Membuat Takoyaki: Cemilan Bola Bundar Kesukaan Anak-anak


Assalamualaikum!

Ternyata... sudah sebulan aja ya kita di rumah terus. Masih betah? Harus betah dong, daripada daripada ya kan? Kali ini saya nggak curhat lagi soal masa isolasi yang bikin saya seperti diisolasi (baca: selotip). Soalnya kalau diomongi rasanya makin peurih.

Jadi, saya mau langsung aja share menu baru yang masih dalam tahap latihan. Maklum, bikinnya belum bisa mulus banget. Belum cakep semuanya. Beberapa masih menyong kurang bulat atau malah legok bagian bawahnya. Meski bentuknya belum bulat sempurna, soal rasa ternyata enak banget lho!

Bikin apa, Mak? Saya bikin takoyaki. Cemilan khas Jepang yang banyak dijual di pusat keramaian. Ini jadi langganan kalau ada bazaar di sekolah dan selalu laris manis. Bentuknya yang bulat menul-menul, diberi mayonais dan saus takoyaki, lalu ditabur semacam abon ikan bernama katsuobushi

Katsuobushi ini yang bikin takoyaki jadi enak dan spesial. Terbuat dari ikan cakalang kering yang kemudian diserut hingga bentuknya jadi cantik seperti serutan kayu. Saya beli di online store seharga 30 ribu untuk 100 gram. Dapetnya lumayan banyak juga, lho. 


Katsuobushi

Pan teflon khusus untuk membuat takoyaki sudah lama saya miliki. Mau bikin takoyaki masih maju-mundur karena malas. Awal masa social distancing, saya belanja nori untuk membuat sushi di online shop. Eh dia jual si abon spesial buat takoyaki itu. Sekalian deh saya beli juga. Setelah bahannya sampai di rumah, nggak ada alasan lagi buat nunda bikin takoyaki dong.

Oia, kalau mau super praktis, bisa pakai tepung khusus takoyaki. Jadi nggak perlu menakar bahannya satu per satu lagi. Tepung takoyaki instan belum saya coba. Kapan-kapan mau coba juga buat perbandingan rasa.

Yuk, cuss mari kita simak resep takoyaki yang saya culik dari beberapa resep di internet lalu dimodifikasi sesuai bahan yang tersedia.


Bahan Takoyaki

Bahan adonan Takoyaki:

  • 150 gr tepung terigu protein rendah
  • 1 batang wortel, parut halus
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 2 butir telur ayam ukuran besar, kocok lepas
  • 1 sendok teh baking powder 
  • 120 ml susu cair putih 
  • 1 sdm katsuobushi yang hancur untuk campuran adonan
  • 1 sendok teh kaldu jamur
  • 350 ml air matang
Katsuobushi yang bubuk untuk adonan Takoyaki

Isian Takoyaki: biasanya menggunakan potongan gurita yang sudah matang. Tapi untuk bangsa Indonesia yang suka berhemat, bisa diganti dengan sosis, bakso, keju, crab stick, atau apa saja sesuai selera. Saya menggunakan bakso udang untuk isian takoyaki pada postingan ini. Saat membuat takoyaki berikutnya, saya pakai sosis sapi. Tinggal potong-potong bahan isian (besarnya tergantung selera, asal muat aja dimasukin ke bola Takoyaki nanti).


Bakso udang untuk isian Takoyaki

Untuk saus Takoyaki, saya menemukan resep yang menggunakan Coca-cola. Saya skip dan menggantinya dengan air biasa. Kalau mau coba pakai minuman bersoda tersebut, silahkan.
Bahan saus Takoyaki

 Bahan saus takoyaki:

  • 350 ml air matang
  • 8 sdm saos tomat
  • 2 sdm kecap inggris
  • 2 sdm madu
  • saos sambal jika ingin rasa pedas (saya tidak pakai)
  • 1 sdm saos tiram
  • 1/2 sdt garam 
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdm air matang (untuk mengentalkan saus)

Bahan taburan Takoyaki: mayonaise, saus tomat, saus sambal, dan katsoubushi.

