Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis dengan Metode Food & Meal Preparation

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

Menyiapkan makanan sudah menjadi kerjaan sehari-hari bagi para ibu rumah tangga.  Pastinya pengen dong yang terbaik bisa kita sajikan untuk keluarga tercinta. Makanan sehat yang bergizi untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan anak-anak.

Susah nggak sih menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi? Maunya yang nggak ribet pembuatannya dan praktis. Maklum, banyak ibu jaman sekarang yang selain bekerja di luar rumah juga punya pekerjaan sampingan di rumah. Jadi manajemen waktu kudu diperhatikan. 

Merasa tidak punya waktu untuk memasak, lebih praktis beli jadi saja. Iya sih, praktis banget. Tapi yakin... makanan matengannya sehat dan bergizi tidak? Alhamdulillah kalau sudah pernah lihat proses memasaknya atau sudah yakin kualitasnya. Beli matengan nggak masalah dong.

Nggak ada yang salah kok, sah aja kalau mau beli makanan matengan. Tapi... dompetnya kuat nggak? Masa beli makanan jadi terus-terusan? Coba deh masak sendiri. Selain jauh lebih hemat, hasil masakannya juga lebih sehat karena diolah dengan bersih di dapur sendiri. Tentunya dari segi gizi sudah dipililih yang terbaik ya.

Okede masak sendiri. Pakai bahan makanan instan ah. Praktis banget tinggal goreng dan anak-anak suka. Ada sosis, nugget, rolade, kornet, sarden, sampai ayam ungkep tinggal goreng. Alhamdulillah kebantu banget ya bu ada produsen bahan makanan siap masak seperti ini. Jangan lupa perhatikan label kemasannya untuk melihat kandungan gizi tiap makanan. 

Tapi... tapi lagi nih. Apa nggak bosen anaknya dikasih makanan olahan berpengawet? Lebih aman dan jauh lebih sehat plus bergizi kalau bikin sendiri lho. Iya, bikin nugget sendiri, atau cemilan siap santap lainnya.

Malas ah. Kayaknya riweuh banget deh masak di dapur! Saya kan orang sibuk! Iya sama bu, kita semua para emak kapan sih ada waktu santainya. Walau cuma ibu rumah tangga yang nggak bekerja, perasaan kerjaan rumah tangga nggak pernah kelar deh. Apalagi kalau masih punya anak kecil. Rasanya pengen minta tulung gitu... ya nggak?

Tenang bu... jangan panik dulu. Bisa banget lho kita menyiapkan makanan sehat, bergizi dan praktis plus rasanya enak di rumah. Berikut adalah tips dan trik menyiapkan makanan sehat, bergizi dan praktis yang pernah saya sampaikan di acara Webinar Emak Koki.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

1. Pilih bahan makanan segar dan berkualitas baik

Perbanyak sumber protein hewani, sayur dan buah-buahan yang masih segar. Harga tidak harus yang mahal. Bahan makanan yang murah juga bergizi lho. Misalnya memilih ikan kembung lokal daripada ikan salmon impor, keduanya sama-sama mengandung omega 3 yang tinggi.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis
Ikan kembung segar siap olah

Sebisa mungkin, batasi konsumsi bahan masakan cepat saji atau bahan makanan olahan dengan pengawet seperti nugget, kornet, sarden, dsb.

2. Perhatikan kebersihan saat memasak

Sebelum mulai memasak, perhatikan kebersihan alat masak, bahan makanan, dan tidak lupa mencuci tangan sebelumnya.

Untuk meminimalisir penyebaran bakteri pada bahan makanan mentah, sebaiknya gunakan pisau serta talenan terpisah untuk memotong sayur dan daging mentah. Jika tidak ada, bisa segera mencuci pisau dan talenan setelah memotong sayur sebelum digunakan untuk memotong daging.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis
Talenan untuk memotong bawang (foto: Pixabay)

3. Perhatikan proses memasak

Proses memasak tiap hidangan berbeda tergantung jenis bahan makanannya. Misalnya ada yang digoreng, direbus, dikukus, ditumis, bahkan dipanggang. Mulailah dari bahan makanan yang memerlukan waktu memasak lebih lama, misalnya merebus daging untuk kuah sop.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis
Sate Taichan dipanggang dengan teflon

Masak sampai benar-benar matang. Namun jangan sampai overcook atau terlalu matang, supaya gizinya tetap terjaga.

