Thursday, January 4, 2018

Siomay Komplit Isi Sayuran


Selamat tahun baru 2018!

Masih dalam suasana liburan karena 2 boyz belum masuk sekolah. Kebetulan minggu terakhir ini banyak diem di rumah aja. Artinya, ya banyak makan dan banyak ngemil. Kalau lagi males ke dapur, ya beli aja jajanan mateng yang udah jadi. Tapi pas lagi rajin, ya saya bikin cemilan. Sayangnya, libur akhir tahun ini justru saya banyak nggak rajinnya karena diuber deadline kerjaan.

Ngomongin cemilan, kali ini saya mau share resep siomay komplit isi sayuran. Cemilan ini memang saya buat pas akhir pekan. Jadi cocok dinikmati sekeluarga yang ada di rumah semua karena libur. 

Kenapa komplit? Ya karena rupa-rupa seperti yang dijual di mamang siomay. Bedanya, saya pakai daging ikan tenggiri dicampur udang biar makin greget rasanya. Sedangkan untuk campuran isiannya saya pakai sayuran wortel dan labu siam. 

Mau pakai daging ayam untuk isian juga bisa. Resepnya hampir serupa dengan adonan batagor yang saya buat di postingan Batagor Ayam Ikan.

Yuk, simak bahan dan cara membuat siomay komplit isi sayuran...


Bahan siomay komplit isi sayuran
Bahan isian siomay:
  • 500 gr daging ikan tenggiri, blender
  • 250 gr udang, kupas, blender
  • 2 buah labu siam ukuran kecil, parut halus
  • 1 batang wortel, parut halus
  • 4 siung bawang putih, tumbuh halus
  • 2 sdm tepung kanji (lupa difoto)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
Bahan pelengkap siomay:
  • 10 - 15 buah kulit pangsit
  • 1 buah pare ukuran besar, potong setebal 4 cm, buang bijinya
  • 2 buah kentang ukuran sedang, belah dua
  • 5 buah tahu putih kotak, korek sedikit dengan sendok bagian tengahnya
Bahan bumbu kacang, tumbuk halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1 mangkok kecil kacang tanah, goreng hingga matang
  • 2 buah cabe rawit (bisa ditambah jika ingin lebih pedas)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
Bahan lainnya:
  • air untuk mengukus
  • minyak goreng untuk menggoreng kacang dan menumis bumbu
  • saus sambal botolan sebagai pelengkap
  • kecap manis sebagai pelengkap
  • jeruk nipis sebagai pelengkap

Cara membuat:

1. Campur daging ikan, udang, wortel dan labu siam. Aduk rata.

Daging ikan,  daging udang, dan irisan sayur


2. Tambahkan tepung kanji, garam dan merica. Aduk rata.

Tambahkan tepung kanji

3. Koreksi rasa dengan mematangkan secuil adonan di air mendidih.

4. Ambil kulit pangsit. Bungkus 2 sdm adonan seperti pada foto. Taburi dengan wortel parut.

Taburi bagian atas dengan wortel parut
Sisa adonan malah dibungkus pangsit :D
5. Siapkan pare yang sudah dibuang bijinya. Masukkan adonan pada bagian tengah pare.


Mengisi adonan siomay ke dalam pare

Taburi dengan wortel parut di atasnya

6. Ambil tahu, tempelkan 1 sdm adonan siomay ke bagian tengah yang sudah dikerok.

7. Kukus siomay, siomay pare, siomay tahu, dan kentang di dandang selama 40 menit. 


Mengukus siomay
8. Membuat bumbu kacang: tumis bumbu sampai matang. Beri sedikit air. Koreksi rasanya. 

9. Sajikan siomay beserta saus sambal botolan, kecap manis, dan jeruk nipis.

Siomay sudah matang!
Siomay + pare + tahu + kentang = maknyus!


Selamat menikmati!


13 comments:

  1. aduh kelihatan menggoda sekali ya mbak :) aku nyari kukusan model begitu susahnya setengah mati :( padahal aku juga suka bikin siomay sendiri di rumah, tapi blom pernah coba pakai pare hahahaa TFS ya mbak, jadi ada ide baru ga melulu pakai tahu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari kukusannya di pasar mba :D
      enak bener lho pake pare, pahit2 nagih

      Delete
  2. Anakku kebetulan suka banget dimsum dan siomay mungkin karena dikukus jadi mengunyahnya mudah. Cobain ah resepnya.

    ReplyDelete
  3. Dan aku jadi kepengen makan siomay gara-gara baca ini hahahaha.

    Kalau kulit pangsitnya itu dipotong gak sih, Mbak? Suami soalnya selalu dipotong katanya biar gak melambai-lambai. :D

    ReplyDelete
  4. saya belum pernah buat siomay jadi pengen coba ini. Kulit pansitnya ada yg jual khusus siomay apa gimana itu mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kulit pangsitnya dijual bebas. ada di warung sayur atau toko frozen food

      Delete
  5. wah ini sih siomay yang komplit dan sehat sekali, aku suka siomay banget dan di cirebon belum nemu siomay enak

    ReplyDelete
  6. Yuuummmmm....
    Siomaynya padat berisi full gizi pulak.
    Kece.
    Makasih sharenya ya mbk. Pgn bikinlaahhh

    ReplyDelete
  7. Capek spt di resto2. Aku nyontek ya mak ��

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^