu. wkwkwk... kapan2 kalo ke bogor mau sempatin mampir.

    ReplyDelete
  10. Kalau main ke bogor aku pengen cobain jajan bolu ini kak.. Sepertinya ini rasanya enak banget bikin nagih gitu...

    ReplyDelete
  11. dududuu..BW malem-malem dan mendadak lafaaaaar baca inii. Dari gambar tumbuh rasa lapar hahaha. Duuuh mbaaaak...pie iki? hihihihi

    ReplyDelete
  12. Rasa Ketan Kelapanya sungguh menggoda. Inovatif ya Siliwangi Bolu Kukus ini..duh jadi laper pagi-pagi.
    Dan bener takjub sama semboyan kesatuan dari Prabu Siliwangi dalah ‘Silih Wawangi’ ‘Silih Asih Silih Asah Silih Asuh Silih Wawangi’. Setiap manusia itu harus saling mengasihi seperti seorang ibu yang memberikan air asi pada bayi yang baru lahir. Masya Allah!

    ReplyDelete
  13. Wah asyik nih kalau pak suami DL ke puncak bisa minta bawa pulang bolu siliwangi. Ini lokasinya diluar stasiun ya, Mba? Aah.. kayaknya ga mesti ngg Pak Suami deh.. hahaha.. udah ngiler liat penampakan bolunya disini.

    ReplyDelete
  14. Akutuh pecinta bolu kukus mba, sukaaaa banget sampe bisa setengah bungkus abis sendiri, dan ini ada bolu kukus Siliwangi dari Bogor yang dari foto-fotonya aja udah bikin ngiler

    ReplyDelete
  15. Wuih, nambah lagi nih titipan oleh2 kalau adik berkunjung ke rumah mertuanya, hihihi... Rasanya unik-unik dan menarik ya, khas pasundan banget...

    ReplyDelete
  16. Enak bolunya mama Ina, aku suka yang Stroberi Ciwidey, manisnya pas dan harum stroberri. Suka semuanya sih enak semua, cocok banget makan bersama keluarga

    ReplyDelete
  17. Wah, varian rasanya macam2 ya, Mbak. Lain dari yang sebelum-sebelumnya. Aku penasaran yang alpukat. Kira-kira gimana ya, bolu tapi rasanya alpukat.Menurutku unik nih

    ReplyDelete
  18. Aku tiap ke Bogor selalu belanja bolu kukus Siliwangi untuk oleh-oleh keluarga dan teman di rumah. Sampai tetangga aja hapal tiap kali aku ke Bogor pasti mereka pesan, jangan lupa Bolu kukus Siliwangi, hahahaa

    ReplyDelete
  19. Yeay tambah lagi nih kuliner khas buat dibawa jadi oleh-oleh. Bakalan banyak yang suka secara variannya banyak.

    ReplyDelete
  20. Aku harus coba nih, kayaknya harus ke Bogor. Pengen nyobain bolu kukusnya

    ReplyDelete
  21. Siliwangi mengingatkanku sama Bandung, malahan...hiihii~
    Mau juga nitip, Bolu Kukus khas Bogor.
    Tapi nitip ke siapa yaa...?
    Haahha...

    ReplyDelete
  22. Makin banyak aja ya oleh-oleh Bogor ini. Kalo ke sana, kudu deh beli dan nyicio Bolu kukus Siliwangi ini. Mana variannya banyak pula.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^