Saturday, March 5, 2016

Cara Mencuci Piring dengan Cepat dan Bersih


Cara mencuci piring dengan cepat dan bersih. Kenapa harus cepat? Buru-buru amat? Emang mau ke mana? Yah, nggak usah buru-buru amat sih. Nanti bisa mecahin piring karena terburu-buru, hihi. Belum lagi hasilnya jadi kurang bersih. Duh, nggak banget kan.

   Maksud saya, sebagai ibu rumah tangga dengan berbagai urusan, tentu saja ingin satu pekerjaan selesai agar bisa mengerjakan pekerjaan yang lain. Benar begitu? Habis selesai masak, harus jemput anak sekolah. Pulang dari sekolah harus mampir ke beberapa tempat. Pulang ke rumah dan disambut dengan cucian piring kotor rasanya bikin ilfil. Jadi, selesaikan urusan cuci piring sebelum berangkat beraktivitas ya!

   Sudahkan Buibu mencuci piring dengan benar? Ternyata, mencuci piring juga ada caranya lho! Bukan asal mencuci saja untuk membersihkan peralatan makan dan perabotan memasak. Cara mencuci piring yang baik juga mempengaruhi usia peralatan makan atau perabotan dapur lho! 

   Nah, berikut ini adalah cara mencuci piring dengan cepat dan bersih:
  1. Buang semua sisa makanan yang masih menempel pada peralatan makan atau alat masak. Supaya perabotan gampang dibersihkan.
  2. Pisahkan perabotan yang akan dicuci. Mulai dari gelas dan peralatan minum dulu yang dicuci pertama kali. Kenapa dicuci lebih dulu? Gunanya agar peralatan minum yang biasanya tidak terlalu kotor ini tidak tercampur dengan perabotan yang sangat kotor bahkan berminyak dan bau amis.
  3. Urutan cuci selanjutnya: peralatan makan seperti piring dan sendok garpu. Setelah itu barulah mencuci peralatan masak seperti panci atau wajan.
  4. Gunakan spons pencuci piring yang tepat. Spons yang nyaman dipakai mempengaruhi kinerja kita saat mencuci piring. 
  5. Pilih sabun atau cairan pencuci piring sesuai selera. Aroma cairan pencuci piring yang harum bisa meningkatkan mood kita saat mencuci piring lho!
  6. Boleh juga sambil mendengarkan musik. Sambil ikut bernyanyi pasti seru!

Mencuci gelas plastik

   Bagaimana jika yang dicuci itu peralatan makan atau peralatan masak yang jumlanya banyak? Habis masak banyak untuk acara arisan, misalnya. Nggak mungkin dong, semuanya tumplek blek di bak cuci piring? Nggak muat juga tempatnya kan.

   Untuk cuci piring dalam jumlah banyak, sebaiknya mencuci di bawah saja. Maksudnya, di lantai dengan menggunakan ember cucian piring. Caranya tetap sama seperti langkah di atas, yaitu: 
  1. Buang semua sisa makanan yang masih menempel pada peralatan makan atau alat masak. Supaya perabotan gampang dibersihkan.
  2. Pisahkan perabotan yang akan dicuci. Mulai dari gelas dan peralatan minum dulu yang dicuci pertama kali. Urutan cuci selanjutnya: peralatan makan seperti piring dan sendok garpu. Setelah itu barulah mencuci peralatan masak seperti panci atau wajan.
  3. Cuci piring dengan menyabuni seluruh permukaannya dengan busa sabun.
  4. Isi dua buah ember besar dengan air. Bilas busa sabun di piring dengan air yang ada pada ember pertama. Lanjutkan membilas dengan ember kedua. Tiriskan. 
  5. Mencuci cara ini lebih hemat air dan tenaga dibandingkan mencuci di bak cuci piring dengan keran. Sisa air cucian piring bisa dimanfaatkan untuk mencuci motor atau menyikat lantai kamar mandi.
   Ada satu lagi nih, cara mencuci piring dengan cepat dan bersih yang sering saya praktekkan. Cerita sedikit dulu ya. Setiap hari Minggu, saya dan keluarga menjenguk si sulung Aa Dilshad di pesantren. Sesekali Aa minta dibawakan masakan buatan saya. Biasanya kami akan makan siang bersama di teras pesantren. 

