Sunday, May 14, 2017

Combro


Combro masbroo...!!! Siapa suka combro? Saya suka saya suka. Combro adalah cemilan gorengan yang khas dari Jawa Barat. Combro merupakan singkatan dari oncom dijero, artinya oncom didalam. Iya, makanan ini memang punya isian dari oncom yang sudah dibumbui. 

   Bentar dulu, buat yang belum tahu oncom itu apa... oncom adalah 'sodaranya' tempe yang merupakan hasil fermentasi dari kacang kedelai. Oncom yang digunakan untuk jadi isian combro adalah oncom merah yang terbuat dari bungkil tahu. Ada satu lagi jenis oncom, yaitu oncom hitam. Oncom hitam terbuat dari ampas kacang tanah dan jarang ditemukan di tukang sayur terdekat. Yuk ah, mari kita kemon bikin combro...

Wednesday, May 10, 2017

Batagor Ayam Ikan


Batagor biasanya dari daging ikan, ya. Kebetulan lagi iseng pengen bikin batagor pakai daging ayam. Sayang, masih ragu takut rasanya kurang 'nendang', saya mencampurnya dengan daging ikan tenggiri. Hmm, enak juga ternyata. Cobain, yuk! Lumayan buat cemilan, cepuluh, cebelas...

Tuesday, May 2, 2017

Serunya Beraksi ala Master Chef di Kontes Memasak Royal VKB Alfamart 2017



Suka nonton acara Master Chef di televisi? Itu lho, reality show kompetisi memasak di televisi yang dilakukan secara langsung di hadapan juri. Para peserta lomba memasak resep yang sudah ditentukan oleh juri dalam waktu singkat. Tidak hanya memasak, sebelumnya peserta diharuskan berbelanja dulu bahan masakan yang diperlukan. Jadi, ada adegan lari-lari di lorong belanja supermarket untuk mencari bahan masakan. Seru banget ya!

   Tidak disangka, saya mengalami adegan serupa ketika terpilih sebagai salah satu dari 10 finalis Kontes Memasak Royal VKB Alfamart. Finalis adalah para pemenang dari lomba foto Kontes Resep Enak yang diadakan oleh Alfamart dan peralatan memasak premium Royal VKB. Juri untuk kompetisi foto ini adalah chef Farah Quinn. 

Friday, April 28, 2017

Mendoan Brokoli


Menyaksikan acara televisi yang tengah menggoreng mendoan dengan diisi buah stroberi, saya mendadak dapat ide untuk membuat mendoan dengan isian brokoli. Lho, jauh amat dari stroberi ke brokoli? Sebenarnya mau ngikutin pakai stroberi juga, tapi sayang bukan musimnya dan buah tersebut sulit didapat di tukang sayur. Teringat dengan brokoli yang menjadi favorit si bungsu, kayaknya seru juga kalau dicampurkan jadi bahan mendoan. 

  Hasilnya? Mendoan brokoli dengan rasa enak dan penampilan yang cantik. Cocok dihidangkan untuk si kecil yang sulit makan sayur. Ada sayur brokoli yang nempel pada mendoan yang renyah dan gurih ini pasti langsung dilahap sampai habis. Cobain, yuk!

Thursday, April 27, 2017

Tongkol Balado


Tongkol balado sering dijumpai di warung makan karena banyak digemari. Saya sendiri baru berkenalan dengan hidangan ini ketika masih kost dan ingin makan enak tapi duit lagi cekak, haha. Pilihan jatuh pada tongkol balado yang kelihatannya menggiurkan. Ternyata, saya tetap bisa makan enak berkat si tongkol balado ini. 

   Jika saya sering memasak tongkol balado di rumah, bukan berarti saya lagi pelit. Hidangan ini memang enak, kok. Dan saya pun bisa lumayan berhemat (haha tuh kan kumat pelitnya). Sebungkus mika isi 6 iris tongkol bisa saya beli seharga 5000 sampai 6000 rupiah saja.. Gimana nggak senang hati Emak? Yuk, simak resep dan cara membuatnya yang gampang dan pastinya nggak pakai ribet ini...

Wednesday, April 26, 2017

Perkedel Tahu


Perkedel tahu ini enak banget buat yang suka makan tahu goreng dalam bentuk yang berbeda. Kalau tahu goreng biasanya cuma dipotong lalu digoreng setelah dibumbui garam. Tahu yang dibuat jadi perkedel rasanya lebih enak karena bumbu tercampur dalam adonan tahu. Isian perkedel juga bisa ditambahkan pemanis seperti daun bawang agar tampilannya jadi menarik. 

   Saya suka mengajak boyz bikin perkedel tahu. Adegan menghancurkan tahu dalam wadah baskom menarik perhatian mereka sehingga saya pun dikudeta, hehe. Lumayan, ada bala bantuan di dapur sambil boyz sekalian menyalurkan energi berlebih mereka: hancurkan tahunya! Seru kan! Berikut ini resep dan cara membuatnya...

Tuesday, April 25, 2017

Sate Ayam Teriyaki & Sambal Matah



Te.. sateee! Siapa yang suka makan sate? Wah, pasti banyak yang ngacung nih! Saya dan boyz di rumah adalah fans berat sate. Kalau makan sate, nggak bakal ngebosenin deh! Mau makan di luar atau bikin sendiri, sate yang ada di atas meja makan pasti langsung cepat habis. Hap!

  Sate yang nikmat karena dimasak dengan cara dibakar ini bisa juga dibikin di rumah meskipun kita tidak punya alat untuk membakar sate (panggangan sate). Caranya, bakar pakai pan (wajan) datar anti lengket saja! Tetap mateng, kok! Memang sih, kurang gosong. Untuk mendapatkan efek gosong dan memantapkan daging biar lebih matang, setelah dibakar di atas pan anti lengket, bakar lagi sate di atas api kompor. Hati-hati, arahkan api dengan tepat jangan sampai membakar tusuk sate. Nanti sate jadi putul alias putus gagangnya :D