Monday, December 7, 2015

Udang Selimut Mie

udang selimut mie

Udang selimut mie. Maksudnya: udang yang dibungkus atau diselimuti dengan mie. Ada apa dengan si udang? Kok diselimutin? Lagi kedinginan, ya? Hihi... ini resep lama kesukaan boyz. Sengaja saya pakai istilah yang unik supaya anak-anak tertarik dan makan dengan lahap!

   Beberapa kali saya membuat udang selimut mie untuk makan siang dan bekal sekolah. Boyz suka sekali makan udang goreng tepung. Bosan memasak udang pakai tepung terus, iseng saya mencoba resep udang yang dibungkus dengan mie. Campurkan sedikit kocokan telur agar mie mudah menempel pada udang. Saya pernah malas pakai telur, akibatnya, mie langsung 'lari-lari' ketika digoreng. Gagal deh udang pakai selimut mie.


    Proses menggulung udang dengan mie ini juga disukai boyz. Mereka suka ikutan menggulung-gulung si udang dengan mie. Sedikit kotor dan lengket oleh adonan telur, yang penting mereka senang ikut berkreasi di dapur. Memang sih, hasil udang hasil balutan mereka banyak yang tidak sempurna. Namun saya tetap memuji mereka lalu diam-diam memperbaikinya sesaat sebelum udang dicelupkan ke minyak panas.

   Mie yang digunakan bisa mie instan atau mie telur siap pakai. Jika menggunakan mie instan, sisihkan saja bumbunya dan bisa dipergunakan untuk memasak hidangan lain (jika suka). Jumlah mie yang digunakan juga tidak banyak. Tergantung besarnya udang dan mau segemuk apa gulungan mie yang dihasilkan nanti.

   Selanjutnya, simak bahan dan cara memasaknya yuk!

Bahan:
  • 250 gr udang ukuran sedang atau besar
  • 1 bungkus mie instan
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 bungkus tepung bumbu siap pakai
  • 1 buah jeruk nipis
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuat:
  1. Siapkan tepung bumbu dalam satu wadah.
  2. Cuci udang. Lumuri udang dengan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 5 menit. Lumuri kembali udang dengan tepung bumbu. Diamkan selama 10 menit.
  3. Rebus mie instan, tiriskan.
  4. Kocok telur dalam mangkok kecil. Ambil 3 atau 4 helai mie. Celupkan dalam adonan telur. Lilitkan mie ke badan udang.
    Cara membuat udang selimut mie
    (maaf watermaknya dr blog Emak Riweuh)
  5. Goreng udang selimut mie ke dalam minyak yang sudah panas.
  6. Angkat. Sajikan hangat bersama saus sambal botolan.

Nah, gimana? Gampang banget kan? Yuk, kita selimutin udang pakai mie... ^_^



15 comments:

  1. aaah, ide bagus nih mba..biasany kan sosis yg diselimuti mie

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. gantian udang yg pake selimut mie :p

      Delete
  2. aih,ini enak bangetttt..apalagi kalo dicocol pake saosss

    ReplyDelete
  3. Udang selimut mienya hmmm... bikin ngiler yaa... e

    ReplyDelete
  4. Musim ujan udangnya pada kedinginan ya mak hehehhe...
    Nadia doyan nih kayanya.mo nyoba ah

    ReplyDelete
  5. Resepnya gampang dan kayanya enak... hrs praktek nih mak ^_^

    ReplyDelete
  6. Bogor lagi demen hujan, biar ga kedinginan selimuta. Udang pun biar krenyesss, pdiselimuti juga

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sudah mampir dan berkomentar di blog Dapur Ngebut. Selamat mencoba yaa ^_^

    ReplyDelete
  8. Kreatif banget Mbak. Gak pernah kepikiran sebelumnya masak dibalut mie gini. Nyobain ah kapan-kapan. Makasih ya Mbak. :)

    ReplyDelete
  9. Ni kreatif sekali, udang selimut mie, boyz suka sekali ya, jadi kepingin buat nich

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^