Thursday, September 15, 2016

Penne Saus Bolognese



Hari Rabu tanggal 14 September kemarin, saya mengisi kegiatan Exta Food di sekolah Dd Irsyad. Saya dan ibu-ibu satu kelompok Extra Food memilih menu spaghetti. Saya berinisiatif untuk mengambil alih tugas memasak mengigat domisili para anggota kelompok lumayan berjauhan. Ditambah sebagian besar anggota kurang aktif di sekolah karena bekerja dan punya kesibukan lain, kayaknya memang harus saya yang memasak. Bisa aja sih, beli jadi biar nggak ribet. Tapi, saya rasa ini bisa menjadi pengalaman baru buat saya. Ceritanya mau menantang diri sendiri, sanggup nggak masak 80 porsi sendirian???
Baca juga: Menyajikan Extra Food di Sekolah Dd Irsyad

  Pikir-pikir, kalau spagheti udah biasa deh. Saya ingat Dd Irsyad suka banget makan fusili di Pizza Hut. Saya mau bikin fusili aja deh. Fusili pakai saus bolognese. Fusili kan masih pasta juga, cuma bentuknya seperti spiral yang seukuran kelilingking. So cute pastinya kan.

   Ternyata, saya tidak menemukan fusili ketika belanja ke hipermarket pada hari Selasa siang. Ada sih, cuma jumlahnya kurang, cuma ada dua bungkus. Sedangkan saya membutuhkan delapan bungkus alias delapan kilo pasta. Banyak ya!

Bahan membuat penne saus balognese


   Alah bisa karena biasa. Berhubung saya belum terbiasa masak banyak, belanjaan saya ternyata kelebihan, hehe. Saya takut banget kekurangan bahab dan harus balik lagi jauh-jauh ke hipermarket. Ongkos ojek ke sana aja udah 50 rb pulang pergi, hiks. Sisa bahan yang berlebih akhirnya saya bawa pulang lagi. 

  Bikin sausnya juga saya salah strategi. Berhubung ngerjainnya sambil sutris ditelpon dari sekolah, jadi weh jumlah sausnya kurang maksimal menurut saya. Seharusnya bisa menghasilkan saus untuk 100 porsi jika saya menambahkan lebih banyak saus tomat.

   Meski kurang maksimal, ternyata anak-anak dan ibu guru suka. Mereka bilang masakan buatan saya enak. Bahkan ada yang sampai nambah lho! Alhamdulillah.


Penne saus bolognese


   Penne saus bolognese merupakan hidangan utama kegiatan Extra Food edisi bulan September 2016 ini. Pelengkapnya ada buah melon super dan susu coklat. Dua yang terakhir dikerjakan oleh ibu koordinaor kelompok kami, Mama Akbar. Meski hanya berdua yang riweuh ketuwelan dari subuh di dapur masing-masing, yaitu Mama Akbar sibuk memotong buah melon jadi irisan kecil dan saya dari subuh sudah merebus penne. Saat praktek, Mama Dika anggota kelompok kami yang sempat lupa ada Extra Food akhirnya datang membantu. Bertiga kami bahu membahu menyajikan extra food buat anak-anak TK dan para ibu guru di sekolah.
   
Melon super yang manis

Susu coklat
   Mau tahu resepnya? Saya pakai cara gampang, ya. Tahu sendiri kan, hidangan pasta dari Itali ini banyak printilan bumbunya. Sedangkan saya cuma punya oregano doang di dapur. Jadi, biar rasanya bisa mirip pasta italiano beneran, saya pakai bumbu instan. Yaitu bumbu saus spagheti bolognese.

  Dengan bumbu spagheti instan, saya nggak perlu ribet lagi mikirin bumbu italiano yang banyak itu. Mau pakai pasta tomat biar lebih maknyus lagi, silakan. Kalau saya sih mundur cantik lihat harga pasta tomat di hipermarket, hehe. Mau bikin pasta tomat sendiri? Boleh. Sila googling caranya. Kalau saya sih, termasuk yang pemalas buat bikin pasta tomat sendiri, hehe. 

PENNE SAUS BOLOGNESE

Bahan:
  • 1 kg penne (bisa diganti dengan spagheti atau fusili)
  • 250 gr daging ayam cincang
  • 1 buah tomat, lumatkan
  • 1 botol saus tomat
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
  • 4 butir bawang putih, cincang kasar
  • 2 sdm margarin untuk menumis
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 1 bungkus bumbu spagheti instan siap pakai
  • 125 gr keju parut
  • sejumput oregano
  • sedikit pala bubuk

Cara membuat:
  1. Rebus pasta penne dalam air mendidih yang sudah diberi garam dan sedikit margarin. Angkat setelah penne matang. Tiriskan. Siram dengan air dingin matang agar pasta tidak saling menempel. Sisihkan.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay dengan margarin sampai harum dan semua bahan layu. 
  3. Masukkan daging ayam. Aduk rata. Masak hingga ayam berubah warna dan menjadi setengah matang.
  4. Masukkan tomat dan bumbu spagheti instan. Tambahkan garam dan merica. Masak hingga semua bahan matang. Koreksi rasanya.
  5. Matikan api. Tata pasta di piring saji. Ambil saus bolognese yang sudah matang (mau lebih juga bisa),  taruh di atas pasta. Beri taburan keju parut di atasnya.
  6. Pasta penne siap disantap. Tambahkan sambal botolan untuk penyuka rasa pedas.
(untuk 6 porsi besar atau 10 porsi kecil)

   Lelah saya terbayar sudah melihat keceriaan anak-anak pada hari itu. Terutama Dd Irsyad, dia tampak senang sekali! Padahal Dd baru saja sembuh dari sakit. Saya tidak memaksanya untuk masuk sekolah. Saya bilang, "Nggak apa-apa kalau Dd masih mau di rumah. Tapi Ibu ke sekolah ya. Ibu kan bikin Extra Food buat temen-temen Dd." 

   Dd mau sekolah meskipun sempat mogok tidak mau bergabung dengan teman-temannya yang sedang berolahraga. Saya membujuknya sebentar sebelum ngebut pulang untuk memasak. Saat makan bersama, Dd bolak-balik melempar senyum ke arah saya, Pada foto ini, kelihatan kan anak siapa yang paling girang melambaikan tangan ^_^


Yummy food, happy faces :)

19 comments:

  1. Alhamdulillah kalau pada suka ya Mbak... itu enak kah Mbak yang Pronas? Aku pernah coba bikin pakai yang udah jadi (lupa mereknya) nggak enak T.T Paling Prego yang enak (yang mahal) hahaha..

    ReplyDelete
  2. Noted, resepnya saya nanti2 nih bu hehe, habis ngiler liat postingan bbrp waktu lalu

    ReplyDelete
  3. Weh masak besar :D Saya biasa kalau pakai yg bolognese instant itu yg pronas. Cuma lebih sering bikin sendiri.

    ReplyDelete
  4. Semoga saya bisa mempraktekannya. Ngiler itu lihatnya

    ReplyDelete
  5. aw..aw..aw... pagi2 ke sini..
    jadi laper mengundang,

    Mau aahh comot sepiring aja..

    ReplyDelete
  6. wah.. dedenya pasti bangga banget mamanya udah bikinin ekstra food yang enak banget :)

    ReplyDelete
  7. heubat bgt mak...bangga bgt deh dd irsyad ya..

    ReplyDelete
  8. Wow manteb deh Mbak, 80 porsi dikerjakan sendiri.

    ReplyDelete
  9. My kids love italian food as well.. Dan bravo mbaaa, mantaaap makanannya

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^