   Untuk acara makan siang bersama tersebut, saya mulai memasak sejak subuh. Masak harus cepat! Semua makanan akan dikemas dan dibawa ke pesantren. Biasanya saya membuat tiga atau empat macam masakan. Semua saya kerjakan sendiri karena pada hari Minggu Mak ART (asisten rumah tangga) libur. 

   Jangan tanya betapa berantakannya dapur saya saat itu! Alat masak yang kotor tidak saya biarkan begitu saja sampai kegiatan memasak selesai. Target saya, selesai memasak, selesai juga mencuci piring. Memang bisa? Bisa dong! Berikut cara mencuci piring dengan cepat dan bersih ala Dapur Ngebut:
  1. Cuci peralatan memasak yang baru saja selesai dipakai. Waktu mencuci adalah saat menunggu masakan matang. Misalnya, cuci baskom bekas adonan bakwan ketika sedang menggoreng bakwan.
  2. Rendam perlatan memasak yang berkerak dengan air saat mengerjakan masakan lain. Misalnya, wajan bekas menumis langsung direndam saat sedang memasak. Jadi, setelah beres masak, kotoran sudah terangkat dan wajan bisa langsung dicuci tanpa menunggu untuk merendam lagi.
  3. Manfaatkan waktu dengan sering-sering mencuci piring. Dikit-dikit nyuci, dikit-dikit nyuci. Kurang lebih seperti itu. Ada sendok kotor bekas mengaduk adonan, langsung cuci. Talenan bekas memotong, langsung cuci. Jadi tidak ada peralatan masak yang menumpuk di bak cuci piring.
   Kelihatannya cara terakhir ini riweuh amat yak. Capek? Lama-lama juga biasa. daripada ilfil lihat cucian piring numpuk, saya lebih sering mempraktekkan cara di atas. Jadi, tepat gorengan terakhir matang, cucian piring saya juga sudah lenyap tak bersisa! Oia, selain memasak disambi cuci piring, saya masih bisa menyambi mandiin anak, bahkan menyuapi sambil bolak-balik ke dapur. Hebat kan? Hehehe...

   Mencuci piring paling enak menggunakan spons khusus untuk cuci piring. Ngomong-ngomong spons, saya senang sekali mendapatkan kiriman paket dari Scotch-Brite™ berupa delapan buah spons pencuci piring. Wah, saya baru tahu kalau spons pencuci piring itu banyak variannya. Warnanya juga menarik! Apa saja jenis spons pencuci piring Scotch-Brite™? Yuk, simak gambar berikut...

Sabut Spons  Hijau Scotch-Brite™
Sabut spons hijau digunakan untuk membersihkan alat masak. Lapisan serat kasar berwarna hijau tua efektif membersihkan kotoran yang menempel. 

Sabut spons hijau Scotch-Brite™

Sabut spons hijau Scotch-Brite™ untuk alat masak

Sabut Spons Anti Gores Scotch-Brite™ 
Sabut spons anti gores warna oranye khusus untuk peralatan masak yang terbuat dari teflon. Bentuknya cukup unik. Enak dipegang. Apalagi alat masak dari teflon biasanya agak berat ya. Dengan pegangan yang mantap, tangan kanan memegang spons dan tangan kiri memegang pan teflon, mencuci jadi nggak ribet lagi.

Sabut spons oranye Scotch-Brite™

Sabut spons oranye Scotch-Brite™ untuk alat masak dari teflon

Sabut Spons Tempat Makan Anak Scotch-Brite™
Sabut spons tempat makan anak berwana pink ini termasuk varian spons anti gores. Warnanya cute banget! Tempat bekal anak yang terbuat dari plastik cocok dibersihkan dengan spons ini. Jadi, lapisan plastiknya tidak akan tergores. Selain itu, sabut ini bisa untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari kristal.

