Monday, December 18, 2017

Nugget Tenggiri Wortel

  


Libur sudah tiba!  Ada anak-anak di rumah, coba ajak mereka ke dapur, yuk! Bikin makanan favorit anak-anak. Seperti nugget yang akan saya share resepnya di postingan ini. Kali ini saya mau bikin nugget dari ikan tenggiri. Sekaligus menyelipkan wortel di dalam adonan nugget, jadi nugget ikan tenggiri yang sehat plus sayuran dan tanpa bahan pengawet. 

  Saya membuat nugget ikan tenggiri ini sebelum liburan sekolah. Tepatnya saat akhir pekan saat anak-anak sedang libur sekolah. Nugget ini sengaja dibuat untuk bekal sekolah anak-anak keesokan harinya. Meski tidak langsung disantap, anak-anak ternyata senang bisa membantu membuat nugget ini, lho! Yuk, simak bahan dan cara membuatnya.

Bahan nugget ikan:

  • 500 gram daging ikan tengiri
  • 1 buah wortel, parut kasar 
  • 1 bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 sdm tepung panir
  • 3 sdm tepung terigu 
  • 1 butir telur
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
Bahan Panir:
  • tepung terigu
  • telur dikocok lepas
  • tepung panko atau bread crumbs
Bahan lainnya:
  • minyak untuk menggoreng
  • margarin untuk mengoles loyang atau pinggan tahan panas
  • saus sambal botolan sebagai pelengkap

Cara membuat:


1. Panaskan minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang bombay, sisihkan. 

2. Campur semua bahan nugget ikan. Tambahkan tumisan bawang, aduk rata. 

Adonan nugget ikan wortel
3. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin. Tuangkan adonan dan ratakan. 

Taruh dalam pinggan tahan panas

4. Kukus dalam dandanga dengan api sedang selama 30 menit. 
  • Cek kematangan dengan menusuk adonan denan tusuk gigi. 
  • Jika masih ada yang menempel, kukus kembali adonan sampai matang. 
  • Angkat, dinginkan.
5. Potong adonan nugget yang sudah mengeras sesuai selera. 

Potong-potong adonan nugget

6. Memanir nugget: 
  • balut potongan nugget dengan tepung terigu. 
  • Celup ke dalam kocokan telur, lalu balut dengan tepung panko. 
  • Ulangi sampai semua bahan habis terbungkus tepung panir, 
  • Masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit.
Nugget yang selesai dipanir
Simpan di kulkas sebelum digoreng

7. Goreng nugget dalam minyak panas dan api sedang hingga matang kecoklatan.

8. Angkat, sajikan hangat bersama saus sambal botolan sebagai pelengkapnya.


  Nah, selesai. Nggak susah kan? Cara membuat nugget dengan daging ayam juga sama. Tinggal mengganti daging ikan dengan daging ayam saja. Boleh ditambah sayuran lain seperti brokoli. Atau mau pakai parutan keju juga bisa. Hmm, tambah nikmat!

   Oia, selama proses membuat nugget tenggiri wortel ini saya dibantu oleh sang asisten, Kk Rasyad. Mau tahu bagian apa yang paling disukai anak-anak? Bermain tepung alias memanir! Balur-balur, celup telur, guling-guling... berantakan tepung pun tidak masalah. Memanir selesai dan mereka hepi!

Kk Rasyad, asisten saya di dapur
 Penyimpanan: setelah dipanir, tata rapi dalam wadah kedap udara atau plastik ziplock, simpan dalam freezer. Keluarkan seperlunya untuk digoreng dengan api kecil dalam minyak panas.

Nugget tenggiri wortel
Selamat menikmati!

7 comments:

  1. Wah noted. Zodan juga suka nugget ikan. Tapi saya belum pernah coba bikin dari ikan tengiri. Biasanya lele atau gurame. Maacih resepnya mak 😍

    ReplyDelete
  2. Anakku suka makan nugget, jd sehat kl tambah wortel atau bayam

    ReplyDelete
  3. Mbak Inna aku sekali aja dulu bikin nugget, tapi kok ngabisin banyak telur ya hahaha. AKu mau coba ah resepmu ini. Tengkyu yaaa

    ReplyDelete
  4. Oooo dibalur tepung terigu dulu ya. Baru tau. Biasanya saya abis kukus potong, dinginkan, celup telur trus guling2 di tepung panir deh...nanti dicoba juga ah balurin tepung terigu. Terima kasih sharing resepnya

    ReplyDelete
  5. Hmmm kebayanh gurihnya nugget ikan... Seru ya liburan bikin nugget brg anak...

    ReplyDelete
  6. wah ini bakal jadi penambah selera makan sama nuggetnya.

    ReplyDelete
  7. Wah udah pakai ikan, dicampur wortel juga. Nugget sehat banget ini, haha... Bikinnya cukup simple juga ya, Mba Ina.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^