Sate Maranggi Cibungur

resep sate maranggi cibungur

Assalamualaikum!

Halo hai! Saya datang lagi dalam rangka mau share resep yang gampang dan enak. Kali ini saya mau ajak Buibu dan manteman pejuang dapur untuk bikin Sate Marangi Purwakarta atau Sate Maranggi Cibungur.

Cerita sedikit, ya. Sekitar bulan Oktober 2018 yang lalu, saya sekeluarga mengantar anak tengah Kk Rasyad ikut ujian masuk pesantren di Subang. Pulangnya kami singgah ke Cibungur Purwakarta buat makan sate maranggi. Sekalian ajak tetangga yang anaknya juga teman sekelas Kk Rasyad, yaitu Arie, ikut makan di sana.

Dua mobil jalan beriringan dari Subang menuju Cibungur. Keluarga saya dan keluarga Arie pun menikmati makan siang sate maranggi bersama pengunjung lain yang jumlahnya mungkin ratusan orang (saking ramenya). Yap, inilah tempat makan sate maranggi yang terkenal hits yaitu RM Sate maranggi Hajah Yeti.


resep sate maranggi cibungur
Makan bareng di Sate Maranggi Hajah Yeti

Tiga puluh tahun yang lalu, tempat ini belum ada. Masih berupa gubuk sederhana yang menjual es kelapa muda di tengah kebun karet. Lambat laun jualannya merambah ke sate maranggi dan laris manis. Sampai sekarang, area kebun karet di sekitar gubuk disulap jadi area tempat makan yang luas banget. Pengunjung pun selalu ramai membludak sampai sekarang. 

resep sate maranggi cibungur
Sate maranggi Cibungur

Sebenarnya, kalau ditanya sate maranggi, saya pribadi lebih suka makan sate maranggi yang ada di sebelah penjara Purwakrta. Yaitu Sate Maranggi Maskar Ajib. 

resep sate maranggi cibungur
Sate Maranggi kesukaan saya

Baca juga: Menikmati Sate Maranggi dan Es Kelapa Muda Bersama Kenangan Masa Lalu

Apa sih sate maranggi? Kenapa begitu istimewa bahkan sampe segitunya laku banget di tempat makan Sate Maranggi Hajah Yeti? Ya karena sate maranggi itu enak! Selain sate maranggi Purwakarta atau Cibungur, ada juga sate maranggi Cipanas. nah kalau yang terakhir itu saya belum pernah nyoba. Jadi nggak bisa komen dulu.

Pengen sate maranggi? Kangen makan sate maranggi tapi sedih karena lokasinya jauh? Ada kok penjual sate maranggi di kota-kota tertentu. Perasaan pernah lihat di Bogor ada yang jual sate maranggi. Tapi nggak sempat dicoba karena malas aja. Mending aslinya, hehe. Nggak tahu kalo kebelet kangen, barangkali nanti saya cobain.

Sate maranggi biasanya dibuat dari daging kambing atau sapi. Sebelum dibakar, daging dibumbui atau dimarinasi terlebih dahulu. Rasanya sudah enak.Tanpa saus pendamping sebenernya juga udah cukup. Tapi nggak klop kalau nggak ada temennya. Pendamping sate maranggi adalah irisan tomat dan cabe rawit, dan atau pakai bumbu kecap yang sudah dibumbui jadi agak pedas.

Kita cobain bikin sate maranggi cibungur yuk! Resep sate maranggi saya modifikasi dari website tastemade.com. Mungkin nggak bisa semirip sate maranggi asli. Tapi lumayan deh buat mengobati kangen. Pada resep aseli menggunakan lemak sapi. Saya tidak pakai karena suami dan anak-anak kurang suka.

Resep Sate Maranggi Cibungur

resep sate maranggi cibungur


Bahan sate maranggi:
  • 500 gram daging sapi (atau kambing juga bisa), potong kotak
  • 2 lembar daun pepaya
  • kecap manis untuk mengoles saat membakar sate
  • minyak goreng untuk menumis