4. Penyajian yang menarik

Jika memungkinkan, sajikan makanan dengan tampilan yang menarik. Agar mengundang selera bagi siapa saja yang melihatnya. Misalnya menambahkan hiasan seperti daun selada pada sisi piring. Atau membuat tumisan sayur aneka warna. 

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis
Hamburg Steak ala Dapur Ngebut

5. Penyimpanan sisa makanan

Jika ada makanan yang bersisa, bisa disimpan di kulkas bagian chiller. Simpan dalam wadah tertutup. Jika ingin disantap, panaskan terlebih dahulu. Habiskan dalam waktu kurang dari 2 hari.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis
Wadah kaca dengan tutup

6. Memasak praktis dan hemat dengan stok bahan makanan di kulkas.

Untuk menghemat waktu, simpan stok bahan makanan di kulkas. Bisa dengan berbelanja seminggu sekali. Jadi ketika memasak tidak perlu bolak-balik ke tukang sayur membeli bahan makanan yang kurang.

Simpan dengan rapi aneka bahan makanan seperti sayur, buah, dan sumber protein hewani. Buah dan sayur disimpan di kulkas bagian bawah (chiller), sedangkan protein hewani yang tidak langsung dimasak bisa ditaruh di freezer.  

Selain menyetok bahan makanan, bisa juga lho membuat makanan olahan siap masak yang praktis dan mempersingkat waktu. Misalnya ada nugget homemade, cemilan siap goreng, dsb.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis
Otak-otak siap goreng buatan sendiri

Daripada sering menyajikan nugget berpengawet untuk anak-anak, jauh lebih sehat membuat sendiri nugget tanpa pengawet. Bahkan kita bisa menambahkan wortel atau brokoli pada adonan nugget. Hmm, sehat banget kan? Foto berikut adalah kreasi nugget buatan saya yang berisi ikan tenggiri dan wortel. Rasanya enak banget!

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis
Nugget tenggiri wortel

Luangkan waktu untuk membuat stok makanan praktis. Misalnya saat akhir pekan untuk membuat stok makanan praktis. Simpan dalam wadah tertutup rapat, beri label tanggal pembuatannya (agar digunakan yang lebih dulu dibuat). 

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis


Food Preparation dan Meal Preparation

Memasak praktis dan hemat dengan stok bahan makanan di kulkas bisa dilakukan menggunakan metode Food Preparation dan Meal Preparation.

Food preparation (disingkat food prep) artinya menyiapkan makanan, yaitu tehnik menyimpan bahan makanan untuk diolah selama beberapa hari ke depan. Meliputi bahan makanan mentah seperti sayur, buah, dan protein hewani (daging ayam, sapi, telur, ikan, udang, cumi, dsb).

Dulu saya paling anti food preparation (disingkat food prep). Alasannya karena saya senang belanja sayur setiap hari di warung sayur dekat rumah. Ketika pandemi menerpa dan kita dibatasi keluar rumah, barulah saya merasakan perlu banget menerapkan food prep.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

Food prep itu ampuh banget buat para emak sibuk. Keuntungannya tidak perlu belanja sayur setiap hari, bisa merancang menu apa yang akan dimasak hari ini dan beberapa hari ke depan. Lebih menghemat waktu.

Cukup belanja satu minggu sekali, simpan bahan makanan di kulkas bagian bawah (chiller) untuk sayuran dan buah, serta bahan masakan hewani di freezer. Supaya nutrisi terjaga dan kualitas makanannya tetap baik karena terhindar dari bakteri.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

Tips memulai Food Preparation:

  1. Membuat rencana menu (bisa untuk 3-4 hari ke depan atau untuk seminggu).
  2. Membuat daftar belanja.
  3. Membuat stok bumbu siap masak. Termasuk bumbu dasar untuk masakan sehari-hari seperti bumbu merah, bumbu putih, dan bumbu kuning. Tumis agar bisa lebih awet, simpan di wadah tertutup rapat, gunakan seperlunya saat memasak. 
  4. Menyiapkan wadah untuk menyimpan makanan yang berlabel food grade untuk menjaga kesegaran bahan makanan. Bisa kotak makanan, thin wall makanan, plastik klip makanan, dan plastik kiloan khusus makanan.
  5. Menyimpan sesuai karakteristik bahan makanan.
  6. Beri label tanggal pada setiap kemasan.
Perhatikan cara menyimpan bahan makanan dan posisinya di kulkas bagian bawah (chiller) atau kulkas bagian atas (freezer). Keterangan ada pada gambar berikut:

