Semur Bola Daging yang Mudah untuk Dikunyah

Assalamualaikum!

Akhir-akhir ini banyak berita tidak menyenangkan tentang kondisi pandemi dengan virus corona varian baru yaitu omicron. Sampai kapan nih kita dihantui rasa takut dan bisa bebas merdeka dari pandemi? Hanya doa dan tetap ketat melakukan protokol kesehatan supaya kita semua terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Udara pada siang hari yang panas lalu tiba-tiba hujan lebat yang bikin dingin juga rentan membawa penyakit. Jaga kesehatan dan jangan lupa perhatikan asupan makanannya ya.

Buat yang sedang terbaring sakit. Rasanya pasti nggak enak banget. Badan nggak nyaman dan bahkan nafsu makan berkurang. Saya punya resep olahan daging yang mudah untuk dikunyah karena menggunakan daging cincang. Cocok untuk yang sedang menjalani masa pemulihan atau anak-anak yang susah makan daging.

Semur Bola Daging

Kebetulan di kulkas ada sisa roti tawar. Teringat di freezer saya punya daging sapi cincang. Langsung deh kepikiran untuk membuat Semur Bola Daging. 
Daging sapi cincang 

Resep Semur Bola Daging terinspirasi dari olahan bistik dengan bahan yang sama dari almarhum ibu saya. Biasanya beliau bikin bistik dengan bulatan yang besar. Duh bikin kenyang dan puas banget deh!

Yuk kita mulai memasak...

Resep Semur Bola Daging

Bahan:
  • 250 gr daging sapi cincang
  • 2 lembar roti tawar, sobek kecil
  • 3 butir bawang putih, tumbuk halus untuk campuran daging
  • 4 butir bawang putih, cincang halus
  • 4 butir bawang putih, cincang halus
  • 1 butir bawang bombay ukuran besar, cincang halus
  • 3 sdm kecap manis
  • 150 ml air matang
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • sejumput bubuk pala
  • 1 sdt tepung maizena untuk pengental saus
  • margarin secukupnya
  • sedikit minyak goreng

Cara membuat:
  1. Campur jadi satu: daging cincang, roti tawar, bawang putih halus, garam, dan merica. Koreksi rasanya dengan merebus sedikit adonan di air mendidih. 
  2. Jika rasa adonan daging sudah pas, ambil sesendok makan adonan. Letakkan di telapak tangan yang sudah dilumuri minyak goreng (supaya tidak lengket). Bentuk seperti bola, padatkan.
  3. Untuk yang suka tampilan bola daging yang kulitnya kering, bisa menggoreng bola daging terlebih dahulu dalam minyak panas sampai matang kecoklatan.
  4. Saya sendiri pilih mengukus bola daging. Semua bola daging saya taruh di panci kukusan. Lalu masak selama 30 menit. Angkat, sisihkan.
    Mengukus bola daging

  5. Membuat saus: panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Tuang air matang. Masukkan garam, merica, kecap manis, pala bubuk. Aduk rata. 
  6. Masukkan bola-bola daging yang sudah dikukus atau digoreng tadi. Aduk rata. Masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap. Tuang larutan maiszena, aduk hingga mengental. Koreksi rasanya.
  7. Angkat, sajikan hangat.

Setelah matang, langsung disajikan dong. Semur Bola Daging buatan saya ini mudah dikunyah. Bentuknya berupa bakso bulat ini pas banget untuk sekali suap hap!

Bulatannya bikin gemes nggak sih

Oia, Semur Bola Daging yang saya buat ini polosan alias tanpa isi. Kita bisa juga lho mengisinya dengan telur puyuh atau bahkan bakso. Sebagai pelengkap juga bisa didampingi dengan kentang goreng potongan besar. Resep Semur Bola Daging Isi Telur Puyuh bisa dibaca di sini.

Semur Bola Daging isi Telur Puyuh

Kebetulan Semur Bola Daging isi Telur Puyuh ini cara bikinnya cukup menyenangkan dan bisa mengajak anak-anak ikut membuatnya. Kegiatan membulatkan bentuk bakso sangat mereka sukai. Berikut foto kenangan waktu membuat bola daging bersama si tengah Kk Rasyad dan si bungsu Dd Irsyad yang masih imut, pada tahun 2015 (sudah lama yaa).

Ajak anak-anak ikut masak juga yuk!

Gimana seru bukan? Satu lagi, jika ingin warna lebih coklat, bisa menambahkan kecap manis. Atau ingin menambahkan cita rasa lain, bisa pakai saus tiram atau saus barbeque. Saus Bola Daging mau diganti sekalian dengan bumbu pedas ala Korea juga bisa lho!

Selamat mencoba ya!



1 comment

  1. Jadi kepengen bikin yang bumbu pedas ala Korea,lebih seger kayaknya ya.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^