Cara Membuat bola Takoyaki:

  1. Campurkan semua bahan adonan. Aduk rata jangan sampai ada tepung yang menggumpal. Diamkan selama setengah jam atau lebih.
  2. Panaskan pan takoyaki dengan api kecil. Olesi minyak goreng. Bisa menggunakan kuas agar merata.
     
  3. Agar mudah menuangkan adonan, gunakan gelas ukur bercorong. Tuang adonan 3/4 bagian ke tiap lubang di pan takoyaki.
  4. Masukkan isian ke tiap lubang.Taruh pas di bagian tengah, ya. Mau kepinggiran dikit juga nggak apa-apa sih.
     
  5. Siram seluruh bagian pan dengan adonan. Usahakan sampai semua bagian pan tertutup adonan. 
  6. Buat garis-garis di sekeliling lubang dengan tusuk sate. Tidak perlu rapi. Bagian di luar lubang untuk diisikan ke bola takoyaki nantinya. Supaya nggak kagok, boleh matikan dulu api kompor supaya bola takoyaki bisa matang bersamaan.
  7. Balikkan bola separuh bagian. Adonan di sekeliling tiap bola ikut dirapikan, lalu dimasukkan ke bagian bola yang masih kosong. 
  8. Balikkan hingga adonan yang belum matang ada di dasar pan.
  9. Olesi dengan minyak setiap lubang. Bolak-balik bola dengan tusuk sate hingga bentuknya bulat sempurna. Nggak bulat-bulat amat juga nggak masalah.
  10. Matikan api kompor, angkat bola takoyaki. Tata di atas piring. Bagian yang kurang bulat bisa diletakkan di bagian bawah. Jadi saat melihat piring, bola takoyaki kelihatan bulat sempurna hehehe.
  11. Takoyaki siap disajikan bersama saus pelengkapnya. Supaya bisa dimakan hangat-hangat, sebaiknya membuat saus takoyaki terlebih dahulu sebelum membuat bola takoyaki.  


Cara membuat Saus Takoyaki:


  1. Panaskan panci kecil, campur semua bahan kecuali tepung maizena. Aduk rata.
  2. Tambahkan maizena yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Masak sampai mengental. Koreksi rasanya, matikan api. 
  3. Saus takoyaki siap digunakan.

Eng ing eng... takoyaki udah kumplit nih saus pelengkapnya, tinggal dimakan rame-rame. Saya bikin takoyaki sambil ditungguin anak-anak. Begitu matang, langsung dihappp sambil kepanasan, hahaha!


Takoyaki siap santap

Alhamdulillah percobaan pertama bikin takoyaki sukses dan dipuji oleh anak-anak. Mereka bilang rasanya enak, persis kayak yang beli di bazaar. Wah, seneng nggak sih hati emak dibilangin begitu.


Takoyaki dilihat dari atas

Selanjutnya, saya sudah tiga kali bikin takoyaki. Percobaan kedua saya masukkin adonan saat 'negulingin' bola takoyaki. Eh malah jadinya si takoyaki kegendutan dan kayak mau meledak gitu, hihihi.

Percobaan ketiga bikin versi emak hemat. BIkin bulatan kecil maksudnya. Ternyata nggak bisa, udah standar ukuran bolanya segitu dari pan takoyakinya. Lucunya lagi, saya lupa memasukkan telur ayam! Sok hapal resep gitu, maen masak aje! Etapi hasilnya teuteup enak kok walau tanpa telur. Udah gitu dengan pedenya si takoyaki juga saya kasih ke tetangga buat icip-icip ^_^

Lumayan nih saya jadi bisa bikin takoyaki. Jadi nggak perlu jajan takoyaki lagi kan? Yuk, cobain juga mumpung kita masih di rumah aja.