resep sate maranggi cibungur
Daging sapi siap diolah
Bumbu Halus:
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm ruas jahe
  • 3 cm lengkuas
  • 1 sdt ketumbar, sangrai
  • merica secukupnya
  • garam secukupnya
  • 1 sdm gula merah sisir
  • 2 sdm air asam jawa
Sambal Sate:
  • 1 buah tomat merah, iris panjang tipis
  • 5 buah cabai rawit (bisa ditambahkan), iris tipis
  • 1 sdm cuka
  • sejumput garam
  • kecap manis disajikan terpisah, campur sesuai selera
resep sate maranggi cibungur
Bahan sate maranggi
Cara membuat sate maranggi:
  1. Bungkus daging dengan daun pepaya selama 30 menit supaya empuk.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum dan matang. 
  3. Biarkan tumisan sampai dingin. Balurkan daging dengan bumbu tumis. Aduk rata. 
    sate maranggi
    Sate sedang dimarinasi
  4. Tusuk daging menggunakan tusuk sate.
    sate maranggi
    Sate yang sudah dibumbui
  5. Bakar sate di panggangan. Saya menggunakan teflon. Jadi membakarnya dua kali. Setelah matang di teflon. Bakar lagi di atas api kompor dengan nyala kecil untuk mendapatkan efek gosong. 
    sate maranggi
    Sate dibakar lagi di atas api kompor
  6. Saat membakar sate (di atas teflon dan panggangan), olesi sate sesekali dengan kecap manis. 
    resep sate maranggi cibungur
    Memanggang sate di atas teflon
  7. Membuat sambal sate maranggi: campur tomat, cabe rawit, cuka, dan sedikit garam. Aduk rata. Sajikan bersama kecap manis. Saat menyantap sate, sambal bisa dicampur dengan kecap manis atau dicocol begitu saja tanpa kecap.

resep sate maranggi cibungur
Sate maranggi sudah matang!

resep sate maranggi cibungur
Sambal tomat cabe yang seger


resep sate maranggi cibungur
Sambal tomat cabe bisa dicampur dengan kecap

Sate maranggi udah mateng. Kebetulan saya masak tumis cuciwis juga. Cocok nih buat teman makan siang pas lagi wiken di rumah. Selamat mencoba resep sate maranggi cibungur dan selamat menikmati ya!

resep sate maranggi cibungur


44 comments

  1. Duh, enak banget ini, satenya dimakan gitu aja sudah enak ya karena udah dibumbui, meresap bumbunya. Bisa nambah2 nasi putih nih kalo menunya gini, apalagi ada tumis sayurnya. Nikmat!
    Kalo nggak pake daun pepaya gimana ya? susah dapetin daun pepaya di sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mak ga pake daun pepaya. gantinya pakai bubuk pengempuk daging, tp jangan lama2 ntar keempukan :D
      kalo ga ada bahan pengempuk, pakai daging has dalam aja yg langsung bisa diolah krna udah empuk

      Delete
  2. Salfok dulu sama cabenya ahahaha, saya takut karena nggak doyan pedes ahahaha. Tapi lihat satenya langsung ngiler karena ini pasti enak dan gurih gitu ya mbak, save ahhh kali aja kapan2 bisa eksekusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anaku biar ga tll pedes, itu sambelnya dicampur kecap. enak deh :)

      Delete
  3. wah mbak kelihatan enak banget ya satenya, jadi pengen nyoba. Tapi gak pengen nyoba masaknya seh mbak, aku pengen nyoba beli aja di RM Sate maranggi Hajah Yeti nya, hehehehe. Mudah-mudahan ada rejeki bisa datang ke sana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ke sana, yang sabar yaa karna antriannya panjang :D

      Delete
  4. Ternyata gampang banget ya sate Maranggi.. kebetulan punya stok daging di kelas, kayaknya boleh ni dieksekusi weekend ini. kalau diungkep baru ditusuk gitu gimana ya mbak biar cepet mateng.. saya lemah banget soalnya kalo udah masalah panggang memanggang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. stok daging di kelas atau di kulkas, mba? hihi
      kalo udah diungkep trus ditusuk agak susah krna bisa lepas krna udah lunak daginnya. pakai daging has dalam aja, abis ditusukin mentah2 bisa langsung panggang

      Delete
  5. Jadi dibungkus pakai daun pepaya bikin daging empuk ya. Nanti kapan-kapan dicoba deh. Kayanya enak juga. Biasanya bikin sate tusuk doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dibungkus daun pepaya biar gampang empuk.
      selamat mencoba yaa

      Delete
  6. Maak rajin banget bikin sate. Aku mah males bakar2nya itu loh, pegel �� Sate Maranggi emang enak, pernah nyoba yang di Cipanas

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah belum nyobain yg di cipanas mak. pasti sama enaknyaa

      Delete
  7. aku baru nyobain sate maranggi sekali, suka sih, dagingnya empuk dan berasa bumbu-bumbunya. meski menurutku terlalu manis? apa karena restorannya yang bikin manis ya?

    ReplyDelete
  8. Waaah... bisa bikin sendiri ini. Gak perlu ke restorannya. Makasih resepnya Mak.

