Takoyaki dari Sisa Nasi dan Sayur Semalam

takoyaki dari sisa nasi

Assalamualaikum!

MasyaAllah luar biasa lamanya saya absen nggak nulis di blog ini. Masih nulis di blog sebelah. Jadi keteteran nggak update blog resep masakan ini. Kegiatan saya masih sama seperti sebelumnya: menikmati masa tenang hahaha.

Jujurly, rasanya ini kayak lagi menikmati masa pensiun. Padahal suami saya belum pensiun lho (siap-siap, beberapa tahun lagi inshaAllah). Gara-gara ditinggal anak-anak (1 kuliah, 2 di pesantren). Semacam culture shock gitu. 

Kangen anak-anak, iya pasti. Kangen keriweuhannya, jelas. Namun momen ini saya jadikan masa tenang, menikmati istirahat. Dulu banget jarang banget ada momen tenang kayak gini. Saking enaknya menikmati... eh kok keterusan! Nikmat banget mager itu saudara-saudara, haha!

Masih berhubungan dengan di rumah nggak ada anak-anak. Tentunya penyesuaian kegiatan memasak jadi tidak seriweuh dulu lagi. Porsi yang dimasak juga nggak sebanyak dulu. Yah namanya juga cuma tinggal berdua sama suami. Masak secukupnya aja.


Membagikan Sisa Makan Malam

Sayangnya, saya masih belum terbiasa masak pas-pasan. Sering banget punya makanan sisa di pagi hari. Yaitu sisa lauk makan malam. Biasanya kalau bersisa, saya hibahkan pada Mak Onih (asisten yang bantu di rumah). Tapi berhubung sekarang Mak Onih nggak kerja tiap hari, jadi ada saatnya saya punya banyak sisa lauk dan nggak tau mau dikemanain.

Semua lauk sisa makan malam itu masih layak makan. Dimasak selalu saat sore hari. Jelang tidur dimasukkan ke kulkas. Dihangatkan pada pagi hari untuk bekal kantor suami. Sisanya itu... suka bingung mau diapain.

Kenapa nggak dimakan sendiri? Kadang suka saya makan, tapi buat makan siang. Karena saya kalau sarapan nggak bisa makan berat. Jika hendak pergi dan punya rencana makan siang di luar rumah, sisa makanan saya olah lagi untuk dibagikan.

Emang boleh membagikan sisa makanan? Ya kalau makanannya masih layak nggak apa-apa dong. Saya juga nggak membagikan makanan dalam bentuk lauk makan malam. SELALU saya remake jadi bentuk makanan lain, dengan campuran bahan yang segar. Jadi deh jenis makanan baru yang layak untuk dibagikan.


Contoh Olahan dari Makanan Sisa Semalam

Apa saja yang sering bersisa dari makan malam? Dan biasa diolah jadi apa saja? Ini dia yang biasa saya lakukan:

  1. Nasi putih. Diolah jadi: nasi goreng, nasi bakar, sushi, campuran takoyaki.
  2. Sayur (jenis sop, capcay, atau tumisan). Diolah jadi: isian martabak, campuran takoyaki, campuran telur dadar.
  3. Ayam goreng. Diolah jadi: disuwir untuk toping makan mie/bubur/lainnya, jadi isian sushi/onigiri/kimbab, isian nasi bakar, campuran nasi goreng, campuran puyonghay.
  4. Tumis daging sapi. Diolah jadi: isian kimbab, toping mie instan, campuran telur dadar.
  5. Tahu goreng. Diolah jadi: isian martabak, campuran telur dadar.
  6. Tempe goreng. Diolah jadi: tempe penyet plus sambal yang pedes.
  7. Dan masih banyak lagi, saya lupa.

Berhubung kita mau bahas takoyaki dari sisa makan malam, jadi daftar di atas cukup segitu dulu ya. Nanti kalau ingat, saya tambahkan lagi. Atau mungkin perlu dibuat 1 postingan tersendiri biar lengkap :)

Takoyaki dari Sisa Makan Malam

Kebetulan pas saya mengetik ini, saya baru saja membuat takoyaki dari sisa makan malam. Yaitu dari sisa nasi putih dan sop kimlo. Hari ini Mak Onih tidak datang, jadi sisa makan malam yang masih segar ini nggak ada yang makan. 

Saya memasak nasi dan lauk makan malam pasti saat sore hari. Tujuannya supaya masih baru untuk makan malam dan tetap baik kondisinya saat disantap untuk sarapan pagi. Maklum, suami kan bekel sarapan dari rumah ya pakai nasi dan lauk sisa semalam. 

