Olahan Daging Kambing Favorit di Hari Raya Idul Adha

idul adha

Assalamualaikum!


Alhamdulillah sudah mendekati Hari Raya Idul Adha. Berkumpul bersama keluarga tercinta sambil menikmati sajian khas Idul Adha. Apa lagi kalau bukan hidangan dari daging kambing dan atau daging sapi.


Selepas shalat Idul Adha di pagi hari, umat muslim bersama-sama menyembelih hewan kurban dan kemudian membagikan kepada kaum dhuafa dan warga yang tidak mampu. Khusus untuk warga yang berkurban akan mendapat jatah daging dari hewan yang disembelih. Karena melimpahnya daging kurban, warga komplek atau warga di sekitar mesjid yang tidak ikut berkurban biasanya ikut kebagian jatah daging. 



idul adha
Kambing untuk kurban


idul adha
Sapi untuk kurban

Buat yang nggak kebagian gimana? Berarti jumlah hewan kurban hanya cukup bagi warga yang berhak mendapatkannya. Kita tidak boleh mengharapkan dapat daging gratisan padahal tidak berkurban. Yang berkurban aja harus ikhlas, nggak dapat jatah daging juga nggak apa-apa. Kan niatnya sedekah untuk ibadah.

Saya pernah lho, ngarepin banget dapat jatah daging kurban. Waktu itu pas jadi penganten baru. Pertama kali kami berkurban hewan kambing di Semarang. Wah, asyik juga bisa makan sate kambing berdua sama suami. Bahan untuk sate dan bakarannya sudah siap. Suami udah wanti-wanti supaya saya jangan terlalu ngarep. Tapi saya cuek dan keukeuh nunggu jatah daging dari hewan kurban kami datang.



idul adha
Dibikin sate memang paling maknyus!

Ditunggu sampai siang, tidak ada panitia kurban yang lewat mengantarkan daging. Keburu lapar dan dipikir memang dagingnya ngepas hingga tidak dibagikan ke warga, kami pun pergi ke luar untuk makan.

Jelang sore, bau bakaran sate menguar. Saya bingung. Kok ada tetangga yang bakar sate? Bukannya daging nggak dibagiin? Belakangan, saya baru tahu dari tetangga dekat kalau sebenarnya daging kurban dibagikan. Salah satu panitia yang tidak jauh dari rumah saya tidak membagi beberapa bungkus daging kambing ke tetangganya (termasuk saya). Semua jatah daging dibawa pulang sendiri, untuk berpesta bakar sate bersama anak cucunya. Saya sih nggak marah. Cuma heran, kok ada orang seperti itu. Memakan sesuatu yang bukan haknya. Apa nggak berkah nantinya? 


idul adha
Dibakar nih sama naga :D

Sudah segitu dulu intermezo cerita tentang pembagian jatah daging kurban. Jadi kalau kebagian ya alhamdulillah. Kalau nggak kebagian apalagi pas nggak berkurban juga, ya jangan baper apalagi ngotot minta jatah. Astaghfirullah...

Kali ini saya bahas olahan daging kambing dulu, ya. Kalau kebagian daging sapi, boleh cek aneka olahan daging sapi yang bisa jadi inspirasi di link ini.



idul adha
Yang ini daging sapi

Saya suka daging kambing. Suami saya suka, anak-anak juga. Klop lah! Bahkan kami masih rutin makan daging kambing minimal sebulan sekali. Seringnya sih beli makanan mateng, tapi pernah juga sesekali saya masak daging kambing selain waktu Idul Adha. 


Selain Idul Adha kan susah dapetin daging kambing, Mak. Beli daging kambingnya di mana? Untuk yang tinggal di Bogor, setahu saya di samping Lapangan Empang ada penjual daging kambing. Nggak tahu kalau di wilayah lain. Sedangkan saya sendiri bisa pesen daging kambing ke warung sayur dekat rumah. Asyik kan!



idul adha
Kambing naik motor :D

Nah, jika sudah yakin bakal dapat jatah daging... boleh nih dipikirin mau dimasak jadi apa nanti. Biar bisa menyiapkan bahannya dari sekarang. Misalnya mau bikin sate. Bisa beli alat bakarannya kalau belum punya, dan arangnya sekalian. Beli dadakan suka jadi mahal harganya, haha! Atau malah apes, kehabisan arang di warung terdekat dan kudu mendadak dangdut nyari arang. Kan capek...