44 comments

  1. Wow..pemcerahan banget nih buat aku 😍😍 Kepemgen deh bikin takoyaki buat anak2. Beli katsuobushi di mana mbak? Di minimarket ada ga ya? Alat teflon bulat2 aku ga punya. Tapi ada sih kayak wajan bulet2 gitu blm pernah dipake hehehehe. Thankz.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli online. mayan 100 gram banyak banget belum abis2.
      pake atuh yg bulet2nyah :D

      Delete
  2. Lama nggak mampir di sinii gan..😃
    Ternyata lumayan mudah ya mba bikinnya. Pasti makannya cpt nih.. hihi lgsg abis. Cakep bgt fotonya mbaaa. Ini kerjaannya bolak balik dapur mulu pastiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai sayy selamat mampir lagi :*
      cepet banget abisnya. lagi masak juga ditongkrongin wkwkk
      makasi yaa

      Delete
  3. Takoyaki ini kudapan kesukaan saya mba, ternyata bahan untuk membuatnya mudah ditemukan di online ya..dan kalau lihat step by step yang di sharing kayanya ga terlalu sulit. Pingin coba ah kapan-kapan
    Terimakasih infonya mba

    ReplyDelete
  4. Wah iyaa, bisa juga ya buat cemilan ini di rumah buat anak2, aku gak kepikiran loh :)
    Itu teflonnya yang bisa bikin buat kue cubit bukan sih? soalnya aku punyanya yg buat kue cubit. Sama kan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang buat kue cubit aku pernah punya, beli dari pasar. kurang bulet sih bentuknya.
      kali ini aku pake teflon khusus takoyaki jdi lobangnya lebih bulet dan hasilnya jadi kayak bola

      Delete
  5. Ini mirip banget sama jajananku waktu SD mbak, hihi. Tapi judulnya bukan takoyaki sih, bahannya juga telor sama tepung doang kayaknya.
    PEnegn coba bikin ih, sayang gak punya teflonnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah pasti enak yaa jajanan kayak takoyakinya :D
      ayok beli teflonnya hihihi

      Delete
  6. wih kesukaan anak-anak ini mama Inna. kayaknya gampang bikinnya ya hihi, entah deh kalau udah eksekusi sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mama sakhi. awalnya kzl juga suka jajan takoyaki kalo ada acara sekolah. harganya mayan soalnya ahaha. skr aman, ga usah jajan lagi :D

      Delete
  7. Wah iya, sudah sebulan ya menjalani aktifitas #dirumahaja kecuali ada hal yang penting sehingga harus keluar rumah. Dan taraaa, saya termasuk kelompok emak yang mulai dilanda galau utk meneydiakan stock cemilan di rumah. Berasa monoton, pengen bikin cemilan yg mudah dan di sukai oleh anak-anak. Sepertinya bikin Takoyaki ini bisa menjadi opsi cemerlang utk di eksekusi. Etapi, cetakannya belum punya (galau lagi)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah bentuk bulat juga bisa kayaknya hihihi

      Delete
  8. Pan nya gak punya nih, mba. Tapi pengen buatnya. Aah..jadi galau deh hehe

    ReplyDelete
  9. Mau takoyakinyaaa. Ini td beberapa kali potonya lewat di timelineku hahaha :D
    DI rumahku yang makin rajin masak malah suamiku mbak wkwkwk.
    BTW cetakan takoyakinya boljug tu mbak. Beli di mana? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehehe makasi dah mampir kakaaa :P
      ihh asik suaminya jadi rajin masak. suamiku masak nasgor kalo laper dan akunya masih tidur wkwkkw.
      pan takoyaki aku beli di pabrik panci yg mau tutup di deket pasar ciluar, beberapa bulan yl.

      Delete
  10. Glek, sore-sore, di luar hujan rintik-rintik, baca resep takoyaki ini jadi lapeeer!
    Mumpung punya cetakan takoyakinya, bisa nyobain di eksekusi, deh! Selama ini cetakannya hanya buat telor dadar aja wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha sama dong teh. ini baru beneran dibikin takoyaki krna udah beli katsuobushi-nya. sebelum beli, teuteup weh dipake bikin telur dadar bulet2 hihihi