    ReplyDelete
  9. Aduh cibungur terfavorit aku nih. Bikin sendiri juga udah pernah bun hehe. Cobain yang maranggi abah use udah belum bun di purwakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sepertinya belum coba sate maranggi abah use. sebelah mana mba?

      dulu sate maranggi kenangan masa kecil ya yg di samping penjara purwakarta itu sama yg di pertigaan mau ke plered :D

      Delete
  10. Wah, tips supaya bikin daging empuknya bs dicoba nih mba. Biasanya sy pakai nanas, tp pernah mungkin krn kelamaan merendam ya.. Dagingnya malah rontok pas dipanggang. Haha. Klo pake daun pepaya itu Dagingnya ikutan pahit gak sih mba? Kan daun pepaya pahit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kapok pake nanas, mba... pernah coba buat daging kambing eh malah rontok. iya bener, kelamaan ngerendemnya hehe

      kalo pake daun pepaya ga pahit kok. aku sering pake buat bakar sate kambing. abis dibungkus, ditusuk, langsung bakar. enak :)

      Delete
  11. wohooo bumbu sambalnya gitu ajah? gak pakai diulek? praktis sih bikinnya. namun bagi saya yg kurang suka pedas, malah makin 'serem' mau makan karena terlihat jelas bentuk irisan cabainya., hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, cuma diiris doang :D
      kalo ga mau pedes, bisa ganti cabe merah besar mba

      Delete
  12. Mbak aku juga pernah bikin sendiri, tapi dagingnya aku bumbui dulu baru bungkus daun papaya. Lebih baik bumbui dulu baru diempukkan atau sebaliknya ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo aku biasa daging mentah dibungkus daun pepaya, diemin, trus kasi bumbu, diemin lagi mba :)

      Delete
  13. Mbaaaak, kebetulan banget aku abis makan sate maranggi di Bogor minggu lalu. Eh ini ada yang share resep sate maranggi, duhhh jadi bisa bikin sendiri dong, makasiiih ya udah share resepnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiii aku malah belum pernah makan sate maranggi di bogor, suka suudzon duluan wkwkwk.
      masama, selamat mencoba yaa

      Delete
  14. Sate maranggi
    asli Purwakarta
    lezat dan nikmat
    selera kita-kita...

    eh bener gitu gak ya lagunya?

    Berarti ga pakai dicocol bumbu kacang, ya. Belum pernah makan sate maranggi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga lagunya wkwwk
      iya, ga pake bumbu kacang. cobain atuh :D

      Delete
  15. Nyenengin banget liat dagingnya yang gede2 gitu. Jadi penasaran sama rasanya. Ini aku nelen ludah terus dong ��
    Belom pernah nyobain sate maranggi soalnya

    ReplyDelete
  16. Memang terkenal banget nih sate maranggi Cibungur milik Hj Yetti ya. walaupun antri tapi pengnjung gak kapok2 ya balik ke sini apalagi deket dari Cikampek ya :)

    ReplyDelete
  17. Mantap jiwaaa...
    Aku kalo pas ikut Abi kunjungan ke proyek lalu lewat Purwakarta, gak lupa singgah di tempat makan Sate Maranggi.

    Aku lupa apa namanya, tapi yang pasti gede banget tempatnya dan ramaaiiii sekali.
    Sebelahan sama tempat cuci mobil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya tempat ini juga. skr area di sekitarnya udah dibeli lahannya untuk memperluar tempat makan

      Delete
  18. Jadi inget jaman kecil suka diajak papaku untuk makan ke Sate Maranggi setiap bulan. Ini semacam keharusan untuk makan kesana, padahal dulu tempatnya gak kayak sekarang ya. Tapi tetap selalu menjadi pilihan papaku sekalian bawa anak dan istrinya jalan2

    ReplyDelete
  19. Duuuh mak Inna ini memang top banget. Satenya terlihat sedaaap. Kalau yang di Purwakarta sudah pernah tapi lama banget dulu waktu suami ngerjain tol Sadang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh udah lama banget ya mak. iya rempat ini emang awet dr dulu. kalo pas dulu banget waktu aku masih kecil mah baru jualan es kelapa doang :)

      Delete
  20. Mba, itu proses marinasinya berapa lama agar rasa bumbunya terserap sempurna?
    Jadi pengin nyobain nih, gampang ya bahan2nya. Pake has dalam bisa beli di toko daging deket sini. Tapi mungkin bakalan lebih sip klo bakarnya beneran pake arang yaaa...hihiii ribet banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. marinasi setengah jam udah cukup mak.
      iyah pake arang lebih sipp tapi puyeng prosesnyah :D

      Delete
  21. Jadi laper banget rasanya nih mau makan Sate Maranggi. Saya belum pernah coba tapi kalau lihat fotonya jadi makin menarik...

    ReplyDelete
  22. Cleguukkk cleguukkkk bayangin aja udah kebayang enaaaakknyaa. Kalau yg suka, pasti bakalan bilang enak. Besok icip ah yg di sini.

    ReplyDelete
  23. wah ini panggang pake telfon ya mba?jadi mau coba nih gampil pisan lagi ni resepnya

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^