Etapi nggak apa-apa mendadak juga seru, lho. Seperti balik dari shalat Ied. Saat bapak-bapak bergegas ke mesjid untuk jadi panitia kurban dan anak-anak ikutan nonton proses penyembelihan, para ibu menyerbu warung sayur untuk belanja bahan pelengkap olahan daging kurban. Rame banget!


Jelang adzan dhuhur, di komplek saya biasanya sudah selesai proses pemotongan hewan kurban. Tinggal panitia langsung mendistribusikan daging ke warga komplek. Tentu saja, jatah daging yang utama untuk warga yang tidak mampu sudah didahulukan.


Karena suami saya yang selalu jadi panitia kurban diberi jatah makan siang di mesjid, saya masak makan siang seadanya. Olahan daging kambing yang disate biasanya buat ngemil sore, sisanya dimasak buat makan malam.


Gimana cara mengolah daging kambing biar nggak bau prengus? Kalo baunya masih kambing banget, kayaknya rada-rada gimanaa gitu pas dimakan. Jadi, perhatikan betul cara mengolahnya ya. Biar rasanya enak dan makannya jadi lahap. 



Tips untuk mengolah daging kambing bisa dibaca di tulisan berikut:Cara Ampuh Menghilangkan Aroma Khas Daging Kambing

Saat dibagikan, biasanya panitia mendai jenis daging dengan warna kresek. Maaf ya, di sini belum ramah lingkungan jadi masih pakai kresek untuk daging kurban. Beda warna untuk daging kambing dan daging sapi. Kalau keder takut ketuker, coba aja cium aroma dagingnya. Yang baunya mak sreeengg itu pasti daging kambing.

Namanya daging jatah pembagian, isinya beragam. Ada bagian daging, bagian jeroan, dan bagian tulang. Spesial buat yang berkurban, dapat jatah daging lebih banyak (dan kalau di sini diantar lebih dulu oleh panitia). 


Berikut adalah olahan daging kambing yang cocok dari bagian daging kurban yang diterima:



1) Bagian Daging

Bagian daging pastinya yang paling enak dan paling banyak juga diterima. Cocok diolah menjadi:


Sate Kambing Bumbu Kecap. Ini idola pisan. Bumbunya juga nggak ribet. Cukup sediakan margarin, kecap manis, dan cabai rawit tomat sebagai pelengkapnya. Yang ribet cuma ngebakar satenya aja, karena saya emang ngga ahli urusan ngebakar sate di atas arang (maunya makan doang, hihihi).

Klik tulisan berwarna di atas untuk melihat resep Sate Kambing Bumbu Kecap. 

idul adha
Tee sate! Sate kambingnya pak, bu...


Sate Maranggi Cibungur
 pada resep ini sebenarnya untuk daging sapi. Tapi gampang aja tinggal diganti dengan daging kambing. Dijamin rasanya sama nikmat! Daya tarik sate maranggi adalah pelengkapnya yaitu sambal tomat cabe yang melimpah. Tidak ketinggalan kecap manis dengan rasa pedas ikut andil membuat sate maranggi lekas ludes!

Klik tulisan berwarna di atas untuk melihat resep Sate Maranggi Cibungur.

idul adha
Sate Maranggi daging sapi


Tongseng Kambing
 jadi favorit selanjutnya. Hidangan dengan sedikit kuah ini rasanya menyegarkan karena ada campuran sayur kol plus tomat, dan cabe yang pedas! Dimakan panas-panas oh sungguh nikmat... 