      Delete
  11. Begh ini tho makanan siang yang nyasar tenpo hari di WAG, untung belom ku makan hahhaa.
    Btw ku belom pernah bikin takoyaki, si kaka aja yang doyan banget , palingan belii.
    Ntr kusuruh bikin ahh, biar nyobain resep Mak Riweuh..
    Akutu geli sama sama yang toping lembaran rasa ikan itu yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyah mak nchie, jadi mau maluw :P
      hayuk bikin si kaka pasti demen deh.
      ahaha kenapa geli makk

      Delete
  12. TAKOYAKI.. kesukaannya anakku nih mba, trus biasanya sama dia ditambahin mayonaise sebagai saus, katanya yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes pake mayones emang enak. jadi seger rasanya :)

      Delete
  13. Mau dong nama toko online yang jual katsuobushi, nanti kujapri ya.
    Ini cemilan favorit anak-anak kalau jalan-jalan ke mall, padahal aku punya lho pan takoyaki ini, tapi dipakai buat anak-anak goreng telur, hahaha.
    Coba bikin ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama makpuh, pan takoyaki juga dipake buat bikin telur bulet2 :D
      toko onlinenya aku beli yg di jakarta. pasti ada juga yang di jogja, biar ongkirnya murah :D

      Delete
  14. Pingin bikin Takoyaki dari dulu cuma belum punya cetakannya hahaha. Enak ya ngemil Takoyaki pas anget anget, dicocol saus

    ReplyDelete
  15. Sudah lama pengen beli pan teflonnya tapi belum kesampaian, jadi pengen beli lagi hihi ternyata bikinnya praktis ya Teh, tinggal order online abon ikannya biar makin sip

    ReplyDelete
  16. Si kaka Alinga nih yang suka banget sama Takoyaki
    Klo dia baca postingan ini pasti mau nyoba.
    Sayangnya pannya aku ga punya. Mba Uti ya (almarhum) yg punya suka bikin Ala2 ya gt

    ReplyDelete
  17. MashaAllah mbak, jadi ada ide buat resep takoyaki juga.. karena memang semenjak pandemi ini saya jadi lebih sering dirumah dan bersama anak anak.. dan memasak menjadi bagian aktifitas harian yang tak bisa terpisahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mereka kan makan melulu karena di rumah aja. mau ga mau kudu sedia cemilan mulu deh :D

      Delete
  18. Wah keren, rajin banget mbak, saya mah beli takoyaki instan yang tinggal goreng aja, huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. praktis emang beli jadi, tapi kurang puas karena kurang banyak hehehe

      Delete
  19. Aku suka banget makan takoyaki mbak udah suka dari sejak hamil..tapi skrng agak takut beli jadinya bikin aja ya

    ReplyDelete
  20. Udah sering lihat takoyaki di paar minggu tapi belum juga pernah nyicipin, wkwkwk
    Rencana sih pengen bikin sendiri tapi gak punya cetakan, huhuhu. Aslinya ada tapi dagangan, wkwkwk. Makasih mbak resep dan tipsnya, saya tak coba seh pakai cetakan mertua yang dari kuningan itu bisa gak ya? Bukan teflon gitu sih

    ReplyDelete
  21. Aku he rumah mu Aja deh mintaa hiks enak bnget ya takoyakinya Dan itu Katsuobushi yang bubuk untuk adonan Takoyaki bisa diganti dgn yg lain gk

    ReplyDelete
  22. Mba rajin banget deh, aku masih belum leluasa bkin cemilan karena anak bontot maunya sama aku mulu, kalau aku di dapur dia ngikutin sampe tiduran kasian jadinya wkwkk...

    ReplyDelete
  23. Waah...jadi inget jaman masih muda dulu...
    Hobi banget masak takoyaki di kelas Free Speaking Japanese.
    Dan yang pasti, yang pegang teplon yang paling banyak makan, hahaha...plus gadoin Katsuobushi.

    ReplyDelete
  24. Baru denger nama cemilan Takoyaki ini, dari bentuknya aja emang pasti disukai anak2, yess dapat referensi resep lagi, noted mba

    ReplyDelete
  25. Wah aku sama anak-anak suka banget takoyaki yang dalamnya gurita. 4 butir tuh 15rb di gerai mall. Pengen deh bisa bikin sendiri

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^