Menyambut Tahun Baru dengan Nikmatnya Sate Taichan Buatan Sendiri

Assalamualaikum!

Selamat menjalani awal tahun 2022, ya. Pergantian tahun biasanya bikin semangat untuk menjalani aktivitas. Juga tidak sedikit yang menerapkan target atau resolusi untuk dicapai pada tahun ini. 

Buat saya pribadi, sudah bukan jamannya lagi bikin resolusi. Mungkin karena faktor usia yang sudah tidak produktif lagi. Atau karena faktor zona nyaman enggan bikin kesibukan karena merasa sudah mendapatkan apa yang diinginkan. Alhamdululillah.

Membuka postingan perdana di tahun 2022, saya persembahkan resep Sate Taichan. Mengingat kalau malam tahun baru suka pada bakar-bakaran gitu. Saya mah tiap malam tahun baru bawaannya tinggal zzz alias tidur saja.

Jujur, sampai saat tulisan ini diketik, saya belum pernah sekali pun mencicipi apa itu Sate Taichan. Dulu sempat ada yang jualan Sate Taichan dekat sekolah si bungsu. Maksud hati pengen nyobain, sayang bukanya cuma sore dan selalu aja lupa mau order via ojol. Giliran diniatin dateng buat beli, eh penjualnya sudah pindah tempat. Ada sih kalau dicari di aplikasi ojol, tapi saya terlampau malas haha.

Kenapa saya males banget beli dan nyobain Sate Taichan alasannya takut nggak kemakan. Katanya Sate Taichan itu rasanya pedas. Khawatir anak-anak saya, terutama si bungsu, tidak suka.

Sate Taichan adalah sate yang dibakar tanpa menggunakan kecap. Bumbunya juga dengan sambal cabai, bukan bumbu kacang. Model sate seperti ini yang pernah saya buat adalah Sate Ayam Teriyaki dan Sate Ayam Teriyaki Sambal Matah.

Berhubung semakin lama saya suka gabut gitu mau masak apa, dicobain lah bikin Sate Taichan sendiri. Biasanya saya paling males bikin resep tapi saya sendiri belum pernah nyoba versi aslinya. Ya gapapa deh. Nanti pankapan kalau lagi nggak males, beneran saya beli dan nyobain Sate Taichan di luar rumah.

Mudah-mudahan resep yang saya variasikan dari hasil gugling ini rasanya menyerupai Sate Taichan yang dijual. Oia ini saya bikin versi nggak terlalu pedas ya, biar si bungsu bisa ikut menikmati Sate Taichan dengan nyaman.

Resep Sate Ayam Taichan


Bahan:
300 gram dada ayam tanpa tulang, potong ukuran sate
2 sdm air jeruk nipis 
1 sdt bawang putih bubuk (atau 3 siung bawang putih tumbuk)
1 sdt kecap ikan
garam secukupnya
merica secukupnya
tusuk sate
margarin secukupnya

Bahan sambal sate:
3 siung bawang merah, iris 
8 buah cabai rawit merah (bisa ditambahkan jika ingin lebih pedas)
2 buah cabai rawit hijau (iseng aja dari stok yang ada di kulkas)
1 buah cabai merah besar (bisa diganti cabai merah keriting jika ingin lebih pedas)
100 ml air matang
1 sdt gula palem
garam secukupnya 

Cara membuat:
  1. Marinasi potongan ayam dengan bawang putih bubuk, kecap ikan, garam, merica, dan air perasan jeruk nipis. Aduk rata. Simpan di kulkas selama minimal 30 menit.
  2. Rendam tusuk sate dengan air agar tidak gampang gosong saat dipanggang. Tata potongan ayam ke tusukan sate.
  3. Panaskan wajan teflon anti lengket, beri margarin. Bakar sate di atas teflon sampai semua sisinya matang kecoklatan, angkat.
  4. Sembari menunggu sate matang, kita membuat sambalnya yuk. Rebus semua bahan sambal. Setelah dingin, blender sampai halus. Masak kembali di atas api kecil, koreksi rasanya. Angkat, sisihkan.
  5. Sajikan Sate Taichan beserta sambalnya.
Oia saya membakar sate pakai wajan teflon anti lengket khusus untuk memanggang makanan karena ada 'gerat-geratnya'. Waktu baru beli, penampakanya masih bagus. 

Teflon datar untuk bakar sate

Tidak lama, kondisinya jadi menyedihkan karena Mak asisten menggosoknya dengan sabut besi hingga teflonnya hilang sedikit, hiks. Jadi cepet lengket deh. Mau dibuang kok sayang. Gapapa deh dipake aja terus. Soal aman atau tidak hanya Tuhan Yang Tahu...

Bismillah... semoga aman.

Baiklah, sudahi dulu curhat tentang wajan teflonnya. Ini dia penampakan Sate Taichan yang sudah matang... 


Pas dicoba, alhamdulillah enak. Rasanya juga nggak asing buat saya karena sering bikin olahan ayam dengan cara dipanggang begitu saja tanpa kecap. Cocol sambalnya... hmm yummy!


Selamat mencoba membuat Sate Taichan sendiri di rumah, ya ^_^


Olahan sate lainnya dari daging sapi, kambing, cumi bahkan usus ayam bisa dicek di link berikut Olahan Sate.

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^