Kimlo yang saya buat pakai ceker ayam, jadi berasa banget kaldunya. Meski untuk membuat takoyaki tidak pakai air kaldu, namun sayuran pada kimlo yang direbus pakai kuah ceker jadi ikutan ngaldu dan gurih. Sayang banget kalau nggak dimangpaatin :D

Kenap jadi takoyaki? Karena saya mau campur dengan sisa nasi putih semalam. Nasi ini jadi ganti tepung terigu yang biasa dibuat untuk takoyaki. Tinggal tambahin telur pada semua adonannya, masak di pan takoyaki, jadi deh! Iya, semudah itu bikin takoyaki nasi dari sisa makan malam.

takoyaki dari sisa nasi
Anti mubazir klub: sisa makanan jadi takoyaki

Resep Takoyaki dari Nasi dan Sisa Kimlo

Bahan:
  • 1 centong nasi putih
  • sisa sayuran kimlo (sudah disaring), kira2 semangkuk kecil
  • 2 telur ayam (jumlah tergantung banyaknya sisa nasi dan kimlo)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Pelengkap: 
  • katsuobushi (jika ada) sebagai taburan
  • saus tomat botolan
  • saus sambal botolan
  • saus mayones

Keterangan: katsuobushi atau dried bonito flakes adalah ikan cakalang kering yang diserut. Cocok untuk taburan takoyaki, campuran kuah, atau toping lauk apa saja dalam masakan Jepang.

Katsuobushi (foto: masterclass.com)

Cara membuat:
  1. Blender nasi putih (beri sedikit air matang jika perlu), sisihkan.
  2. Blender sisa sayuran kimlo, sisihkan.
  3. Taruh dalam wadah baskom: nasi, sayur kimlo, telur ayam, garam, merica. Aduk rata.
  4. Panaskan pan takoyaki. Olesi minyak goreng.
  5. Tuang 1 sdt adonan takoyaki. tunggu sampai agak padat. 
  6. Gunakan sendok kecil bergagang panjang (kalau ada). Geser bola takoyaki menyamping (jadi kayak berdiri separuhnya). Tuang 1/2 sdt adonan ke lubang pan. Tunggu sampai bagian bawahnya mengering.
  7. Sentuhan terakhir. Bola takoyaki sudah nampak 3/4 bulat. Isi dengan sedikit adonan sambil diputar jadi bentuk bola. Adonan yang baru ada di bagian bawah. 
  8. Bolak-balik bola takoyaki sampai matang. Jangan lupa oleskan lagi dengan minyak goreng pada lubangnya.
  9. takoyaki dari sisa nasi
    Harus sabar ya bikin takoyaki

  10. Angkat semua bola takoyaki yang sudah matang.
  11. Sajikan dengan pelengkapnya. Yaitu taburan katsoubushi, saus mayones, dan saus tomat juga sambal (jika ingin pedas).
takoyaki dari sisa nasi
Ketutupan toping jadi ga kelihatan

Alhamdulillah matang. Saya mengerjakan takoyaki ini dalam keadaan puasa karena mau cek darah ke klinik. Jadi dalam keadaan lapar gitu. Setelah dicek, ternyata benar kolestrol saya lagi tinggi. Pantas saja kemarin pusing.

Takoyaki saya bagikan ke tetangga dan Mbak sayur yang jualan di dekat rumah. Dapat berapa ya... 23 bulatan kalau nggak salah. Ini padat dan gendud. Makan 1 aja sudah kenyang buat sarapan, kalau saya sih.

takoyaki dari sisa nasi
Lumayan gendud kan?

Pada kesempatan lain, saya pernah membuat takoyaki dari sisa nasi dan capcay. Masih edisi dari sisa makan malam. Saya bawa ke pengajian untuk dimakan bersama. Saat itu saya kehabisan telur. Jadi takoyakinya kecil kurang megar dan dapatnya jadi sedikit. Tapi nggak apa-apa, yang penting semua bisa menikmatinya :)

takoyaki dari sisa nasi
Takoyaki nasi dan capcay

Berhubung saya nggak niat bikin takoyaki yang ini untuk konten blog, jadi foto-fotonya nggak ada yang bener. Asal jepret aja pakai kamera hp demi status Whatsapp haha.

