Friday, February 24, 2017

#WajanNgebut Tomyam Praktis dengan Bumbu Easy Cook


Assalamualaikum!

Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini bisa bikin kondisi tubuh gampang sakit. Keluarga saya di rumah baru saja melewati masa pemulihan. Pasca si Kk Rasyad (anak nomor dua) pulang dari rumah sakit, gantian adiknya kena panas tinggi. Situasi jadi riweuh karena suami kebetulan sedang dinas ke luar kota. Saya yang sedang dalam kondisi kurang fit akhirnya kena serangan sakit kepala hebat selama dua hari. Beruntung, Mak ART pulang pergi mau menginap di rumah untuk membantu saya mengurus anak-anak. Alhamdulillah, sekarang kami sudah sehat kembali.

Monday, February 6, 2017

#WajanNgebut Terong Bakar Sambel Roa


Assalamualaikum!

Jumpa lagi dengan Wajan Ngebut. Pada postingan kolaborasi yang kedua ini, blog Dapur Ngebut dan Hot Wajan punya menu yang pedas dan nikmat. Kali ini kami berdua mencoba bikin kreasi dengan sambel roa. Sudah kenalan dengan sambel roa? Itu lho, sambel yang dipadukan dengan ikan roa. Jujur, saya baru coba sambel roa beberapa bulan yang lalu (ketinggalan jaman ya) dan jadi ketagihan!

   Saya lagi kepingin makan terong bakar. Ini juga makanan yang nggak sengaja saya suka. Awalnya karena terpaksa, nggak ada pilihan menu lain dan si terong bakar ini selalu ada di paket ayam bakar yang saya makan waktu tinggal di Banjarmasin. Aneh, kok terong dibakar. Ternyata setelah mencoba, owalah enak banget! 

Thursday, February 2, 2017

Tempe Cabe Ijo



Assalamualaikum!

Bogor sedang diguyur hujan, nih. Cuaca adem dan bikin mager, he. Meski hujan, kegiatan masak di dapur tetap jalan dong. Kali ini saya mau masak yang gampang aja. Kenapa? Karena musim hujan dan cuaca dingin biasanya bikin cepat lapar. Nah, saya bikin lauk makan yang cepat supaya menghemat waktu karena mau bikin cemilan juga buat keluarga. Cemilannya apa? Ada deh! 

Friday, January 27, 2017

Masakan Rumah, The Silent Killer?


Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk keluarganya. Termasuk juga dalam hal penyajian menu masakan sehari-hari. Menu seimbang dan bergizi menjadi acuan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil dan kesehatan seluruh anggota keluarga. Memasak sendiri adalah cara yang tepat untuk menghasilkan masakan yang sehat. Karena kita memilih sendiri bahan makanan berkualitas dan mengolahnya di dapur rumah yang bersih. 

   Bandingkan dengan makanan langsung jadi yang bisa dibeli di pinggir jalan atau di restoran. Kita tidak tahu seperti apa bahan yang diolah. Apakah kualitasnya bagus atau tidak. Kita juga tidak tahu susasana tempat mengolah makanan tersebut. Apakah dapurnya bersih atau jorok. Belum lagi cara penyajian makanan dengan alat makan yang belum terjamin kebersihannya. Pokoknya, masakan rumah is the best untuk menghadirkan masakan yang sehat untuk keluarga.

Monday, January 16, 2017

#wajanngebut: Gulai Paha Ayam



Assalamualaikum! Masih bersemangat di tahun baru, ada sesuatu yang baru nih. Mulai tahun 2017, Dapur Ngebut bareng Hot Wajan berduet masak bareng di #wajanngebut. Mengolah bareng bahan makanan yang sama menjadi menu masakan yang gampang dan pastinya enak di lidah. Sebagai perkenalan, bahan makanan pertama adalah yang berasal dari huruf A. Apa ya... a... a... ayam! Yes, menu ayam masih jadi favorit untuk hidangan di rumah. 

Friday, January 13, 2017

Sawi Gulung Isi Ayam + Kuah Kimlo


Halo semua! Selamat tahun baru 2017!


Tahun baru semangat baru pastinya! Saya juga bersemangat di tahun 2017 ini. Niatnya mau lebih banyak menghabiskan waktu di dapur. Maklum, saya resmi jadi emak pengangguran sejak usaha toko obat tutup pada bulan November kemarin. Sebenarnya, toko obat nggak tutup juga saya tetap harus lebih sering memasak. Sebabnya adalah anak-anak saya, my 3 boyz, sedang dalam masa pertumbuhan dan bawaaannya pengen ngemil melulu. Daripada jajan, lebih baik bikin cemilan sendiri di rumah bukan?

   Omong-omong 3 boyz, si tengah Kk Rasyad waktu liburan kemarin minta saya untuk membuat sesuatu. "Bu, bikin ini dong..." katanya sambil menujukkan gambar di kartun Webtoon yang sedang dibacanya. "Bisa. Nanti Ibu kumpulin dulu bahannya ya," senyumnya pun merekah mendengar jawaban dari saya.

Thursday, December 29, 2016

Bakmi Mewah Simple Style



Liburan sekolah kali saya dan keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Anak-anak cukup anteng karena bisa bermain seharian bersama teman-temannya. Saat tengah bermain, mereka sering minta cemilan. Daripada bolak-balik jajan dan bikin dompet jebol, stok cemilan di rumah saya sediakan lebih banyak dari biasanya. 

   Salah satu persediaan makanan yang selalu ada di rumah adalah mie instant. Anak saya yang semuanya laki-laki ini sering cepat lapar meskipun sudah makan berat. Mie adalah makanan kesukaan mereka dan juga saya, hehe. 

   Ketika sedang membeli cemilan di minimarket, saya melihat ada produk mie instant baru yang unik. Namanya bakmi mewah. Mie instant ini dikemas dalam dus. Saya langsung membeli tiga buah untuk dimakan bersama anak-anak di rumah.