Thursday, September 21, 2017

Kepiting Lada Hitam



Assalamualaikum! Hai, lama nggak muncul bukan berarti saya nggak masak lho. Kebetulan lagi seneng mager aja, hehe. Tempo hari sibuk ngabisin stok daging kambing dan daging sapi dari perayaan Idul Adha. Alhamdulillah kenyang. Beberapa belum sempat diupdate karena takut bosen kalau saya posting daging lagi daging lagi. Jadi, kali ini saya mau posting resep olahan sea food aja, ya. 

  Saya mau masak kepiting. Ceritanya, nggak sengaja ketemu lima ekor kepiting hidup di warung sayur langganan. Tiap ketemu kepiting, bawaan saya gemes aja pengen nyulik eh pengen masak kepiting. Apalagi kepiting-kepiting ini dijual dengan cara diikat hidup-hidup dengan tali plastik. Saya paling sebal beli kepiting yang diikat dengan sabut kelapa. Penipuan! Kepitingnya nggak seberapa, malah bisa lebih berat ikatan sabut kelapanya. Sebel kan!


  Setelah dibawa ke rumah, kepiting saya simpan dalam baskom besar berisi sedikit air. Ada yang bilang kalau kepiting bisa diberi makan parutan kelapa dulu jika waktu mengolahnya masih lama. Saya nggak kasih makan apa-apa karena mereka toh sebentar lagi akan dibantai. Ups, kasihan...

Kepiting hidup yang siap diolah

  Sebenarnya, saya paling suka kepiting rebus. Iya, cuma direbus aja udah enak, kok. Jika ingin mengolah kepiting dengan cara dibumbui, pilihannya bisa kepiting saus tiram, kepiting, saus padang, kepiting asam manis, gulai kepiting, atau kepiting lada hitam. Saya tanya 3 boyz, mereka mau kepitingnya diapain. Mereka bilang pengen kepiting lada hitam. Ok! Mari kita buat kepiting lada hitam... 

Bahan: lima ekor kepiting ukuran sedang (berat sekitar 1,5 kg)

Bumbu kepiting rebus:
  • 3 butir bawang putih, jangan dikupas kulitnya, geprek
  • 2 cm jahe, geprek
  • 4 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, geprek
  • 2 sdm garam
  • 750 ml air untuk merebus
Bumbu lada hitam:
  • 3 butir bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris serong 1 cm
  • 1 buah cabai merah, iris serong tipis
  • 2 cm jahe, geprek
  • 1 bungkus bumbu lada hitam instan
  • lada hitam butiran sesuai selera (optional)
  • garam secukupnya
  • margarin untuk menumis
  • 200 ml air matang
  • 1/2 sdt tepung maizena yang dilarutkan dengan 3 sdm air
Bumbu tumisan lada hitam
Bumbu instan Saori Saus Lada Hitam
Cara membuat:

1) Rebus air. Masukkan bumbu. Rebus sebentar. Masukkan kepiting.


2) Rebus kepiting selama 5 sampai 10 menit. Angkat. Buang airnya. 

3) Buka ikatan tali. Bersihkan kepiting dengan sikat gigi bekas dengan air bersih. 

4) Belah kepiting di bagian tengah perutnya. Lepaskan dari cangkangnya. Buang insang.


5) Tumis mentega. Masukkan semua  bumbu lada hitam. Tumis hingga harum.


6) Masukkan kepiting. Tambahkan air. Aduk rata. Masak selama 10 menit.


7) Masukkan larutan tepung maizena untuk mengentalkan kuah. Koreksi rasanya.

8) Sajikan kepiting lada hitam segera.

Kepiting lada hitam dengan Saori Saus Lada Hitam


  Pakai Saori Saus Lada Hitam ini memang praktis banget! Dalam waktu singkat, kita bisa bikin masakan dengan saus lada hitam yang nikmat. Tapi menurut saya, rasa lada hitamnya kurang nendang. Lebih enak lagi jika ditambahkan dengan tumbukan biji lada hitam beneran. 


  Sayang, saya lagi kehabisan stok lada hitam butiran. Ditambah memang tidak ingin bikin kepiting lada hitam yang terlalu kuat rasa pedas mericanya, jadi saya memang sengaja bikin kepiting lada hitam tanpa lada hitam butiran biar rasanya tidak terlalu pedas buat Dd Irsyad.

Please... eat me!

  Psst, waktu mengangkat kepiting dari rebusan bumbu, saya sempat nyemilin dikit. Habis nggak tahan! Kan sudah saya bilang, kalau kepiting ini diolah dengan direbus doang juga udah enak banget (pakai bumbu rebusan di resep). Okede, sampai di sini dulu. Selamat menikmati kepiting lada hitam, ya! 

Bumbu lada hitam yang sudah meresap ke dalam daging kepiting

13 comments:

  1. Enakenakenak.... bagi satu dunks... :)

    ReplyDelete
  2. Apa sih mba bedanya kepiting ama rajungan ? Trus saya juga baru tau sebaiknya jangan beli kepiting yang diiket sabut kelapa. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepiting hidup di air tawar. Rajungan di air laut. Kepiting warnanya coklat/hitam gelap polos. Kalau rajungan punya motif bintik2 putih

      Delete
  3. kepiting direbusnya berapa lama ya mbak biar empuknya pas. kdng saya merasa belum mateng, tapi kan dia tekturenya memang gitu dagingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lebih dari 15 menit. Kalau keempukan jadi ngga enak. Setelah direbus, segera buang air dan bersihkan insangnya (kecuali insang sudah dibuang sebelum direbus). Pernah habis merebus kepiting terus ditinggal, akibatnya insang menyerap kuah rebusan yg kotor dan daging kepiting jadi bau.

      Delete
  4. Adegan pembantaiannya kok gak ada
    etapi iya sih direbus aja udah enak
    disave dulu deh resepnya klo ada kepiting boleh dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali mau bikin adegan pembantaian step by step :D
      Iya betul, direbus begitu aja udah enak

      Delete
  5. Beda dengan aku berarti ya. Tiap liat kepiting, kebayangnya ribet aja masaknya. Simpen dulu ah resepnya. Terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau nih kalo saori ada yg lada hitam. Praktis bgt buat masak cpt. Cari ah...

    ReplyDelete
  7. Pinggirannya gak dihancurin dulu ya< Mbak? Kalau saya paing suka dibikin saos padang tapi lada hitam juga enak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ini kepitingnya gampang dikeletuk pake gigi ngancurinnya :D
      kalo kepiting ukuran gede n kulitnya tebel emang suka digeprek dulu sebelum dibumbui

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^