Oia ada yang bertanya, kalau nggak pakai katsoubushi gimana? Ya sah saja, kok. Berhubung masih jarang ditemui dalam masakan kita sehari-hari dan harganya yang yah lumayan, saya tidak menaburkan katsuobushi untuk takoyaki yang akan dibagikan. Selain lebih ekonomis, khawatir ada yang kurang suka dengan aroma ikan pada katsuobushi.

takoyaki dari sisa nasi
Tanpa taburan katsuobushi juga sudah gurih

Teringat pedagang takoyaki yang sempat laku keras di komplek. Awal berjualan, masih ada toping katsuobushi. Kemudian diganti dengan potongan nori. Tentu saja supaya lebih hemat biaya produksinya. Makin lama nggak ada taburan nori lagi. Kemudian jualannya makin sepi. Sekarang good bye, nggak jualan lagi. Mungkin karena nggak bisa menyiasati harga seribu per-takoyaki untuk para pelanggannya yang kebanyakan anak sekolahan.

Kalau ditaburi katsuobushi, penampakan bola takoyaki yang endut gemesin jadi nggak kelihatan. Apalagi kalau disiram aneka saus yang jadi pelengkapnya. Kayak gini nih, takoyaki yang ada di tempat makan ramen yang pernah saya datangi:

takoyaki dari sisa nasi
Tampilan takoyaki di rumah makan khas Jepang

Kalau aslinya takoyaki ya nggak padat seperti takoyaki isian nasi yang saya buat. Karena menggunakan tepung, jadi tekstur takoyaki lebih lembut. Bagian dalam takoyaki juga bisa diselipkan isian. Biasanya pakai potongan gurita rebus, crab stik, sosis, keju, bakso, atau apa saja sesuai selera.

takoyaki dari sisa nasi
Takoyaki agak kopong sedikit

Masih bingung gimana supaya takoyaki bisa bulat? Pengen coba resep takoyaki yang aseli atau yang banyak dijual di pasaran? Penjelasan tentang cara membuat takoyaki step by step dibahas lengkap pada postingan berikut: Membuat Takoyaki: Cemilan Bola Bundar Kesukaan Anak-anak

Selamat mencoba ya! 

40 comments

  1. Maak, aku suka bingung sisa nasi bisa dimasak jadi apalagi selain nasi goreng, ahaha. mantep nih idenya, siap2 aku remake. brb beli cetakan takoyakinya dulu tapi xp

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibikin pancake juga bisa ga usah nunggu pake cetakan takoyaki :D

      Delete
  2. Takoyaki dari nasi sisa, diblender dulu ya gaan, kreatif pisan. Hua agan lagi mager tapi teteup sih bebikinan terus ya. Berarti sekarang lg dunia milik berdua yaa. Andai jadi tetangganya :p dikirim takoyaki nggak ya 😆 kayaknya nampol enak nendang..
    Aku diajarin kk ipar bikin takoyaki, huaa tp belum dibikin sndiri di rumah..

    ReplyDelete
  3. Wah, jadi bahan utamanya itu nasi dan tumisan lah ya misalnya ada capcay dll. AKu ga punya katsuobushi nih harus beli ya simpan buat jaga2 :D Itu alat masaknya bulat2 gitu pan-nya bagus banget. Ide masak camilan takoyaki ini keren banget mak Inna. Ga usah cakep2 asal rasanya enak, anak2 pasti lahap makannya hehehe :D nimkatin saat panas pakai saus pedas hhhmmmm..sepiring buat sendirian lama2 wakakakakakak :D

    ReplyDelete
  4. wah enak banget. di tangan ibu kreatif, olahan sisa semalam bisa dibikin jadi menu rumahan yang simpel ya. jadi makanan gak mubadzir terbuang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu pas punya ayam ya dikasih ke ayam makanan sisanya :D

      Delete
  5. Iya tadinya mau nanya kok bisa bulat gitu sih? Ternyata udah ada jawabannya di artikel lain ya.

    Btw saya ingat itu taburan katsoubushi. Kalau ditabur di makanan panas, langsung pada joget ya. Hehehe...

    ReplyDelete
  6. Kalo orang kreatif mah yak, adaaaa aja idenya. Aku sering banget kalau masak bersisa, tapi ya cukup diangetin aja, ngga diolah jadi makanan baru. Xixixixi... Palingan, nasi sisa kemarin, dijadiin nasi goreng buat sarapan. Yah, standar banget ya? Xixixi...

    Aku jadi pengen tetanggaan sama Mak Inna deh, hahaha...

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah bikin Takoyaki sendiri. Ternyata bisa pakai nasi ya. Ini sih manpaat banget dan cocok buat ide camilan. Jadi makanan yang tersisa, gak terbuang percuma

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasi buat ganti adonan tepung. rasanya lebih padet n ngenyangin :D

      Delete
  8. Kangeen masak takoyaki.
    Sebenernya gak sulit yaa.. apalagi ada bahan makanan yang cocok dipadukan. Tapi ini asli kreatif banget sii.. Kayanya streotype ku masih tako isi udang, cheese atau cumi. hihi..

