Kulit Ayam Krispi


 
Assalamualaikum!

Teringat pada suatu masa, ketika saya sering banget bikin ayam goreng tepung alias Ayam Krispi. Rasanya bisa tiap dua hari sekali bikin ayam goreng tepung. Bukan dengan potongan ayam yang besar, lebih tepatnya filet alias potongan daging ayam yang digoreng tepung.

Waktu itu saya tinggal di Denpasar. Masih punya anak satu, yaitu Aa Dilshad yang bersekolah playgrup. Sebelum antar ke playgrup, saya sudah memarinasi potongan ayam. Jadi habis pulang sekolah tinggal ditepungi dan goreng saja deh.

Sering saya pisahkan bagian daging ayam dan kulitnya. Nanti kalau kulit ayam sudah banyak, saya goreng tepung sekalian jadi Kulit Ayam Krispi yang nikmat. 

Ngumpulin kulit ayam dulu...

Nah, belasan tahun kemudian yaitu saat ini... saya masih kok bikin ayam goreng tepung. Memang sih, nggak sesering dulu. Kadang saya bikin variasi dengan diberi bumbu pada resep Sayap Ayam Pedas, atau Ayam Asam Manis.

Yuk, mari kita mulai memasak Kulit Ayam Krispi...

Resep Kulit Ayam Krispi

Bahan:

  • 200 gr kulit ayam
  • air jeruk nipis secukupnya (saya pakai jeruk lemon)
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • sejumput ketumbar bubuk
  • bawang putih bubuk secukupnya
  • 1 mangkuk kecil tepung terigu
  • 1 putih telur, kocok lepas atau 100 ml air dingin untuk pencelup
  • minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara membuat:
  1. Marinasi kulit ayam dengan air jeruk lemon dan garam. Diamkan di kulkas selama minimal 30 menit.
  2. Campur tepung dengan garam, merica, ketumbar, dan bawang putih bubuk, aduk rata.
  3. Keluarkan kulit ayam. Celupkan ke putih telur, langsung celupkan ke adonan tepung. Boleh melapisi tepung sampai dua kali tergantung selera.
  4. Panaskan minyak goreng. Goreng kulit ayam sampai matang kecoklatan. 
  5. Angkat, sajikan hangat dengan saus sambal botolan.
Oia, sambil iseng karena kulit ayam masih banyak dan saya malas bikin adonan tepung... berikut saya goreng sayap ayam tanpa ditepungi. Yaa jadinya kecoklatan kayak gosong gitu. Tapi teuteup enak kok.



Beres masak, saya menghidangkan dua macam kulit ayam di meja makan. Yaitu Kulit Ayam Krispi dan Kulit Ayam Goreng. Lebih laris yang mana? Tentu saja Kulit Ayam Krispi hehehe. 

Selamat mencoba yaa ^_^



No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^