Cara Mudah Membuat Japchae, Soun Bening khas Korea dengan Saus Japchae Delisaos Mamasuka


Assalamualaikum!

Buat penggemar drama Korea, pasti sering lihat aktor dan aktrisnya sedang menikmati kuliner khas yang menggugah selera. Tentunya menggiurkan jika yang ditampilkan adalah hidangan yang halal.

Sekarang sudah banyak hidangan khas Korea yang bisa dinikmati di negara kita. Bahkan banyak yang sudah merambah jadi jualan kaki lima. Di dekat rumah saya saja sudah ada yang jualan hotang dan toppoki. Saya sendiri kadang suka beli kimchi di minimarket. Sesekali masak bulgogi ala-ala. 

Salah satu masakan khas Korea yang kerap ada di drama adalah Japchae. Menurut Wikipedia, Japchae adalah makanan Korea berupa sohun (dang myeon) yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Biasa dihidangkan bersama lauk lainnya pada kegiatan makan bersama. 

Japchee (kanan) di drama korea Start-Up

Sepintas sebutannya bikin kepeleset karena mirip Capcay di Indonesia. Bedanya capcay sayuran doang. Kalau Japchae sayurannya sedikit dan pakai soun. 
Kiri Japchae, kanan Capcay

Dang myeon sendiri ada yang berbahan dasar kacang hijau atau ubi manis. Setelah direbus atau direndam air panas, soun berwarna bening dengan permukaan licin dan teksturnya kenyal. Beda ya sama bihun yang terbuat dari tepung beras yang setelah dimasak lebih kaku dan warnanya putih.

Penampilan soun ala Korea ini emang lebih bening dibanding soun ala Indonesia. Mungkin mewakili kebeningan oppa n eonie di sana hehehe.
Jika tidak ada dang myeon atau soun khas Korea, bisa kok pakai soun biasa seperti saya. 

Japchae di drama Korea Reply 1994

Bahan lainnya untuk membuat Japchae adalah campuran daging sapi, jamur, sayuran juga telur. Semuanya ditumis terpisah dengan bumbu bawang putih, kecap asin, gula, dan minyak wijen. Nanti seluruh bahan matang diaduk rata dalam sebuah wadah dengan bumbu bersama soun yang sudah direbus.

Saya sendiri lagi malas ribet menumis bahan satu persatu, biarlah mereka dimasak sekalian biar cepet. Haha... Dapur Ngebut gitu lho! Berhubung saya males riweuh juga, saya pilih pakai bumbu instan untuk membuat Japchae ini. Yaitu Saus Japche Delisaos Mamasuka.

Saus Japchae Delisaos Mamasuka

Hidangan Japchae terlihat menarik dengan warna-warni, yaitu: hijau (sayuran sawi atau bayam), kuning (telur ayam yang didadar bagian kuningnya saja), oranye (wortel), putih (bawang bombay yang disangrai), dan hitam kecoklatan (jamur shitake dan daging).

Saya sengaja memasak Japchae pakai bakso sebagai pengganti daging untuk alasan ekonomis. Boleh diganti dengan daging sapi atau irisan daging ayam jika suka. Dagingnya harus sudah dibumbui, matang dan empuk untuk ditumis jadi Japchae. Lebih praktis pakai daging asap saja.

Untuk warna hijau saya pakai daun bawang saja, karena lagi males ke warung sayur buat beli bayam atau sawi hijau. Kemudian bumbu bawang putih dan bawang bombay saya pakai sebagai penguat rasa. Duo bawang ini saya tumis biasa, tidak disangrai. Saya juga menambahkan toge biar warna putih pada Japchae makin banyak. Ekor toge alias kecambah ini saya potek. 

Butuh kesabaran untuk memutus ekor toge yang ada banyak ini. Biar nggak bosen, saya motek toge sambil nonton drakor Monthy Magazine Home.
Motek toge sambil drakoran

Oia ditambah pakai tomat (dibuang biji) biar ada rona merahnya. Pada resep lain yang sempat saya googling, ada juga yang menggunakan paprika merah, hijau bahkan kuning.

Japchae versi ekonomis

Kepanjangan ya dari tadi belum mulai masaknya haha. Yuk ini dia resep Japchae yang saya modifikasi dari berbagai sumber sesuai kondisi di dapur...