Klik tulisan berwarna di atas untuk melihat resep Tongseng Kambing.

idul adha
Tongseng yang dimasaknya cukup dioseng-oseng


2) Bagian Jeroan

Bagi yang kurang suka jeroan, boleh diskip aja. Malah kalau lagi malas, jatah jeroan saya hibahkan buat orang lain. Saya cukup ambil dagingnya aja, hehe. Etapi kalau kebetulan dapat jeroan agak banyak, sepertinya seru juga buat diolah jadi hidangan yang menggugah selera. Buat yang lain, jeroan bisa dicampur untuk sate. Hmm, kami kurang doyan sate pakai jeroan. Jeroannya saya olah jadi ini aja...


Gulai Kambing pas banget buat ngabisin jeroan yang ada. Rasa neq dari jeroan bisa pudar karena kuah gulai yang sarat bumbu dan segar dengan sedikit rasa pedas. Makan gulai dengan kuah hangat, dijamin bakal ngabisin banyak nasi.

Klik tulisan berwarna di atas untuk melihat resep Gulai Kambing.

idul adha
Gulai kambing hmm nikmat!

3) Bagian Tulang

Dalam setiap bungkusan daging kurban, pasti ada beberapa bagian tulang di dalamnya. Tentu saja masih ada daging yang menempel pada tulang tersebut. Biasanya, saya mengumpulkan semua bagian tulang. Ditambah campuran beberapa potong daging, langsung deh saya eksekusi jadi sop. Kadang saya campurkan jadi masakan gulai. 


Sop Iga Kambing jadi pilihan saat dapat tulang dengan daging menempel yang cukup banyak. Dimasak sampai empuk dan kuah bening tanpa santan. Rasa sop ini begitu menggugah selera. Plus wortel sebagai sayuran, cocok untuk disantap anak-anak.

Klik tulisan berwarna di atas untuk melihat resep Sop Iga Kambing.


idul adha
Sop Iga Kambing

4) Bagian Lemak

Lemak tidak bisa dipisahkan dari daging. Bagian lemak berupa potongan besar bisa dicampur untuk dijadikan sate. Caranya dengan disisipkan di antara tusukan daging. Gunakan sedikit lemak juga pada bara api agar sate menjadi harum saat dibakar.  

Pada Idul Adha yang lalu, saya kebagian lemak yang tipis dari bawah kulit. Kebetulan suami selalu membantu panitia pemotongan hewan kurban di mesjid. Jadi boleh request bawa pulang bagian apa, alhamdulillah.

idul adha
Lemak kambing

Nah, bagian lemak berbentuk tipis lebar ini bisa dikeringkan dan disimpan untuk beberapa hari. Saya gunakan seperlunya untuk campuran Nasi Goreng Kambing. Sedangkan campuran dagingnya kadang saya pakai dari sisa sop atau gulai.

Klik tulisan berwarna di atas untuk melihat resep Nasi Goreng Kambing.

idul adha
Nasi goreng kambing

Okede... sekian dulu resep favorit olahan kambing versi Dapur Ngebut. Kalau kamu punya resep favorit lainnya, kasih tau dong! Biar kita bisa masak bareng ^_^

Selamat merayakan Idul Adha ^_^


39 comments

  1. Ulalaa, kalo mau masak2 buat daging qurban, tinggal cuss mampir ke blog ini aja yak.
    Super duper lengkaaappp
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Duh udah hampir Idul Adah ya...jadi miki ntar masak apa hehehe...sate mah wajib ya...mau sate apa..baru deh bingung...

    ReplyDelete
  3. Wah, rupa-rupa ya masakan daging kambing,. tapi sayang aku gak bisa makannya, karena lsg sesak nafas. Aku sendiri gak tahu, aku ini sebenarnya kena asma atau gak.

    Gak pernah periksa juga sih, hihih. Gara-gara itu, aku jadi trauma makan daging kambing sampe skrg. Walau banyak yang bilang enak bingits itu daging kambing, hehehe..

    Selemat menyambut Iduladha, mbak Inna.

    ReplyDelete
  4. Aku seringnya dimasak gule, sate atau kalo ada sisa baru deh dibuat bistik..

