Tuesday, September 10, 2013

Stik Keju Goreng


Anak-anak saya, 3 boyz, suka sekali ngemil. Karena saya tidak bisa bikin kueh *buka kartu* jadi cemilan yang sering saya buat dan 3 boyz juga minta adalah gorengan. Enak ya, makan gorengan. Kriuk kriuk gurih. Saya jarang bikin cemilan yang rasanya manis. Selain saya sendiri kurang suka manis (karena saya sudah manis *uhuk*dilemparbala-bala*), tidak menyediakan cemilan manis juga aman bagi Eyang (ibu saya) yang menderita diabetes.

   Postingan hari ke-10 dari #30hariberbagiresep berikut adalah cemilan gorengan yang gurih kesukaan 3 boyz. Dibikin bentuk stik karena anak-anak suka makanan yang pakai tusukan. Sebenarnya, yang meminta dibuatkan stik keju itu Kk Rasyad. Berhubung Kk Rasyad dan Dd Irsyad sedang sibuk main game, jadi hanya Aa Dilshad yang membantu ibunya di dapur. Aman juga sih, tiga-tiganya ngga ikut riweuh di dapur. Jadi, ngga terlalu berantakan, hehe. Berikut bahan dan cara pembuatannya...

Bahan: 
  • 250 gr keju quick melt atau keju kraft, potong kotak-kotak
  • 3 sdm tepung bumbu siap pakai
  • 6 sdm tepung panir halus (bisa diperbanyak lagi jika ingin tepung lebih tebal)
  • 2 sdm tepung panir kasar
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • tusuk gigi
Stik keju siap digoreng
Cara membuat:
  1. Tusuk-tusuk potongan keju dengan tusuk gigi.
  2. Lumuri keju dengan tepung bumbu. Celupkan ke kocokan telur. Balur dengan tepung panir halus.
  3. Jika ingin tepung lebih tebal, lakukan langkah di atas dua atau tiga kali.
  4. Celupkan keju ke kocokan telur. Balur dengan tepung panir kasar.
  5. Goreng stik keju dalam minyak panas dengan api kecil.
  6. Angkat. Sajikan hangat bersama saus tomat atau sambal botolan.
Keterangan: pastikan keju terbungkus rapat oleh adonan tepung. Jika ada bagian yang bolong, keju akan meleleh saat digoreng dan mengotori minyak di wajan.

16 comments:

  1. aku suka buat nih mbak klo aku kasih nama bola-bola lelehan keju, karena kejunya meleleh di dalam hihii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalo ga pake tusukan, jadi bola2 ya :D
      betul, mba maydina...seru banget kata 3 boyz: pas digigit 'duarrr' kejunya meledak! ^_^

      Delete
  2. disini ga ada quick melt huhuhuhu ga bs diganti lainnya ya. ibu kena diabet mbak? wah senasib ma daku harus ngatur menu buat diabet friendly, ga nasi, ga tepung. Kalo mentog jadinya tahu rebus hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ganti keju biasa.
      Iya, ibu sy kena diabet. Eyang jg sedikit makan nasi. Sukanya sama kentang. Sedikit susah atur pola makannya, karena Eyang suka 'bandel' :(
      Ooo..pantas resep2 mbak lina teratur banget ya hitungan kalorinya. Semoga sehat terus ya, mbak ^_^

      Delete
  3. Ngaku aja deh mak, ini habis dalam berapa detik? wkwkwkkk.... anakku juga suka keju, banget2 tapi belum pernah nyoba nggoreng. Mau nyoba ah. Thanks resepnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiyaaa....tau aza dech! Haha!
      Wong ngegorengnya udah 'digentayangi', begitu mateng langsung diserbu! Emaknya cuma kebagian 2 biji. Eyangnya 1 malah. Sisanya 3 boyz yg sikat semua :D
      Makasih kembali, mak lusi ^_^

      Delete
  4. Enak nihhh... kayaknya gampang... coba ah

    ReplyDelete
  5. Hmmm...wajib di coba. Makasih Mak, sudah berbagi resep ya ^^
    salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus #lhomaksa :D
      Sama2 n salam kenal kembali mbak Titis ^_^

      Delete
  6. Makasih mak, sudah berbagi resep.
    Langsung buat ah di rumah...
    Ntar bagi2 ke teman-teman di kampus. Asiiik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, mbak :)
      wah, temen2nya mbak sri pasti seneng ^_^

      Delete
  7. Waaaa keren, kreatif banget ibu satu ini. aku malah sedang down masak *piye doong? keju siapa yang enggak suka, apalagi bikin emak sendiri ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo lg down masak, ya sebaiknya jangan masak dulu. Kalo dipaksain, hasilnya jd ga enak (pengalaman pribadi). Sy jg sering cuti ga masak kalo lagi bosen di dapur :D
      Waaa...makasih, mbak astin, udah dibilang keren *ge er to the max* ^_^

      Delete
  8. nah, ini nih,,,yang bikin aku menelan ludah ngeliatnya. asli ngiler ih! Dulu di kotaku ada keju quickmelt, tapi sekarang udah nggak ada lagi..makanya ribet kalo mau kasih sensasi keju meleleh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sensasi keju meleleh mmng selalu bikin ngiler.
      Duh, kenapa bisa ga dijual lg ya? Peminatnya sedikit mungkin?
      Semoga di kotanya keju quickmelt ada lagi ya, Mbak...

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^