Cara Mudah Membuat Japchae, Soun Bening khas Korea dengan Saus Japchae Delisaos Mamasuka


Assalamualaikum!

Buat penggemar drama Korea, pasti sering lihat aktor dan aktrisnya sedang menikmati kuliner khas yang menggugah selera. Tentunya menggiurkan jika yang ditampilkan adalah hidangan yang halal.

Sekarang sudah banyak hidangan khas Korea yang bisa dinikmati di negara kita. Bahkan banyak yang sudah merambah jadi jualan kaki lima. Di dekat rumah saya saja sudah ada yang jualan hotang dan toppoki. Saya sendiri kadang suka beli kimchi di minimarket. Sesekali masak bulgogi ala-ala. 

Salah satu masakan khas Korea yang kerap ada di drama adalah Japchae. Menurut Wikipedia, Japchae adalah makanan Korea berupa sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Biasa dihidangkan bersama lauk lainnya pada kegiatan makan bersama. 

Japchee (kanan) di drama korea Start-Up

Sepintas sebutannya bikin kepeleset karena mirip Capcay di Indonesia. Bedanya capcay sayuran doang. Kalau Japchae sayurannya sedikit dan pakai soun. 
Kiri Japchae, kanan Capcay

Dang myeon sendiri ada yang berbahan dasar kacang hijau atau ubi manis. Setelah direbus atau direndam air panas, soun berwarna bening dengan permukaan licin dan teksturnya kenyal. Beda ya sama bihun yang terbuat dari tepung beras yang setelah dimasak lebih kaku dan warnanya putih.

Penampilan soun ala Korea ini emang lebih bening dibanding soun ala Indonesia. Mungkin mewakili kebeningan oppa n eonie di sana hehehe.
Jika tidak ada dang myeon atau soun khas Korea, bisa kok pakai soun biasa seperti saya. 

Japchae di drama Korea Reply 1994

Bahan lainnya untuk membuat Japchae adalah campuran daging sapi, jamur, sayuran juga telur. Semuanya ditumis terpisah dengan bumbu bawang putih, kecap asin, gula, dan minyak wijen. Nanti seluruh bahan matang diaduk rata dalam sebuah wadah dengan bumbu bersama soun yang sudah direbus.

Saya sendiri lagi malas ribet menumis bahan satu persatu, biarlah mereka dimasak sekalian biar cepet. Haha... Dapur Ngebut gitu lho! Berhubung saya males riweuh juga, saya pilih pakai bumbu instan untuk membuat Japchae ini. Yaitu Saus Japche Delisaos Mamasuka.

Saus Japchae Delisaos Mamasuka

Hidangan Japchae terlihat menarik dengan warna-warni, yaitu: hijau (sayuran sawi atau bayam), kuning (telur ayam yang didadar bagian kuningnya saja), oranye (wortel), putih (bawang bombay yang disangrai), dan hitam kecoklatan (jamur shitake dan daging).

Saya sengaja memasak Japchae pakai bakso sebagai pengganti daging untuk alasan ekonomis. Boleh diganti dengan daging sapi atau irisan daging ayam jika suka. Dagingnya harus sudah dibumbui, matang dan empuk untuk ditumis jadi Japchae. Lebih praktis pakai daging asap saja.

Untuk warna hijau saya pakai daun bawang saja, karena lagi males ke warung sayur buat beli bayam atau sawi hijau. Kemudian bumbu bawang putih dan bawang bombay saya pakai sebagai penguat rasa. Duo bawang ini saya tumis biasa, tidak disangrai. Saya juga menambahkan toge biar warna putih pada Japchae makin banyak. Ekor toge alias kecambah ini saya potek. 

Butuh kesabaran untuk memutus ekor toge yang ada banyak ini. Biar nggak bosen, saya motek toge sambil nonton drakor Monthy Magazine Home.
Motek toge sambil drakoran

Oia ditambah pakai tomat (dibuang biji) biar ada rona merahnya. Pada resep lain yang sempat saya googling, ada juga yang menggunakan paprika merah, hijau bahkan kuning.

Japchae versi ekonomis

Kepanjangan ya dari tadi belum mulai masaknya haha. Yuk ini dia resep Japchae yang saya modifikasi dari berbagai sumber sesuai kondisi di dapur...

Resep Japchae praktis ala Dapur Ngebut:


Bahan Japchae: 

  • 2 bungkus soun
  • 3 buah kuning telur
  • 3 butir bakso 
  • 1 buah wortel
  • 1 buah tomat (buang biji)
  • 1 batang daun bawang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 potong bawang bombay
  • 2 buah jamur shitake (saya pakai 1 bungkus/semangkuk kecil jamur kuping siap pakai)
  • 1/2 bungkus saus Japchae Delisaos Mamasuka
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Japchae:

  1. Rendam soun dengan air panas, aduk rata. Tiriskan setelah semua bagian mengembang.
    Soun siap digunakan

  2. Potong wortel, tomat, jamur kuping berbentuk panjang. Iris kecil bakso dan daun bawang. Sisihkan.
    Sayur siap ditumis

  3. Buat dadar telur. Kocok telur dengan sedikit garam dan merica. Tuang ke wajan datar anti lengket. Balik hingga matang kedua sisinya. Angkat, potong kotak panjang. 
    Telur dadar untuk Japchae

  4. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan bakso (atau daging asap), aduk rata.

  5. Masukkan wortel dan tomat, aduk rata. 

  6. Masukkan toge, aduk rata.

  7. Masukkan dadar telur, aduk rata.

  8. Masukkan soun ke wajan, aduk rata.

  9. Tambahkan Saus Japchae Delisaos Mamasuka, aduk rata.

  10. Tambahkan garam dan merica, aduk rata. Koreksi rasanya.
  11. Setelah rasanya pas, matikan api kompor. Pindahkan Japchae ke piring atau mangkok saji. 
Ini dia.. Japchae sudah matang!

Japchae siap santap

Rasa Japchae ini gurih banget! Perhatikan saat menaruh bumbu Japchae ya... kalo kebanyakan nanti jadi giung hehe. Punya bumbu instan Saus Japchae Delisaos Mamasuka ini praktis banget. Terutama buat saya yang nggak punya bumbu Korea Gochujang (beli botolannya kudu online atau di supermarket tertentu).

Saus Japchae Delisaos Mamasuka

Saya membeli Saus Japchae Delisaos Mamasuka di aplikasi belanja Sayur Box. Buat yang tinggak di perkotaan bisa ke supermarket tertentu. Kemarin saya habis belanja online dan nyetok 2 bungkus Saus Japchae Delisaos Mamasuka di rumah. Lumayan kan bisa buat masak Japchae enak lagi.

Uji coba Japchae ini dilakukan pada akhir Juni. Baru sempat diposting sekarang. Mian... 

Selamat mencoba resep Japchae dengan Saus Japchae Delisaos Mamasuka. Semoga jadi ketagihan seperti saya, hehe.

Selamat menikmati :)


No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^