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

Penting untuk mengetahui cara mengolah bahan makanan dan penyimpanannya. Misalnya:
  • Daging sapi. Tidak perlu mencuci daging yang akan disimpan di kulkas. Mencuci daging sebelum disimpan bisa menyebabkan penyebaran bakteri dari daging. Kecuali untuk dimarinasi, daging sebaiknya dicuci dulu sebelum dilumuri bumbu.
  • Seafood (ikan, udang, cumi) dibersihkan dulu dari isi perut dan kotorannya sebelum disimpan.
Bahan makanan yang sudah beku dicairkan dulu ya sebelum dimasak. Bisa dengan cara diturunkan ke chiller malam sebelumnya. Atau direndam dengan air dalam mangkok (dalam keadaan masih terbungkus rapat). Setelah mencair, bahan makanan siap untuk diolah.

Sedangkan Meal Preparation (disingkat meal prep) adalah menyiapkan olahan makanan yang akan dikonsumsi selama beberapa waktu ke depan. Caranya dengan masak dalam jumlah banyak kemudian dibagi menjadi porsi kecil sebagai stok di kulkas. Biasanya olahan yang menjadi meal prep adalah sumber makanan protein hewani karena mengolahnya butuh waktu agak lama.

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

Contoh meal prep: ayam ungkep (bisa langsung digoreng atau dibakar), semur atau rendang daging, sampai olahan siap goreng seperti nugget, otak-otak, risol, siomay dan sebagainya. 

Manfaat Food Preparation dan Meal Preparation yaitu: praktis, lebih sehat, hemat waktu, hemat biaya, dan anti galau nggak bingung mau masak apa setiap hari.

Keuntungan Meal Preparation yaitu menghemat waktu tidak perlu memasak lama, hemat biaya (lebih murah daripada beli makanan jadi), mudah mengatur porsi makan, dan anti galau nggak bingung mau makan apa karena punya stok lauk di kulkas.

Tips untuk melakukan meal preparation:
  1. Membuat rencana menu
  2. Mulai belanja sesuai keperluan
  3. Luangkan waktu untuk memasak meal prep
  4. Masak dimulai dari yang memakan waktu lama, misalnya ayam ungkep
  5. Gunakan wadah tertutup rapat untuk menyimpan makanan
  6. Beri label tanggal pada setiap kemasan

Tips dan Trik Menyiapkan Makanan Sehat, Bergizi dan Praktis

Jadi untuk membuat meal prep, luangkan waktu untuk memasak. Untuk ibu pekerja bisa membuat meal prep saat hari libur. Sekalian bikin banyak gitu. Setelah matang dan didinginkan, bungkus per porsi untuk disimpan di kulkas. Nanti saat diperlukan tinggal dihangatkan saja. Praktis banget.

Jangan lupa untuk selalu mengecek stok makanan yang disimpan di kulkas. Periksa warna, tekstur, dan aromanya sebelum diolah. Jika berubah menjadi kurang segar, sebaiknya jangan dimasak atau dikonsumsi. Itulah pentingnya mencantumkan label tanggal pada kemasan stok makanan, agar stok lama bisa lebih dulu digunakan.

Repot sedikit nggak apa-apa dong... demi keluarga tercinta pasti kita mau yang terbaik. Makanan sehat bergizi dan praktis bisa dihidangkan di rumah setiap hari. 

Selamat menyajikan masakan sehat yang praktis untuk keluarga tercinta :)

16 comments

  1. Manajemen dapur nih penting banget biar makanan selalu terjaga rasa dan gizinya

    ReplyDelete
  2. Rapi jaliii deh ini. Kalau meal prep aku nggak pernah mba. Food prep paling suka karena bisa hemat waktu pas pagi2 itu, bekal dan sarapan harus siap dalam waktu singkat. Huhu. Hamburgnya enak banget ituuuh mauuu😍 repot sedikit gapapa, moga lelah kita menjadi amal ya mba

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk sering siapkan makanan di kulkas mba. Tapi sejauh ini paling sering tuh ayam ama ikan. Ikan pun juga aku bumbuin dlu. Kalau ayam saranku paling aman kalau di ciller tuh di kukus atau ungkep dlu karna kalau mentahan, ga tahan lama. Makasih ulasan detailnya mba

