Wednesday, November 5, 2014

Mie Goreng



Suka mie goreng? Bikin mie goreng sendiri, yuk! Dijamin, rasanya nggak kalah sama mie goreng abang gerobak yang sering melintas di depan rumah. Gimana caranya? Simak penjelasan berikut, ya!


Bahan:
  • 1 bungkus mi kering siap pakai (merk apa saja)
  • 5 butir bakso, potong kecil
  • 1 buah wortel, iris melintang tipis
  • 1 ikat sawi hijau, potong ukuran 2 cm
  • 1 batang daun bawang,iris melintang sepangnjang 1,5 cm
  • 1 butir telur
  • kecap manis secukupnya
  • kecap asin (sesuai selera) secukupnya
  • minyak wijen (jika suka), setetes saja
  • garam secukupnya
  • merica bubuk secukupnya
  • minyak goreng secukupnya (untuk menumis)
  • tambahan lainnya jika suka: daging ayam, udang, bakso ikan, kekian, dll
  • bawang merah goreng untuk taburan

Bumbu halus:
  • 3 butir bawang putih
  • sejumput ebi kering (sesuai selera), rendam dalam air panas sebelum ditumbuk
  • garam secukupnya

Cara memasak:
  1. Rendam mi kering dalam air panas di baskom. Usahakan jangan sampai terlalu megar. Setelah mengembang, angkat, dan  tiriskan.
  2. Membuat orak-arik telur. Kocok rata telur dengan garam dan merica. Tuang kocokan telur ke dalam wajan yang sudah diberi minyak panas. Aduk-aduk telur hingga berbentuk butiran-butiran. Jangan terlalu halus ya, bikin orak-arik telurnya. Tapi jangan kegedean juga.Nanti ngga semua bisa kebagian telur :D
  3. Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, wortel, dan bakso. Aduk rata. Masak dengan api sedang hingga wortel layu.Jika ingin menambahkan udang atau ayam. Saat inilah mereka ikut bergabung untuk ditumis bersama ^_^
  4. Masukkan telur, sawi hijau, daun bawang. Aduk rata.
  5. Terakhir, masukkan mie, kecap manis, kecap asin, garam, dan merica. Aduk hingga warna kecap merata.
  6. Masak hingga semua bahan matang. Matikan api, beri minyak wijen, aduk rata. 
  7. Mie siap disajikan bersama taburan bawang merah goreng.

Oia, saya lupa. Bisa ditambahkan irisan kol juga (ingat setelah baca komentar). Tapi saya tidak pakai kol karena kurang suka. Jika ingin menambahkan kol, ditumis pada langkah keempat, yaitu berbarengan dengan sawi hijau dan daun bawang.

    Selamat mencoba ^_^

    24 comments:

    1. Yummm... yummmmm.... **langsung cuzzz beli mie**

      ReplyDelete
    2. Hmhmh mantab... Ditambah kol, daun bawang biar makin sedaaapp mak.. Rasa merica nya harus kuat, kalau saya gak suka pake telur mak karena kalau dingin gak enak n bikin mie gak tahan lama,, selere mak

      Faruq 18 th, lapeer :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. wah iya, faruq. lupa nih kalo ada yg suka pakai kol. makasih diingetin. tentang kol sdah ditambahin di bawah postingan.
        laper? yuk, makan ^_^

        Delete
    3. Naahh kl yg kaya gini aku mau juga nyoba bikin ah....simple but yummy... ;)

      ReplyDelete
      Replies
      1. gampang kan, mak. nadia pasti doyan :)

        Delete
    4. Cara buatnya simpel ya...bahan-bahannya juga mudah di dapat...jadi pengen nyoba buat nih...makasih sharingnya ya ...salam kenal mak!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya, gampang kaan...
        Salam kenal kembali mak Nurul :)

        Delete
    5. Replies
      1. Ebi itu udang kecil yg dikeringin, mba Susan. Kalo di tukang sayur di sini, ada yg dikemas plastik u ukuran sekali pakai.

        Delete
    6. akhirnya dapat juga resep bikin mie goreng yang simple... aku dah nyoba-nyoba.... ternyata perbedaan resep yang pernah aku coba, disana gak ada ebinya. lain kali tambahin ebi deh. makasih resepnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ebi jd bikin lebih gurih dan enak.
        Versi lain ebi diganti saus tiram jg bisa (jng pake dua2nya, ntar kegurihan, hehe).
        Masama, mak Ade :)

        Delete
    7. Aku juga sering bikin mie goreng sendiri, Mak. Lebih sehat ya daripada mie goreng instant. Dan udah pasti gak pakai mecin :D

      ReplyDelete
    8. kalau mie goreng seperti ini biasanya kalau pas acara selamaten mak, kalau harian lebih suka rebus, segeerrrr

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya, kalo ke kondangan pasti selalu ada ya :)

        Delete
    9. nyam nyam....migoreng kesukaan anak2ku banget ini mbak...
      pengen nyoba ah, pengen ngerasain sensasi ebinya....

      ReplyDelete
    10. ini makanan kesukaan sayaaa ... enaaak^^

      ReplyDelete
    11. saya juga suka pake ebi, Mak. Yang bikin enak memang ebinya :)

      ReplyDelete

    Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^