    ReplyDelete
  5. Kalau di tempat saya,kebanyakan justru yg berqurban tidak mendapatkan jatah. Dari panitia memang ada bagian. Tapi kebanyakan yg berqurban memilih tidak mengambil sedikit pun. Jadi itu semua blas buat selain yg qurban.

    Ada cerita iseng sejenis kepercayaan gitu lah katanya kalau yg qurban ambil dagingnya sekilo, nanti di akhirat hewan yg jadi tunggangannya itu dagingnya tidak lengkap. Tidak sempurna karena diambil sekilo. Begitu juga misal yg qurban ambil paha bagian kiri maka katanya di akhirat hewan yg jadi kendaraan nya itu pincang karena tidak ada paha sebelah kiri. Hahaha... Wallahu alam...

    Mungkin pelajaran nya lebih baik yg qurban ikhlaskan saja semuanya. Saya lupa hadist dan keterangan lengkapnya

    ReplyDelete
  6. Aku palinh suka dibikin tongseng. Plang plung plang plung mateng deh. Biar hemat potonginnya kecil kecil aja haha

    ReplyDelete
  7. Kalau saya daging kambing paling dibikin tongseng atau gulai. Gak pernah bikin sate karena males nusuk-nusuknya hehehe.

    ReplyDelete
  8. Auto lapar aku liatnya... iya ngilangin bau kambing yang agak bikin pusing itu susah, mending langsung tongseng aja dibumbuin yang banyak dan ga pake santen

    ReplyDelete
  9. Aku dulu suka sop kambing tapi bertahun2 ga makan Pas mau makanjadi kurang suka hehe .tapi suaminya suka, so emang tetep harus caritau rcaa mengolah dating kambing

    ReplyDelete
  10. Kalau aku mak suka bikin daging garo sate, sate kambing sama gulai kambing yang khas Arab gitu mak. Tapi, sekarang lebih suka bikin daging garo sate aja sih :D ringkes walah banyak bumbu hihihi

    ReplyDelete
  11. Aku masak daging biasanya serahun sekali, wakakaka.
    Yah, pas Idul Adha. itu juga karena alhamdullillah dapat jatah kurban.

    Biasanya aku masak rendang dengan bantuan video YouTUbe KoKiKu TV bersama si ganteng Chef Ray, hihihi.

    Alhamdullillah, masakanku enak kata anak dan suami, uhuk!
    Cuma ini berbahaya.
    Kenapa?
    Mereka makannya jadi nambah-nambah, giccu lho.

    ReplyDelete
  12. Asiik... Dah dapat referensi mau masak apa besok. Beneran deh pas lagi gak ada ide. Jadi postingan ini saaaangat bermanfaat.
    --bundadzakiyyah(dot)com--

    ReplyDelete
  13. astaghfirullaah. ini kok ya tepat banget semua resepnya!

    saya juga rencana pengen bikin sate Maranggi tapi ga tau caranya, eh di sini juga ada... siap jadi tongseng, gule, sop kambing, sate hahhahaha.. jangan lupa sedia jeniper, timun dijus kalo perlu dan tomat bawang yang buanyaaak

    bye bye kolesterol

    ReplyDelete
  14. Idul Adha datang, saatnya makan daging kambing meski sekarang kalau daging qurban di dekat rumahku biasanya daging sapi. Ide olahan dagingnya nanti bisa diterapkan salah satu.

    ReplyDelete
  15. tipsnya lengkap banget nih..
    bisa jadi panduan mengolah daging...kadang kan bingung dimasaka apa ya :)

    ReplyDelete
  16. Aku pingin banget bikin sate kambing. Aaah, tiba2 jadi ngeces aja nih ngebayangin nikmatnya sate kambing pake bumbu kacang

    ReplyDelete
  17. Keluarga kami paling suka mengolah daging kambing jadi tongseng dan sate. Kalau daging sapi paling sering selain di sate, dibuat jadi rendang atau gepuk

    ReplyDelete
  18. Sate favorite aku mba,, Sana sip kambing deh pasti buat ini klo lebaran haju,, tapi buatan mamah mertua �� aku Blum nyoba masak nih

    ReplyDelete
  19. Keliatannya enak dan menamenarik tapi sayangmya aku gak suka daging kambing

    ReplyDelete
  20. Pernah juga sih sewaktu muda ngarep-ngarep daging jatah datang, eh ternyata nggak kebagian. Haha. Sedih banget.

