Sunday, June 11, 2017

Soto Bandung


Assalamualaikum! Halo semua, apa kabar? Alhamdulillah sudah masuk hari keenam belas bulan Ramadhan. Gimana puasanya? Tambah semangat, dong! Nah, selama puasa, kegiatan di dapur jadi lebih riweuh dari biasanya. Sebelum sahur, para ibu sudah sibuk di dapur. Begitu pula sore hari menjelang buka puasa. Eh itu buat yang masak ya. Kalau yang nggak suka masak ya tinggal beli masakan mateng dan menghangatkannya pas sahur, iya kan?

  Khusus untuk bulan puasa, enaknya masak yang simple aja nggak pake riweuh. Betul atau betul? Ehm, sebenernya nggak puasa juga saya demennya masak yang simpel juga sih, hehe. Kenapa bulan puasa pengen yang lebih simpel lagi karena kita bikin banyak masakan pas bulan puasa. Pas buka dan sahur menunya diusahakan berbeda biar anggota keluarga semangat menyantapnya. Plus ada lagi tambahan menu takjil sebagai pengantar buka puasa. Wow, sibuk sibuk sibuk...


  Kali ini saya mau share resep soto bandung yang bikinnya gampang banget. Tinggal cemplang-cemplung aja. Emang kebiasaan deh saya selalu memasak dengan gaya ngebut. Maunya cepet beres. Tapi masakan teuteup enak lho! Yuk ah simak bahan dan cara membuatnya...

Bahan untuk membuat soto bandung
Bahan:
  • setengah kilogram daging sapi
  • 1 buah lobak
  • 8 butir bawang putih
  • 3 sdm kacang kedelai untuk taburan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm jahe (geprek)
  • 2 batang serai (geprek)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis
Pelengkap:
  • perkedel kentang
  • emping goreng
  • bawang merah goreng
  • sambal soto bandung
  • jeruk nipis

Cara membuat: 
  1. Tumbuk halus bawang putih bersama garam.
  2. Tuangkan minyak goreng ke panci, tumis bumbu halus bersama dengan serai, daun salam, dan jahe. 
  3. Masukkan daging, masak hingga daging empuk. Jika menggunakan panci presto, masak selama 20 menit sejak panci berdesis dan segera kecilkan apinya.
  4. Potong-potong lobak.
  5. Cuci kacang kedelai, goreng sampai kering. Angkat, tiriskan.
  6. Masukkan lobak dan kacang kedelai ke kuah soto yang sudah matang. Masak hingga lobak agak layu dan kacang sedikit mengembang. Koreksi rasanya.
  7. Angkat, sajikan hangat bersama pelengkapnya.
Membuat sambal soto bandung:
  1. Cabai merah besar 1 buah dan cabai rawit (jumlah sesuai selera) direbus.
  2. Angkat setelah lunak. Tumbuk cabai rebus.
  3. Campurkan sedikit kuah soto pada adonan cabai.
  4. Sambal soto siap digunakan.

Selamat mencoba ya!



6 comments:

  1. Aaakkk, ada lobaknya jugak ? Unik bgd sotonyaaa

    ReplyDelete
  2. saya suka nih ma soto BAndung. Bikinnya gampang, rasanya enak. Tapi gak pernah pakai kacang kedelai karena gak ada yang suka

    ReplyDelete
  3. wah beda ya dengan sote Medan, kuahnya lebih bening dan ada kacang nya

    ReplyDelete
  4. Kami suka Soto Bandung. Tapi jarang bikin. Seringnya beli. Wkwkwk... Saya pemalas. Sama takut anak-anak gak suka. Buatan mamaku tuh Soto Bandung-nya enak

    ReplyDelete
  5. pas bgt ni untuk menu buka puasa

    ReplyDelete
  6. Jadi, yang bulet tipis itu kentang apa lobak mba? Awas ketuker sama jahe nya hahaha ^^' ngiler euy siang siang gini

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^