Sop Ikan Batam ala Dapur Ngebut

resep masakan


Assalamualaikum!

Masih mabok daging pasca Hari Raya Idul Adha Kemarin? Mari kita netralkan dengan makan ikan yang dilengkapi dengan sayuran sehat. Sekalian pake kuah dengan rasa asam pedas... dijamin bikin seger!

Bikin apa sih, Mak? Bikin sop ikan batam, yuk! Ini jadi hidangan favorit saya setelah suami mengenalkan sop ikan batam pada saya dan anak-anak di sebuah restoran. Pertama mau nyobain, agak-agak gimana gitu. Soalnya saya belum terbiasa makan sop ikan. Ikan yaa kalau ngga digoreng pasti dipepes. 

Sop ikan batam menggunakan daging ikan tenggiri. Dengar ikan tenggiri, bayangan saya adalah pempek, otak-otak, siomay, dan tekwan. Maklum, saya sudah terbiasa makan ikan tenggiri yang udah nggak keliatan lagi wujudnya. Kalau yang masih berwujud, kebayang Ikan Tenggiri Bumbu Kuning. Nah, kalau sop ikan? Kayak apa ya...

Setelah dicicipi, ternyata emang enak banget! Langsung deh, kami sekeluarga jadi langganan sering makan sop ikan batam. Saking sukanya, saya juga menulis review tempat makan sop ikan batam di tulisan ini: Resto Sop Ikan Batam

Bosan beli melulu (dompet oh dompet), kayaknya saya harus nyoba buat sendiri sop ikan batam. Gugling sana gugling sini. Saya dapat beberapa resep sop ikan batam, lalu memodifikasinya sendiri. Jadilah sop ikan batam ala dapur ngebut.  

Percobaan pertama saya pakai bahan seadanya. Kurang selada dan sawi asin. Daun selada pas kebetulan lagi nggak ada di tukang sayur. Sedangkan sawi asin emang kudu dibeli ke kota dulu. 
Resep Masakan
Sawi asin yang sudah dipotong-potong

Percobaan kedua adalah ketika saya nemu sawi asin di warung sayur! Langsung deh saya culik dan memesan ikan tenggiri untuk keesokan hariinya. Setelah semua bahan dirasa udah kumplit, masak sop ikan tenggiri pun langsung dieksekusi di dapur. Yuk, simak bahan dan cara membuatnya...


Resep Masakan
Bahan Sop Ikan Batam


Bahan Sop Ikan Batam:

  • 500 gr ikan tenggiri
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdm ebi kering (rendam air)
  • 3-4 helai sawi asin, potong kasar
  • 3- 4 helai selada, potong kasar
  • 3- 4 helai sawi putih, potong kasar
  • 3 buah tomat hijau
  • 3 cm jahe, geprek
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis
  • kuah dari rebusan tulang ikan 
Bahan saus kecap:
  • 3 sdm kecap asin
  • 6 buah cabai rawit (boleh ditambah jika kurang) 

Cara membuat Sop Ikan Batam:

  1. Bersihkan ikan tenggiri. Pisahkan bagian daging dengan kulitnya. Potong daging ikan ukuran kotak kecil. Ambil bagian tulangnya.
    Resep Masakan
    Daging ikan tenggiri
  2. Rebus tulang ikan pada air matang sampai mendidih. Sisihkan kuahnya sekitar 700 ml atau lebih.
  3. Rendam ebi kering di air panas. Tiriskan. Tumbuk halus ebi bersama bawang putih, merica, dan garam.
  4. Tuang minyak goreng ke wajan. Tumis bumbu halus dan jahe sampai matang dan harum. 
  5. Masukkan daging ikan tenggiri, tumis sebentar sampai berubah warna. Tuang ke panci berisi kaldu ikan. Masak hingga mendidih dan ikan matang. Tidak perlu merebus terlalu lama karena ikan bisa hancur. Yang penting potongan ikan sudah terlihat matang hingga ke bagian dalam.
  6. Masukkan tomat hijau, sawi asin, dan sawi putih. Masak hingga agak layu. Matikan api.
  7. Taruh daun selada pada mangkok. Tuang sop ikan batam ke mangkok. Aduk rata. Sajikan segera bersama irisan cabai rawit atau saus kecap. Jangan ketinggalan kucuran air jeruk nipis juga, ya!
  8. Membuat saus kecap: campur jadi satu kecap asin dan cabai rawit, aduk rata, selesai.
Asyik! Sop Ikan Batam udah mateng! Ini dia penampakan Sop Ikan Batam buatan saya pada percobaan pertama dan kedua...

Resep Masakan
Sop Ikan Batam percobaan pertama

Sop Ikan Batam percobaan kedua

Oia, sop ikan batam ini emang sebenernya nggak pedes. Rasa pedas dari campuran saus kecapnya yang menggunakan cabai rawit. Boleh juga tanpa kecap asin alias pakai irisan cabai rawit saja. Mantap! 

Resep Masakan
Saus kecap dengan kecap asin dan cabai rawit

 Rasa asam segar Sop Ikan Batam berasal dari kucuran jeruk nipis. Ini juga sesuai selera. Jika tidak suka rasa asam, ya tidak usah ditambahkan jeruk nipis. Polosan gitu aja tanpa jeruk nipis dan saus kecap atau cabai rawit ini cocok dikomsumsi anak-anak. Si bungsu Dd Irsyad suka banget dan sangat menikmati sop ikan batam tanpa pelengkap ini.


Resep Masakan
Sop Ikan Batam yang segar untuk menghangatkan badan

Gimana? Tertarik untuk mencoba? Apalagi cuaca mulai masuk musim hujan seperti sekarang, cocok banget sajian Sop Ikan Batam untuk menghangatkan badan. Selamat masak, ya! 

Resep Masakan
Sop Ikan Batam ala Dapur Ngebut

Olahan daging ikan tenggiri lainnya yang ada di blog Dapur Ngebut:

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^