    ReplyDelete
  4. aku pun demikian nih buat di rumah, karena meal preparation itu beneran ngebantu buat mamak mamak galau dan banyak maunya plus gampang tergoda kayak aku untuk nyiapin menu makanan keluarga setiap harinya

    ReplyDelete
  5. Saya tim emak - emak yang selalu masak karena Alhamdulillah anak2 lebih suka masakan mamaknya. Heheheh... memang bener food prep itu bantu banget. Hemat waktu, hemat budget. Hoho

    ReplyDelete
  6. Kalau saya memilih masak sendiri, dengan alasan pertama karena sayang isi dompetnya mbak hehehe.... baru deh yang kedua alasan kebersihan.
    Saya baru tahu ada istilah meal preparation, biasanya kalau akhir pekan, saya beli ayam 2 kg sekalian. Di ungkep terus setelah dingin dimasukkan beberapa wadah dan disimpan di kulkas

    ReplyDelete
  7. noted bangettt mbaaa.
    aku juga berusaha bgt untuk.menerapkan ini, walo yhaaaa bbrp kali pontang panting hahahaha

    noted bgt supaya kita rutin mengecek stok makanan yang disimpan di kulkas. Periksa warna, tekstur, dan aromanya sebelum diolah. Jika berubah menjadi kurang segar, sebaiknya jangan dimasak atau dikonsumsi. siippp

    ReplyDelete
  8. aku tuh paling suka food prep karena bisa fokus ga belanja2 lagi, sekali belanja untuk 5-7 hari gitu dan paling efektif di aku sih kalau prepare perbumbuan, kayak bumbu putih, merah atau cincang baput yang udah dibacem

    ReplyDelete
  9. Makasih banyak untuk semua tipsnya Teeeh, nanti bakal aku cobain deh di rumah. Menarik banget tuh nugget ikan tenggiri campur wortel, pastinya kandungan gizi akan lebih tinggi yaaah.

    Aku juga di rumah meal prep Teh, soalnya kan harus masak subuh buat sarapan dan bekel makan siang. Gak kuat kalo subuh2 harus ngupas atau ngiris sayuran mah hahaha

    ReplyDelete
  10. Ya ampun rapi sekali itu kulkasnya... semua tertata rapi dan siap dimasak cepat ya. Jauh banget dengan kulkas di rumah yang acakkadut bener.... sebelum belajar meal preparation, saya kudu belajar membersihkan kulkasnya dulu deh kayanya. Hahaha

    ReplyDelete
  11. Makasih banget tips-tipsnya yang sangat bermanfaat buat ibu-ibu seperti kita, Mbak.. aku sendiri masih awut-awutan soal managemen masak-memasak ini. Seringnya ya dadakan semua kalau pagi, buat sarapan plus bekal anak-anak sekolah. Semoga next bisa diperbaiki pelan-pelan :)

    ReplyDelete
  12. Aku tuh punya cita2 kalau beli kulkas barun ntr pengen nyetok makanan yg kyk org Korea gtu lho mbak, jd tinggal angetin pakai microwave hehe.
    Kalau utk food preparationnya alhamdulillah udah diterapin tapi tetep pengen kulkas agak gedean supaya gk sering2 belanjanya hehe.

    ReplyDelete
  13. Iya meal prep jadi bisa menghemat waktu ya. Masak sekalian, nanti baru disajikan ketika kita butuh masakan siap saji yang lebih sehat. Makasih mama Ina tipsnya. Pas banget nih buat emak yang inginnya cepet di dapur

    ReplyDelete
  14. Wah cocok banget aku lagi semangat2nya makan sehat lagi jadi kemarin cari-cari well prep makanan sehat gimana,, harusnya lebih cepet karena main rebus dan palingan tumis dikit tapi riweh juga

    ReplyDelete
  15. Aku jadi teringat Babe rahimahullah yang senang sekali kalau Ibu masak sendiri di rumah. Bukan berarti gak seneng makan di luar, tapi kalau dihidangkan di rumah tuh bener-bener terasa "hangat"nya keluarga. Dan soal makanan, rasa memang kudu nomer satu, tapi yang gak boleh dilupakan juga adalah penampilan. Jadi kalau rasanya uda enak, jangan lupa untuk niat masaknya agar semuanya perfect.

    ReplyDelete
  16. Masya Allah lengkaaap infonya. Beberapa sudah saya lakukan. Terima kasih sudah mengingatkan, semangat sajikan makanan sehat bergizi dan praktis buat dihidangkan di rumah setiap hari!!

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^