Tumis Kembang Cumi Pedas dari Cumi Beku Asli (Bukan Olahan Ikan)

tumis kembang cumi pedas

Assalamualaikum!

Ketika scroll aplikasi belanja sayur online, saya tertarik membeli cumi flower alias cumi beku berbentuk kembang. Wah, boleh nih dicoba. Kalau bikin kembang cumi sendiri kan harus pakai cumi yang dagingnya tebal (agak susah cari di tukang sayur),

Dulu pernah coba bikin kembang cumi sendiri. Caranya gampang kok. Cumi yang sudah dibersihkan dipotong hingga melebar. Bagian dalam dikerat (jangan sampai putus) dengan pisau. Bikin motif kotak-kotak gitu. Terus kalau sudah selesai dipotong lagi sesuai selera.

tumis kembang cumi pedas
Iris bentuk kotak jadi kembang

Sebelum diolah, kembang cumi direbus dulu sebentar untuk menghilangkan amisnya. Juga supaya bentuk kembangnya merekah. Cara merebusnya juga nggak sembarangan lho, yaitu:
  1. Cuci bersih kembang cumi dengan air dalam baskom. Ganti airnya dua atau tiga kali, tiriskan.
  2. Didihkan air, lalu masukkan kembang cumi. Jangan rebus cumi di air yang belum mendidih, nanti jadi menyusut banyak dan alot.
  3. Lama merebus kembang cumi maksimal 3 menit saja. Jangan lupa sambil diaduk-aduk biar jadi mekar.
  4. Setelah mekar semua, angkat dan tiriskan. Kembang cumi siap diolah jadi masakan apa saja atau disimpan sebagai stok frozen food.
Ternyata oh ternyata... kepopuleran kembang cumi ini menginspirasi untuk dibuat olahan makanan beku dari bahan ikan. Jadi adonan ikan diberi perisa cumi dan bahan lainnya, dibentuk menyerupai kembang cumi. Jadi deh frozen food squid flower. Rasanya yaa... rasa cumi lah. Kan pakai perisa cumi.

Balik lagi ke belanjaan kembang cumi yang saya beli. Setelah googling sana-sini, kembang cumi yang saya beli itu asli alias bukan olahan ikan... fiuhh lega.

Bedanya adalah dari harga. Kalau kembang cumi dari daging cumi asli, berat 500 gr dijual mulai 45 ribu sampai 50 ribu an (mungkin ada yang lebih atau kurang dikit dari kisaran itu). 

Sedangkan kembang cumi dari olahan ikan dengan berat 500 gr dijual dengan harga sekitar 25 ribu sampai 30 ribuan. Jadi, jangan seneng dulu kalau browsing kembang cumi terus nemu yang murah... yaa itu bukan cumi beneran hihihi.

Bahan utama yang dipakai untuk kembang cumi olahan yang saya temukan adalah dari ikan surimi. Hmm seperti apa penampakan ikan surimi saya kurang paham, saya tahunya sarimi mie instan. Bahan pendukung lainnya tentu saja ada tepung tapioka, bumbu garam, penyedap rasa, dan yang tidak kalah penting: perisa sintetik cumi.

Kembang cumi yang sudah siap pakai ini bisa dibuat jadi masakan apa saja? Bisa masakan yang direbus seperti Tomyam. Ditumis jadi Cumi Saus Tiram. Dibakar jadi Cumi Barbeque Saus Gochujang, atau melokal jadi Sate Cumi. Jadi toping atau campuran Nasi Goreng, Mie Goreng, atau Capcay pasti nggak kalah enak.

Nah itu dia kilasan info kembang cumi asli vs palsu yang saya temukan dalam waktu singkat demi membuat postingan ini. Jika ada yang kurang atau punya info tambahan seputar kembang cumi frozen, boleh share di kolom komentar ya!

Selanjutnya kita ngapain? Ya masak lah! 

Dalam resep saya menggunakan kembang cumi beku alias squid flower yang frozen. Jika ingin diganti dengan cumi segar, cara memotong untuk membuat bentuk kembang sudah saya jelaskan sebelumnya ya.

tumis kembang cumi pedas
Tumis Kembang Cumi Pedas

Tumis Kembang Cumi Pedas 

Bahan:
  • 500 gr (sebungkus) kembang cumi frozen siap pakai
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 150 ml air secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya
 Bumbu halus:
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 2 buah cabe merah besar
  • 2 buah cabe merah keriting
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus bersama daun jeruk dan daun salam sampai matang dan harum. 
  2. Masukkan kembang cumi, aduk rata. Tambahkan air, masak sebentar.
  3. Koreksi rasanya, sajikan hangat.
Mohon maaf saya tidak sempat memotret proses memasak tumis kembang cumi pedas dari cumi beku asli ini. Maklum bikinnya super cepat, gampang banget, dan tahu-tahu udah mateng aja....

Gimana? Tertarik untuk memasak kembang cumi juga? 

Kabari saya kalau sudah matang ya ^_^


tumis kembang cumi pedas


tumis kembang cumi pedas


tumis kembang cumi pedas

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^