    Aku suka banget katsuobushi, alias serut kayu yang bisa dimakan.
    Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dong fav ku pake keju plus taburan katsuobushi yg banyak

      Delete
  9. Waaah.. ide baru nih buat mengatasi nasi yang sering nyisa. Kalau masak nasi goreng kan kayaknya udah bosen juga. Masak takoyaki ah.. makasih ya Teh Inna

    ReplyDelete
  10. Wah wah selama ini kalau ada sisa nasi paling aku bikin nasgor, alhamdulillah dapat resep baru buat dibikin takoyaki, mau coba praktik ah. Kadang juga ada sayuran sisa tumisan. Bisa kali ya dicampur juga asal masih enak dan gk basi :D
    Terima kasih ide resepnya mbak inna :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul cek dulu apakah masih layak diremake atau engga sayurannya. masamaa... met nyoba yaa

      Delete
  11. Takoyaki adalah makanan kesukaan anakku, meski ya versi yang sudah mengikuti kearifan lokal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak2 suka krna gemesin yaa bentuknya. eh emaknya juga ikutan doyan nih

      Delete
  12. kayaknya gampang nih resepnya. mau nyoba bikin ini untuk nyetok cemilan anak-anak selama liburan. mumpung para abage pulang dari asrama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih mak anak2 dah balik dari perantauannya masing2 :D

      Delete
  13. Definisi dapur ngebut sesungguhnya, ketika melihat sisa nasi semalam dna sop kimlo bisa disulap jadi takoyaki. Kreatif sekali kamu mbak, apalagi semua perlengkapan masaknya tersedia. Jadinya ga mubadzir dan bisa makin bervariasi deh menu camilan ataupun makanannya.

    ReplyDelete
  14. Masya Allah kreatif banget, Mak.. Seneng pastinya yang nerima pemberian takoyaki. Hehe.
    Aku sendiri suka sama cemilan ini. Dan seneng banget waktu bisa liat cara bikinnya oleh sepupuku. Dia jualan takoyaki gitu, jadi emang udah pinter bikinnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah yg dapet takoyaki pada bilang suka (terutama anak2nya pas makan). kalo liat tukang takoyaki suka insekyur gitu karna mereka dah jago banget bulet2innya :D

      Delete
  15. kalau begini aku jadi ingin beli pan takoyaki, hahaha... ku suka makan takoyaki, bulet bulet bersaos gitu. Kreatif banget Mbak Inna ... memanfaatkan nasi dan sayur sisa untuk jadi menu baru.

    ReplyDelete
  16. Berarti tinggal beli alat masaknya karena resep sudah ada
    Soalnya di rumah pancinya terbatas
    Lihat ini jadi ide camilan anak-anak liburan deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hyuu eksekusi. dibikin pipih ala pancake juga bisa

      Delete
  17. Pantas lama ngga kelihatan Mba padahal aku nunggu artikel masak-masaknyaa ternyata anak-anak dah nggak di rumah yaa... takoyaki nya nampak enaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih terharuu makasi sudah menantikan daku makk :*

      Delete
  18. Wiiih..
    Kudu inget nih tips mak inna bikin takoyaki dr sisa nasi. Kreatip sekalii mak. Jd pengen coba tp blm punya pan takoyakinya hehehehe. Eh ya..jujur aku tu belum pernah beli takoyaki. Pdhl mayan sering ketemu org jualan takoyaki. Dan baruuu td bgt aku lewat salah satu pedagang takoyaki lalu mbatin eh itu gmn sih gorengnya kok bisa bulet2. Ternyata begitu ya caranya ..hajaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain takoyaki yg versi beneran ya.. kalo versi murmer 1rb per biji kurang nendang rasanya haha

      Delete
  19. Wah keliatannya enaaaaak. Kreatif banget sih maaaak.. selain kreatif juga menghindari food waste ya maaaaak.. anak-anak pasti doyan ini siiih

    ReplyDelete
  20. Saya ndak punya cetakan takoyakinya, mbak. Kalau misal dibentuk bulat pipih kayak nugget gitu masih bisa jadi kah? Pake pan biasa aja, ntar jadi kayak dadar bunder kecil gitu. Kepikiran juga tiap kali ada sisa nasi, dibikin takoyaki ala ala aja ya mbaa... ;)

    ReplyDelete
  21. yang sering aku bikin sayur dalam sup dijadiin isian bakwan sih mak... nasi goreng juga sering..untuk menu lain belum pernah coba

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^