Friday, November 18, 2016

Gurame Asam Manis


Selamat jelang wiken!


  Postingan Dapur Ngebut datang lagi! Masih riweuh di rumah karena pindahan toko. Bahkan sampai mengorbankan acara memasak. Mana sempat masak dengan kondisi rumah amburadul penuh barang begini, hehehe. Jadi, kali ini saya mau share postingan yang draftnya lama ngetem di laptop. Mohon dimaklumi kalau kualitas foto masih seadanya karena masih pakai kamera hp yang lama. 

  Masak apa? Bikin gurame asam manis, yuk! Kalau pergi ke kondangan, hidangan ini kayaknya wajib kudu harus ada ya di meja prasmanan. Saya pun tidak pernah melewatkannya. Selalu makan gurame asam manis plus nasi. Meski nanti lanjut lagi makan hidangan lain di saung sekitar meja prasmanan, hehe.


   Masak gurame asam manis memang sedikit ribet kelihatannya. Malas bikin filet ikan? Minta sekalian mamang sayur atau mamang ikan untuk menyisit daging ikan gurame dan memisahkannya dari tulang bagian tengah. Nggak usah dikerjain sendiri. Manfaatin saja jasa mamang sayur atau mamang ikan langganan. Jika beli di supermarket besar kayaknya bisa minta dipotongin juga (belum pernah sih). Jadi, sampai di rumah sudah tinggal mengolah daging ikannya saja.

   Gurame asam manis adalah gurame balur tepung yang disiram dengan saus asam manis. Sebenarnya, bikin gurame asam tepung saja juga sudah enak lho! Selengkapnya bisa dibaca di postingan ini: Filet Ikan Gurame Goreng Tepung. Tapi, sekali-kali bikin yang meriah dikit dong. Tambahin saus asam manis biar makin maknyus!

    Yuk, mari kita siapkan bahannya dan mulai memasak...

Bumbu saus asam manis

Bahan:

  • 1 kg ikan gurame, filet dagingnya dan potong kotak ukuran bebas
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, iris tipis
  • 3 butir bawang putih, iris tipis
  • setengah buah paprika merah
  • setengah buah paprika hijau
  • setengah buah paprika kuning
  • 1 buah wortel, iris melintang
  • seperempat buah nanas, potong-potong
  • 1 cm jahe, geprek
  • 1 bungkus tepung ayam goreng siap pakai
  • 1 sdm tepung terigu
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 5 sdm saus tomat
  • 2 sdt gula pasir (atau sesuai selera)
  • sedikit kecap asin (optional)
  • sedikit kecap ikan (optional)
  • penyedap rasa (optional)
  • 1 sdm tepung kanji yang dilarutkan dengan 100 ml air matang
  • air matang secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 buah jeruk nipis


Potongan nanas

Cara membuat:

1) Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan 1 sdt tepung bumbu. Diamkan selama 15 sampai 20 menit.

Daging ikan yang dilumuri tepung bumbu
2) Campur tepung bumbu dan tepung terigu. Aduk rata. Lumuri daging ikan dengan tepung.

Boyz dan anak tetangga ikut bantu mengaduk tepung
3) Celupkan daging ikan ke mangkuk berisi air, Segera balur ikan dengan tepung sekali lagi.

Ikan selesai dibungkus tepung
4) Goreng ikan dalam minyak panas hingga kecoklatan. Angkat, sisihkan.

Gurame goreng tepung yang sudah jadi

5) Panaskan minyak goreng, Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe.

6) Masukkan paprika, wortel, dan nanas. Tumis hingga semua bahan setengah matang.

7) Tambahkan air. Rebus sebentar. Masukkan saus tomat, garam, dan merica.

Saus gurame asam manis di wajan
 8) Tambahkan garam, merica, kecap asin, kecap ikan, dan penyedap rasa (jika suka). 

9) Masak hingga kuah menyusut dan semua bahan agak lunak. 

10) Tambahkan air larutan tepung kanji. Aduk rata hingga mengental. Koreksi rasanya.

11) Angkat. Siram ke atas ikan gurame goreng tepung. Sajikan hangat.

   Jreng jreeng.... mateng deh! 

   Nggak usah pergi ke kondangan kan buat menikmati gurame asam manis yang lezat. Kita bisa membuatnya sendiri di rumah. 

   Selamat mencoba ^_^


7 comments:

  1. Kebetulan di rumah ada gurame... ma kasih idenya mbak. Seger banget pakai nanas.

    ReplyDelete
  2. Asem2 nya ini dari potomgan nanas nya yaaa, kalo aku suka nya cumi yg diasal mansi

    ReplyDelete
  3. Gurame asam manis ini bikin nambah nambah nasi terus, apalagi kalo makannya sama kerupuk :D

    ReplyDelete
  4. ikan lain bisa mba? seger banget pake nanas, buah kesukaan nih

    ReplyDelete
  5. Aduhhhhhhh baca postingan ini cuma bisa nelen ludah xD Keliatan enak banget Maaaaaaak :D Mau coba ah~

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^