Saturday, July 22, 2017

Ayam Goreng Legit yang Jadi Favorit



"Sedapnyaaa ayam goreng!" lontaran kalimat meniru serial televisi Upin Ipin kerap diucapkan oleh Dd Irsyad. Bukan hanya si bungsu saja yang menyukai ayam goreng. Kedua kakaknya, Kk Rasyad dan Aa Dilshad, juga Bapa dan saya sendiri gemar menyantap hidangan yang satu ini. Kenapa suka ayam goreng? Hmm... kenapa ya? Habis enak sih!

   Sering menghidangkan menu ayam goreng tidak membuat suami dan anak-anak bosan. Saya kerap membuat variasi olahan ayam yang akan digoreng. Ada yang menggunakan tepung terigu hingga menjadi ayam krispi ala restoran franchise yang terkenal. Sering juga mengolahnya dengan racikan bumbu tradisional yang berbeda seperti ayam goreng lengkuas atau ayam pop

Friday, July 21, 2017

Sup Pangsit Tofu: Sajian Nikmat, Praktis, dan Bergizi untuk Keluarga


Brrr... Bogor dingin! Meski masih bulan Juli dan masuk musim kemarau, kota tempat saya tinggal ini masih setia diguyur hujan. Tidak heran, itulah sebabnya Bogor dijuluki sebagai kota hujan. Biasanya, hujan turun menjelang atau setelah ashar, yaitu sekitar pukul 3 sampai 4 sore. Semriwing udara sejuk plus angin dingin ini bikin perut gampang lapar. Betul tidak?

 Saat seperti inilah, rasanya pengen makan hidangan berkuah panas untuk menghangatkan badan. Hmm, bikin apa ya? Sempat terlintas ingin mencegat mamang bakso yang lewat di depan rumah. Hei, stop jajan! Beli makanan jadi memang praktis banget karena tinggal makan nggak usah pakai masak segala. Tapi tunggu dulu... kebersihan dan kesehatannya terjamin nggak?

Tuesday, July 18, 2017

Soto Ayam Praktis dan Lezat dengan So Good Ayam Potong



Suka soto ayam? Bayangan irisan daging ayam beserta pelengkapnya yang diguyur kuah panas sarat bumbu langsung terbayang nikmatnya! Begitu populernya hidangan yang satu ini sehingga cocok dinikmati kapan saja. Buat sarapan oke, makan siang bisa, atau makan malam juga tetap enak. Tidak heran, pedagang kaki lima sampai restoran banyak yang menyajikan menu ini untuk para penggemar soto.

  Bikin soto itu repot karena banyak 'printilannya'? Ah, enggak juga! Printilan alias pelengkap soto memang banyak macamnya. Semangkuk soto ayam biasanya dilengkapi dengan sayuran toge, bihun atau soun, dan daun bawang serta seledri. Tambahan lainnya adalah perkedel kentang, emping, sambal soto, bawang merah goreng , dan air perasan jeruk limau atau jeruk nipis. 

Ingin Kompor Gas Awet? Lakukan Ini Setelah Memasak!



Kompor gas menjadi alat masak andalan para juru masak di dapur. Tentu saja, tanpa kompor mana bisa kita mematangkan bahan makanan? Saya baru mengenal kompor gas ketika tinggal di rumah Nenek waktu masih SMA. Sejak kecil di rumah saya menggunakan kompor listrik karena merupakan rumah dinas. 

  Saya sempat akrab dengan jenis kompor lain, yaitu kompor minyak. Kompor berbahan bakar minyak tanah ini pernah saya miliki di tahun pertama pernikahan atas saran Mamah mertua (almarhum). Menurut beliau, saya harus punya kompor minyak tanah sebagai cadangan jika tiba-tiba kompor gas tidak menyala karena kehabisan gas. Meski gaptek parah, saya menuruti sarannya. Beruntung, era kompor minyak tanah tidak bertahan lama karena bahan bakar tersebut berhenti dijual secara bebas oleh pemerintah. Saya pun terbebas dari bau gosong dan asap dari kompor minyak, hehe. 

Thursday, July 13, 2017

Opor Ayam Istimewa dan Ayam Bakar Pencok Kacang Panjang dari SO GOOD Ayam Potong





Halo semua! Mumpung masih suasana Lebaran, saya ingin mengucapkan mohon maaf lahir batin. Maafkan jika saya punya salah atau ada yang tidak berkenan dengan tulisan di blog ini yang berkaitan dengan aktivitas ngebut di dapur ini. Gimana cerita hari raya kemarin? Pada Hari Raya Idul Fitri kemarin, saya memasak hidangan Lebaran komplit. Ada ketupat, opor ayam, rendang, sayur pepaya muda, dan sambal goreng kentang. Saya tidak membuatnya sendirian, tapi dibantu oleh pasukan riweuh alias Bapa sang suami dan 3 boyz para jagoan cilik. 

   Dulu, setiap Lebaran saya selalu mengandalkan kebaikan hati Mamah mertua untuk urusan masakan. Sejak beliau tiada, saya harus mandiri dong, bikin masakan Lebaran sendiri. Ssst.. sekalian latihan. Pada masa mendatang, saya akan memasak hidangan Lebaran lebih banyak dan lebih komplit lagi buat anak cucu. Doakan saya berumur panjang ya, aamiin.

Saturday, June 24, 2017

Buka Puasa Istimewa dengan Iga Bakar Spesial dan Setup Sayuran


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Semua berlomba-lomba untuk #JadiLebiBaik dengan meningkatkan amal ibadah di bulan suci ini. Mesjid disesaki warga yang akan shalat tarawih setiap malam. Lantunan ayat suci Al Qur’an pun dikumandangkan. Bersedekah juga tidak ketinggalan dengan berbagi hidangan takjil untuk warga yang kurang mampu. Hal ini dilakukan semata-mata demi mengharap ridho Allah SWT dan #JadiLebihBaik dengan meningkatnya ketakwaan kita terhadap sang pencipta.

   Ada yang istimewa pada bulan Ramadhan tahun ini. Inilah pertama kalinya si bungsu Dd Irsyad belajar puasa satu hari penuh. Tahun sebelumnya Dd Irsyad masih puasa setengah hari dan diselingi ngambek karena lapar. Alhamdulillah, sekarang Dd Irsyad #JadiLebihBaik dengan tidak mengeluh lagi. Agar bersemangat menjalankan ibadah puasa, saya menyajikan menu sahur dan buka puasa yang menggugah selera untuk anak-anak dan suami di rumah.

Monday, June 19, 2017

SO GOOD Sayap Ayam Goreng Mentega


Tidak terasa, bulan puasa tinggal beberapa hari lagi. Gimana nih, Buibu, masih semangat masak sahur dan buka puasa kan? Selain berpuasa, meningkatkan ibadah, dan memasak, jelang Hari Raya ini ada kegiatan lain yang membuat para ibu rumah tangga semakin sibuk. Ada yang sibuk berburu baju Lebaran, sibuk membuat kue kering, sibuk menyiapkan keperluan untuk mudik, atau sibuk membersihkan rumah agar kelihatan cantik saat menerima tamu nanti.

   Karena bertambah sibuk, keterbatasan waktu memasak jadi kendala. Bisa jadi di dapur tidak sempat memasak dan akhirnya membeli masakan matang untuk buka puasa dan sahur. Tidak apa-apa membeli masakan dari luar sesekali. Tapi kalau terlalu sering bisa bikin dompet jebol, ya nggak? Apalagi kalau punya anak banyak seperti saya. Ehm, cuma tiga kok, nggak banyak juga sih, hehe.