Friday, January 12, 2018

Martabak Mie Bumbu Capcay Sajiku


Masih edisi suguhan arisan. Resep kali ini adalah martabak mie dengan menggunakan bumbu intant Sajiku rasa capcay. Bumbu ini memang untuk masakan bernama capcay, tapi sah saja kan jika dipakai sebagai bumbu martabak? 

Sebenarnya, bumbu instan yang sering saya pergunakan sebagai campuran martabak adalah bumbu rendang atau bumbu gulai. Tapi kali ini saya ingin membuat martabak dengan bumbu yang ringan saja. Apalagi mengingat kadang ada ibu-ibu arisan yang membawa anak. Kasihan kalau anaknya makan martabak bumbu rendang yang rasanya agak pedas. 

Menu lain yang saya sajikan untuk arisan adalah nasi kuning box, agar-agar Pop Ice rasa strawberry, dan banana nugget. Untuk tambahan, saya membeli gorengan dan kue serta ada buah salak pemberian tetangga. 

Membuat suguhan arisan memang repot karena harus memasak dalam jumlah banyak. Meskipun demikian, saya sangat menyukai keriweuhan tersebut karena ada kepuasan batin tersendiri. 

Gimana? Tertarik untuk mencoba? Berikut bahan dan cara membuat martabak mie bumbu Sajiku Capcay...

Bahan:
  • 50 lembar kulit lumpia siap pakai
  • 3 keping mie kering yang panjang, remas-remas, rebus, tiriskan
  • 10 batang daun bawang
  • 10 butir telur ayam
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang halus
  • siung bawang putih, cincang halus
  • 1 sachet bumbu Capcay Sajiku
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
  • cabai rawit hijau sebagai pelengkap
Martabak mie
Cara membuat:
  1. Bagi rata mie, daun bawang, bawang putih, dan bawang bombay menjadi lima bagian sama banyak di mangkok. Satu mangkok untuk 10 buah martabak.
    Isian martabak mie
  2. Bubuhi tiap mangkok dengan garam, merica, dan bumbu instan yang sudah dibagi lima.
  3. Pecahkan dua buah telur untuk tiap mangkok.
  4. Melipat martabak: ambil 3 sdm adonan, tuang di bagian tengah kulit lumpia. Lipat berbentuk amplop.
  5. Siapkan wajan datar anti lengket. Tuang minyak. Sambil menunggu minyak panas. lipat martabak satu per satu dan letakkan di atas wajan.
  6. Goreng martabak hingga matang kecoklatan pada kedua sisinya. Angkat, tiriskan.
  7. Menggoreng martabak
  8. Tips mengurangi minyak pada martabak: setelah ditiriskan di saringan minyak, ambil dua lembar tisu di dasar mangkok, tata martabak secara berdiri di mangkok. Minyak akan turun dengan sendirinya.
Martabak mie
Selain diisi mie, martabak bisa diisi dengan bahan apa saja sesuai selera, Misalnya martabak telor yang murni berisi daun bawang dan telur ayam saja. Atau martabak jamur yang menggunakan jamur tiram sebagai campuran isinya.

Yuk, coba bikin martabak mie untuk keluarga di rumah.

4 comments:

  1. Enak nih, kebetulan saya masih punya bumbu capcay. Besok coba ah.

    ReplyDelete
  2. Wah, kok pas banget deh ak selalu sedia bumbu capcay Sajiku nih di lemari dapur, tapi belum pernah coba masakan selain capcay. Mau ah bikin martabak rasa capcay, aku tambahin udang dan tahu ah biar makin nikmat :)

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^