Saturday, February 3, 2018

Bola Makaroni Goreng

resep bola makaroni goreng

Halo, selamat menikmati akhir pekan!

Kalau wiken begini, biasanya saya suka bikin camilan karena semua pasukan kumplit ada di rumah seharian. Ngintip di kulkas, ada stok makaroni rebus bekas bikin makaroni skotel. Waktu itu, nggak semua makaroni dipakai. Satu bungkus saya rebus aja sekalian. Lumayan, bisa dibuat hidangan lain seperti campuran sop, rawon, jadi seblak, atau dibumbui saus bolognese dan carbonara

Nah, sekarang mau bikin yang rada nyusahin. Riweuh dikit nggak apa-apa lah, mumpung lagi pada libur. Kalau boyz mulai rewel, ada Bapa yang bisa menangani sementara saya sibuk di dapur. Mau bikin makaroni tapi digoreng. Biar pada akrab, makaroni saya bikin nempel jadi bentuk bola sebelum digoreng. Nggak ketinggalan, bikin isian dari wortel biar jadi sayuran tersembunyi yang cocok buat anak-anak. Penasaran? Yuk, simak bahan dan cara membuatnya!


Bahan:

  • 200 gr makaroni, rebus, tiriskan
  • 3 siung bawang putih, geprek, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang halus
  • 1 buah wortel, potong kotak kecil
  • 2 batang seledri, cincang halus
  • 1 mangkok kecil tepung roti halus
  • 2 butir telur ayam, ambil putihnya saja, kocok rata
  • keju parut sesuai selera (saya pakai 1 mangkok kecil)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • sejumput bubuk bayleaf (optional)
  • margarin untuk menumis
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

resep bola makaroni goreng
Bahan untuk membuat bola makaroni goreng

resep bola makaroni goreng
makaroni yang sudah direbus
Cara membuat:

1) Panaskan margarin.Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.

2) Masukkan wortel dan daun seledri. Aduk rata. Masak sampai semua layu.

3) Campurkan makaroni, keju, garam, merica, dan bayleaf. Aduk rata.

resep bola makaroni goreng
Campurkan semua bahan jadi satu
4) Koreksi rasanya. Diamkan sampai uap panas hilang agar mudah dibentuk menjadi bola.

resep bola makaroni goreng
Adonan bola makaroni
5) Lumuri tangan dengan sedikit minyak goreng supaya adonan tidak lengket. 

6) Ambil 2 sdm adonan. Bulatkan bentuk bola, padatkan, dan sisihkan.

resep bola makaroni goreng
adonan makaroni dibentuk bola
7) Gulingkan pada tepung panir. Celupkan ke putih telur kocok. 

8) Gulingkan kembali pada tepung panir sampai semua bagian tertutup tepung panir.

resep bola makaroni goreng
bola makaroni berselimut tepung panir
9) Diamkan bola makaroni di dalam kulkas selama 30 menit atau lebih. 

10) Keluarkan bola makaroni dari kulkas. Goreng dalam minyak panas dan api sedang.

11) Angkat. Sajikan hangat dengan cabe rawit atau saus sambal botolan.

Bola makaroni disimpan dulu di dalam kulkas supaya tepung panirnya makin menempel dan tidak belepotan saat digoreng nanti. Boleh juga disimpan semalaman. Mau ditaruh di freezer juga bisa. Asal jangan lupa, sebelum digoreng, turunkan dulu bola makaroni dari freezer ke kulkas bagian bawah pada malam sebelumnya dan simpan dalam suhu ruang beberapa menit sebelum digoreng.

resep bola makaroni goreng
Bola makaroni goreng sudah matang!

Bola makaroni goreng ini sccok banget buat cemilan pagi atau sore hari ditemani teh atau kopi. Pas juga lho buat bekal sekolah anak-anak. Selamat mencoba ya!

resep bola makaroni goreng
Bagian dalam bola makaroni goreng



15 comments:

  1. Hai mbak Inna :) Itu pas dibuka makaroni bola goreng... wiiih sedap benerrr..apalagi dimakan pas baru diangkat ya. Pake cabe rawit orens makin nikmat. Minumnya air teh manis panas hehehe.

    ReplyDelete
  2. Anakku doyan bgt dibikinin ini, udah lama gak bikin :D

    ReplyDelete
  3. Widih lezat sekali pasti bola makaroni gorengnya cocok sekali dimakan pagi pagi apalagi sekarang musim hujan, terimakasih resepnya Bunda mau langsung praktek di dapur nih

    ReplyDelete
  4. Mantap,, anak aku suka macroni,, ini bs jd variasi,, makasih ya mbak resepnya

    ReplyDelete
  5. Waaa enak banget kalau bikin bola makaroni. Sayang bgt sisa makaroni di rumah malah digoreng polos gitu aja sama mama T.T

    ReplyDelete
  6. Gak usah anak-anak, aku juga doyan cemilan model gini maahhh hihihi

    ReplyDelete
  7. Wah bisa nggak ya ini dijadikan cemilan buat si kecil? Kemarin dibikinin mac schotel nggak doyan dia

    ReplyDelete
  8. bisa mba.
    kasih tusuk gigi yg udah dihias bendera, jadi lebih menarik penampilannya :)

    ReplyDelete
  9. Mungkin bagian yang rada bikin nggak sabarnya adalah ketika nungguin adonan makaroni yang baru ditumis itu menjadi dingin dulu sebelum dikepal jadi bola-bola.
    Mak, biasanya untuk 200 gram begini bisa untuk porsi berapa orang dalam sekali makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul :D Kalo mo cepet dingin, bisa diaduk2 pelan.
      ini aku dapetnya 13 bola, diameter kira2 3cm-an

      Delete
  10. Mirip kroket ya bentuk luarnya. Bahannya lumayan banyak tapi aku kapan-kapan pengen nyobain bikin juga.

    ReplyDelete
  11. Jadi inget masih ada maccaroni yang belum dimasak. Minta suami bikinin resep ini ah hehehehe.

    ReplyDelete
  12. aduh ngiler, bisa pakai cabe atau saus ya

    ReplyDelete
  13. Lgs lari ke dapur liat stok bahan :D. Cuma perlu beli keju kyknyaaa.. Cemilan gurih2 gini yg aku doyan banget mbaa

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^