Monday, September 2, 2013

Cimplung


Setelah membaca postingan resep Cimplung ala Mak Diah Didi, saya jadi teringat cimplung yang biasa saya buat di rumah. Ternyata, meski namanya sama-sama cimplung, kedua makanan ini berbeda, lho. Cimplung-nya Mak Diah Didi adalah perkedel kentang yang digoreng berbentuk bola, makanan khas dari Purwakarta Jawa Barat. Sedangkan cimplung versi saya adalah potongan pisang yang digoreng dengan adonan tepung, makanan yang sering disajikan sebagai cemilan di kampung mertua saya di daerah Ciapus Bogor Jawa Barat.

 
  Saya juga heran, kenapa namanya 'cimplung'? Menurut penjelasan almarhum Mamah mertua, disebut cimplung karena membuatnya tinggal cemplang-cemplung saja. Plung kecimplung,gitu. Memasak cimplung tidak susah bin ribet alias gampang. Yuk, dicoba :)
Bahan: 
  • 1 sisir pisang uli (pisang kepok atau pisang jenis lain yang enak digoreng juga bisa)
  • 500 gr tepung terigu 
  • 2 sdt gula pasir 
  • sedikit garam
  • air matang secukupnya
  • bubuk vanili secukupnya (tergantung selera)
Cara membuat:
  1. Potong-potong pisang menjadi beberapa bagian.
  2. Campur tepung terigu, gula pasir, garam, air, dan vanili bubuk dalam 1 mangkok ukuran besar. Aduk rata.
  3. Masukkan potongan pisang ke dalam adonan terigu. Goreng dalam minyak panas sesendok demi sesendok.

4. Sajikan cimplung hangat-hangat sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

Keterangan: bisa juga menggunakan tepung bumbu pisang goreng siap pakai dalam kemasan. Cara membuatnya cukup mencampur tepung dengansedikit air, lalu masukkan irisan pisang ke dalam adonan.

Selamat berkecimplung ^_^

Postingan ini adalah resep kedua yang diikutsertakan dalam #30hariberbagiresep.

6 comments:

  1. Cimplung ya mak, baru denger nih. Makasih resepnya mak, gampil 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy waktu pertama denger jg penasaran dg namanya yg imut :P
      Masama, Mak Khusnul. Sy mah seneng yg gampil2, maklum emak riweuh tea, hehe

      Delete
  2. Aduh, lucunya... Enak kalo kecil-kecil gitu, kerasa tepungnya. Soalnya pisang goreng itu yang paling enak bagian balutan tepungnya. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imut kaan, hihi.
      Wah tebalik dong sama ibu saya. Kalo makan pisang goreng malah tepungnya yg dipreteli, pisangnya doang yg dimakan :P

      Delete
  3. Aku mau nyicip cimplung yang manis ini Mak..karena cimplung ku kemaren gurih..di taburi keju enak kayaknya ya,..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cimplung gurih-nya mak Diah blm dicoba euy. Baru kemaren bikin soto ayam ama perkedel soalnya :)
      Wow, enak tuh, mak... Sekalian diprulukin mesis biar seru, yamm ^_^

      Delete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^