    ReplyDelete
  21. Kalau dirumahku biasanya nyate dan dibuat gulai atau tongseng, tapi besok kayaknya mau nyate doang sih biar praktis.

    ReplyDelete
  22. Favoritooo...sop iga.
    Aku gak begitu suka ngisep-ngisep bagian kakinya siih...tapi suka diambilin sama suami.
    Yuumm~
    Genyul-genyul endeuuss~

    ReplyDelete
  23. Wah, lengkap sekali nih, resepmya, Mbak. kebetulan pas komen ini, saya lagi nunggu jatah daging dari musala. dan biasanya kambing ada hahaha.

    Hanya saya heran saja tuh, Mbak. Di mana-mana kalau yang berqurban, ada jatah dagingnya. Dan itu selalu disimpankan dulu, dan diantar langsung. Kok tega memakan bukan haknya hehehe.

    ReplyDelete
  24. Masakannya selalu menggoda yah,mbak. Aku tuh biasanya kalo lebaran gini olahan dagingnya bervariasi gitu, kadang rendang, kadang sambal. Sop sih juga suka tapi kalo iga kadang ngolahnya rada malasvhehehe. Btw, Itu nasi goreng kambing nya kok tampilannya aja uda menggoda ih, aku mau coba buat deh nanti di rumah.

    ReplyDelete
  25. Aku belum berani masak daging kambing sendiri, walaupun gak bau dagingnya. Mending beli jadi langsung makan aja hehe.

    ReplyDelete
  26. Pas banget momen nya lebaran qurban daku BW ke sini. Cuma yang bagian lemak belum pernah daku olah, Hmm boleh lah kapan-kapan dicoba

    ReplyDelete
  27. Lengkap sekali maakk, sy biasanya bikin gulai dan tongseng. Belum pernah bikin sate, bisanya makan hihihi

    ReplyDelete
  28. Jujur mak aku tipe yang gak bisa ngolah daging.. heheh masak tetep.yang simplew kayak sop dll. Pas baca ini jd semangat berkreasi sama daging.. tapi gak tau nih ptakteknya hehe

    ReplyDelete
  29. Kalau saya sendiri masakan favorit kalau Idul Adha sebenarnya adalah Sate Kambing
    Apalagi kalau ada gulainya
    Hmm... bikin kenyang deh hehe

    ReplyDelete
  30. Wah lengkap banget nih, kalo di Palembang ada menu Pindang Tulang, rasanya segar dan pedas..

    ReplyDelete
  31. Aku jg suka kambing mbak, tp belum pernah mengolah daging kambing, makasih mbak.. disini lengkap olahan dan resepnya :)

    ReplyDelete
  32. Boleh nih dicoba, dari kepla samapai sluruh bagian bisa diolah untuk enak ya..

    ReplyDelete
  33. Pass butuh inspirasi masakan dengan bahan daging kambing. Biasanya cuma bikin sate sm sop. Satenya pun manggangnya di kompor. 😂

    ReplyDelete
  34. Kalau mengolah sendiri, saya lebih suka dibuat tongseng atau nasi goreng. Bikin gulai juga suka. Pokoknya jangan bikin sate. Malas nusuknya hehehe

    ReplyDelete
  35. Banyak menu ya dari olahan daging kambing. Kalau saya krn suka daging sapi jd olahannya sop daging, sate sapi, rendang, steak, dendeng. Seminggu baru habis tuh daging qurban qiqiqi

    ReplyDelete
  36. Pernah dapat daging kambing dan kuolah jadi tongseng, campuran nasgor dan sop. Belum pernah nyate. Ribet hahahaha mending beli.

    ReplyDelete
  37. Wuaaaa itu tongseng bikin ngiler banget
    Aku dan suami pecinta tongseng kambing deh
    Dimakan anget-anget, gak terasa habis dua piring haha

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^