Wednesday, July 8, 2015

Lumpia Isi BIhun

Lumpia isi bihun. Bayangkan... kulit lumpia yang renyah, isian bihun yang gurih. Sepotong saja sudah cukup untuk mengganjal perut. Hmm, nikmat! Di Bogor, sajian soto mie belum lengkap tanpa lumpia isi bihun ini. Kuah soto mie yang hangat berpadu dengan renyahnya lumpia. 



  Begitu populernya bahkan lumpia isi bihun ada yang siap goreng di tukang sayur terdekat. Saya belum pernah coba. Lebih baik bikin sendiri deh. Biar yakin bahan-bahan yang digunakan benar-benar segar dan aman dikomsumsi karena tanpa bahan pengawet. Yuk, kita bikin sendiri!


   Jujur, saya belum bisa membuat kulit lumpia. Maklum, belum ada peralatan yang mendukung (plus agak malas juga, hehe). Jadi, saya lebih suka kulit lumpia siap pakai seperti pada gambar berikut:
Kulit lumpia siap pakai
  Kulit lumpia ini biasa dikemas dalam bungkus plastik berisi 10 lembat di tukang sayur. Kadang, jumlahnya bisa berubah jadi 8, 9, atau bahkan 11. Mungkin yang bungkusinnya lagi ngantuk. Harap maklum saja ya. 

   Jika ingin menyimpan stok kulit lumpia cukup banyak, belilah satu plastik besar isi 50 kulit lumpia, bahkan 100 lembar juga ada! Tapi ingat, cara penyimpanannya pada plastik tertutup agar kulit lumpia tidak kering. Terus, jangan telalu lama menyimpannya di kulkas. Habiskan dalam waktu kurang dari seminggu. Jika tidak, kulit lumpia menjadi basi dengan ditandai bau yang masam.

  Ingin lebih lama lagi menyimpan kulit lumpia? Beli kulit lumpia siap pakai yang frozen. Ini agak sulit. Kulit lumpia beku hanya bisa diperoleh di supermarket tertentu. Dulu, saya sering menyimpan kulit lumpia beku. Kulit lumpia beku juga berbentuk segi empat dengan dua ukuran (jumbo dan kescil). Duh, maaf, saya tidak punya fotonya.

   Cara menggunakan kulit lumpia beku harus dicairkan terlebih dahulu. Setelah mencair, pisahkan secara hati-hati tiap lembar kulit lumpia yang menempel. Ini susah, lho! Salah strategi saja kulit lumpia bisa robek. Jika sudah robek, jangan dibuang ya. Siasati bagian yang robek dengan melapisnya jadi dua bagian. Maksudnya, jadi dobel gitu kulit lumpianya. Lebih renyah hasilnya. Namun lebih boros pemakaiannya :(

Bahan membuat lumpia isi bihun
Bahan:
  • kulit lumpia siap pakai
  • bihun kering, rendam dalam air panas, tiriskan
  • 1 batang daun bawang, cincang halus
Ayam goreng yang dicincang
  • ayam goreng yang dicincang
  • kaldu bubuk secukupnya (jika suka)
  • garam dan merica secukupnya
Lainnya:
  • minyak untuk menggoreng
  • putih telur untuk merekatkan kulit lumpia 
    Bihun campur daun bawang
Cara membuat:
  1. Campur semua bahan dalam satu wadah. Aduk rata.
  2. Ambil adonan bihun dengan garpu. Letakkan di atas kulit lumpia. Jumlah isian tergantung selera. Mau bikin lumpia yang gendut atau yang kurus. Tapi jangan terlalu banyak. Kulit lumpia sulit digulung rapi jika isinya terlalu banyak.
  3. Lipat kulit lumpia seperti amplop. Gulung rapi. Rekatkan dengan putih telur.
  4. Oia, dalam resep ini, saya tidak pakai putih telur. Agar tidak terbuka, lipatan terakhir diletakkan di bawah. Lakukan hal yang sama saat menggoreng. Kenapa tidak pakai putih telur? Err... saya malas memecahkan telur :D

Nah, berikut penampakan lumpia yang siap digoreng:




   Sudah selesai? Tinggal digoreng deh! Sisa lumpia bisa disimpan di kulkas. Jadi, jika tiba-tiba kepingin cemilan gorengan yang nikmat, tinggal goreng saja. Sajikan hangat dengan cabai rawit atau sambal botolan. 


Tips agar lumpia tidak terlalu berminyak:

Taruh lumpia yang baru digoreng di atas mangkok yang sudah dialasi dengan tisu. Posisi lumpia berdiri supaya minyak mudah turun. Lihat gambar berikut:






2 comments:

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^