Sabut spons anak Scotch-Brite™

Sabut spons anak Scotch-Brite™untuk peralatan makan anak

Sabut Spons Tempat Minum Scotch-Brite™
Sabut spons tempat minum ini masih temannya sabut spons tempa makan anak. Warnanya sama-sama pink. Bedanya ada pada bentuknya yang panjang dan ramping. Didesain seperti ini supaya mudah masuk ke dalam botol minuman yang akan dibersihkan. Sudutnya yang lancip dapat menjangkau kotoran yang terselip di dasar botol. Selain untuk tempat minum, spons ini juga bisa digunakan untuk membersihkan botol susu bayi. 

Sabut spons anak Scotch-Brite™

Sabut spons anak Scotch-Brite™ untuk tempat minum

   Dari informasi yang saya baca di Fanpage Scotch Britecara mencuci piring yang benar adalah menggunakan bagian sabut (permukaan berserat yg kasar). Sedangkan fungsi spons adalah untuk menyimpan air sabun hingga berbusa dan lembab. Usai cuci piring, spons harus dicuci untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Bilas hingga semua busa hilang. Kemudian letakkan di tempat yang kering. Jangan lupa, ganti spons tiap dua minggu atau satu bulan sekali.

Cara merawat spons cuci piring

 Supaya awet, sebaiknya kita perhatikan cara menggunakan sabut spons Scotch-Brite™ dan perawatannya. Cara penggunaan dan perawatan sabut spons Scotch-Brite™  bisa disimak pada gambar berikut:


   Wah, asyik ya punya sabut spons Scotch-Brite™. Urusan cuci piring jadi nggak riweuh lagi deh. Cuci piring bisa dilakukan dengan cepat dan hasilnya bersih. Untuk melihat lebih lengkap spesifikasi produk Scotch-Brite™ bisa klik di www.scotch-brite.co.id atau simak berbagai tips seputar dapur di www.britequeen.com dan Facebook Fanpage Scotch-Brite™. Happy cuci piring ^_^

Sabut spons Scotch-Brite™ andalan untuk cuci piring

44 comments:

  1. cara cuci piring saya juga hampir sama mba, biar cucian gak terlalu numpuk sambil masak sambil cuci-cuci wadah bekas masaknya.. spon favorit saya mba scotchbrite itu hihi saya di rumah pake yang pink panjang sama yang kuning

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo anaku suka bngt sama yg sabut scotch brite yg pink panjang juga

      Delete
  2. Samaa, aku juga biasanya mencuci gelas dan botol minum duluan, baru piring dan alat masak lainnya.
    Kalo mencuci sambil dengerin lagu belum pernah sih, ntar nyoba ah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku nyuci piring sambil dengerin radio yg ada di kamar :D

      Delete
  3. Kalo saya nyuci gelas atau cangkir terpisah dg cuci piring dan alat masak kainnya

    ReplyDelete
  4. Saya juga sering masak disambi cuci piring. Biar hemat waktu.

    ReplyDelete
  5. Dulu di rumah ortu luas ada tempat buat cuci piring dengan ember2 gtu, buat bilas cucian piring dll. Klo dipikir emang lbh hemat air dan sabun sih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rumah mertuaku kamar mandinya luas banget.sering dipake u cuci piring dl jumlah banyak

      Delete
  6. alat cuci gelas sebenarnya sudah kupisah dengan piring, mangkuk dan laiinya. hanya kadang-kadang ada ornag lain nyuci, dan nggak mau repot, hehehe.
    Diam-diam aku ulang nyucinya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama mbak. aku jg suka dicuci ulang kalo ada yg nyuciin tp kurang bersih

      Delete
  7. Cuci piring jf ringan ya Mbak

    ReplyDelete
  8. kalau saya nyuci gelas dulu ketika spon masih bersih... baru yg lain2...:)

    ReplyDelete
  9. Pas banget nih buat ibu2, semua harus serba cepet.

