Filet Ikan Gurame Goreng Tepung

Filet ikan gurame goreng tepung. Lagi bingung mau masak apa. Kebetulan lihat ikan gurame yang bagus di tukang sayur. Langsung saja terlintas ingin membuat gurame asam manis. Tapi saya ingat kalau boyz kurang suka dengan saus asam manis yang biasa menggunakan buah nanas tersebut. Jadi, saya bikin filet dan digoreng tepung saja deh.





   Cara masaknya sangat mudah. Tidak perlu tambahan bumbu yang ribet. Takaran tepung yang digunakan tergantung besar- kecilnya ikan. Jadi, bisa dikira-kira sendiri ya.

Bahan: 
  • ikan gurame segar
  • air es secukupnya
  • tepung bumbu instan
  • tepung terigu
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuat: 

  1. Sebelum diolah, cuci bersih ikan. Potong ikan hingga membentuk filet (bisa minta tolong pada tukang sayur jika malas mengiris ikan sendiri). Potong-potong lagi filet ikan menjadi kotak-kotak kecil yang ukurannya tergantung selera. Bubuhi ikan dengan sedikit cuka dan garam. Diamkan selama 15 menit. 
  2. Selanjutnya, siapkan tepung bumbu instan dalam sebuah mangkok besar. Campur dengan sedikit tepung terigu agar rasanya tidak terlalu asin. Perbandingannya: 5 sdm tepung bumbu instan + 1 sdm tepung terigu. 
  3. Aduk rata ikan dalam adonan tepung. Celupkan dalam air es sebentar saja. Gulingkan lagi ikan ke dalam tepung. Lakukan dua sampai tiga kali.
  4. Saat dilumuri tepung, cubit-cubit sedikit adonan tepung yang menempel pada ikan agar terbentuk adonan tepung yang renyah.
  5. Goreng ikan dalam minyak panas. Angkat. Sajikan hangat dengan sambal botolan.


5 comments

  1. Aaah, ngintip postingan ini bikin pengin masak gurame goreng tepung pake siraman saus asam manis deh. :)

    ReplyDelete
  2. Wuaaaaaa jd ngiler.... Ijin save boleh yaaa... Temgkyu dah berbagi

    ReplyDelete
  3. Jangankan anak2 emaknya pun doyan klo disuguhi kya gini hehehe...
    Contek ya mak resepnya :*

    ReplyDelete
  4. aih,maknyus tenannnn.....dicocol pake saos enak hahaha

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^