    ReplyDelete
  10. Spons juga harus diganti secara berkala ya, biasanya aku 2 bulan kurang deh, soalnya produk ini awet.

    ReplyDelete
  11. dengan bentuk sabutnya yg S itu jadi mudah digenggamm ya mbak

    ReplyDelete
  12. Sabut yang pink itu ngegemesin banget :))))

    ReplyDelete
  13. assalamualaikum, salam kenal mabk :)

    waaah luarbiasa dapur tetap bersih, masakpun enjoy.
    klo berantakan bikin down mood masak ...

    terimakasih tipsnya .. bagus dicontoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaikumsalam. terima kasih sudah mampir dan follow. salam kenal kembali mbak :)

      Delete
  14. Wah, suka mencuci piring sambil dengerin lagu juga ya, mbak.. Cuci piring jadi seru ya sambil ditemenenin Scotch Brite hehehe..

    ReplyDelete
  15. Kegiatan cuci piring jadi seru gara-gara warna dari Scotch Brite yang unyu-unyu

    ReplyDelete
  16. Scotch Brite memang andalah dah...

    ReplyDelete
  17. Kebiasaanku kalau habis cuci piring sponsnya buat ngelap kompor, wekek. Ternyata gak bagus yah. Harus dipisah nih sponsnya

    ReplyDelete
  18. tipsnya sangat membantu untuk ibu-ibu yang sibuk nih

    ReplyDelete
  19. wah.. langkah-langkahnya mirip sama yang sudah di praktekin di rumah. Aku juga suka gitu tuh kalo lagi masak banyak. Dikit-dikit cuci peralatannya biar makanan mateng, peralatan juga beres. Tinggal nikmatin hasil masakannya aja deh. :)

    ReplyDelete
  20. Sabut spons yg kuning apa bener gak ngerusak teflon? Saya pernah pake yg katanya aman buat teflon tapi ternyata gores juga.

    ReplyDelete
  21. Kalo gitu kudu punya berapa spon cuci barang pecah-belah? Banyak pisan jenisnya ^_^

    ReplyDelete
  22. Hihihi, saya juga suka nyuci piring pakai scotch brite sambil nyanyi-nyanyi. Nyuci piring jadi menyenangkan ^_^

    ReplyDelete
  23. Glori Melamine merupakan Produsen Pabrik Piring Melamin, Mangkok Melamin, Sendok Melamin dan Peralatan Makan Melamine lainnya.Glori Melamine menyediakan Produk yang berkualitas FOOD GRADE dan sudah memiliki Standarisasi Nasional Indonesia (SNI). Semua Produk Glori Melamine diproses di dalam negeri dan 100% Asli buatan Indonesia. Info & pemesanan,kunjungi website resminya di www.glorimelamine.com

    Hubungi Kami :
    Glori Melamine Official
    Alamat : Ruko Daan Mogot Baru LC2#14 Jakarta Barat, 11840 Indonesia
    Hunting: 0852-1214-0010
    Email : glori.melamine@gmail.com
    Website :
    www.glorimelamine.com
    www.glori-melamine.com
    www.glorimelamine.co.id

    ReplyDelete
  24. tapi ko di toko jarang ada yang warna warni gitu yah kebanyakan ijo ?

    ReplyDelete
  25. Replies
    1. supaya spons awet, cuci bersih spons stl cuci piring. keringkan dari air sabun dan taruh dalam posisi berdiri. jangan lupa ganti spons secara berkala

      Delete
  26. saya laki2 dan masih umur 13.setelah dimarahin ayah saya jadi lebih giat terutama mencuci piring dan terimakasih tutorialnya mencuci piringnya jadi saya lebih terbantu

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^