Resep Japchae praktis ala Dapur Ngebut:


Bahan Japchae: 

  • 2 bungkus soun
  • 3 buah kuning telur
  • 3 butir bakso 
  • 1 buah wortel
  • 1 buah tomat (buang biji)
  • 1 batang daun bawang
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 potong bawang bombay
  • 2 buah jamur shitake (saya pakai 1 bungkus/semangkuk kecil jamur kuping siap pakai)
  • 1/2 bungkus saus Japchae Delisaos Mamasuka
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Japchae:

  1. Rendam soun dengan air panas, aduk rata. Tiriskan setelah semua bagian mengembang.
    Soun siap digunakan

  2. Potong wortel, tomat, jamur kuping berbentuk panjang. Iris kecil bakso dan daun bawang. Sisihkan.
    Sayur siap ditumis

  3. Buat dadar telur. Kocok telur dengan sedikit garam dan merica. Tuang ke wajan datar anti lengket. Balik hingga matang kedua sisinya. Angkat, potong kotak panjang. 
    Telur dadar untuk Japchae

  4. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan bakso (atau daging asap), aduk rata.

  5. Masukkan wortel dan tomat, aduk rata. 

  6. Masukkan toge, aduk rata.

  7. Masukkan dadar telur, aduk rata.

  8. Masukkan soun ke wajan, aduk rata.

  9. Tambahkan Saus Japchae Delisaos Mamasuka, aduk rata.

  10. Tambahkan garam dan merica, aduk rata. Koreksi rasanya.
  11. Setelah rasanya pas, matikan api kompor. Pindahkan Japchae ke piring atau mangkok saji. 
Ini dia.. Japchae sudah matang!

Japchae siap santap

Rasa Japchae ini gurih banget! Perhatikan saat menaruh bumbu Japchae ya... kalo kebanyakan nanti jadi giung hehe. Punya bumbu instan Saus Japchae Delisaos Mamasuka ini praktis banget. Terutama buat saya yang nggak punya bumbu Korea Gochujang (beli botolannya kudu online atau di supermarket tertentu).

Saus Japchae Delisaos Mamasuka

Saya membeli Saus Japchae Delisaos Mamasuka di aplikasi belanja Sayur Box. Buat yang tinggak di perkotaan bisa ke supermarket tertentu. Kemarin saya habis belanja online dan nyetok 2 bungkus Saus Japchae Delisaos Mamasuka di rumah. Lumayan kan bisa buat masak Japchae enak lagi.

Uji coba Japchae ini dilakukan pada akhir Juni. Baru sempat diposting sekarang. Mian... 

Selamat mencoba resep Japchae dengan Saus Japchae Delisaos Mamasuka. Semoga jadi ketagihan seperti saya, hehe.

Selamat menikmati :)


23 comments

  1. Hemm...gak begitu jauh beda sih. Kalau di kampung mah itu teh bihun goreng ya kali. Cuma karena namanya dan bahannya dari luar negeri jadi deh naik kelas. Hehehe
    Ditambykalau yang masak Teh Inna jadinya makin enak pisan...

    ReplyDelete
  2. Aku tadi awalnya gira kayak capcay ternyata beda. Ini masakan sepinggan, sekalian ada karbonya jadi bisa untuk sekalian makan ya, praktis japchae khas Korea. Apalagi kalau punya bumbu instan Saus Japchae Delisaos Mamasuka makin praktis banget. Cuz cari di marketplace ah

    ReplyDelete
  3. kalau sudah ada saosnya sih enak ya mba.. tinggal siapkan ingredients lainnya hehee. Aku suka Japchae tapi kalau pakai saos yang instan atau sudah ada biasanya full dengan MSG huhuhu

    ReplyDelete
  4. Aku beneran kepeleset baca dong mbaaak...nggak sekedar kepleset dalam mengira hahaha.
    Pas awal sekilas baca judul, aku bacanya Capjae. Kan kalau di Jawa capcay itu jadi merakyat menjad capjae kan :)

    Eh ternyata masakan Korea (ya gitu deh, saya sesekali aja sih nonton drakor).
    Tampak lezat lho mbaak Ina..mana saya bacanya siang2 dan belum makan pulak. Duuuuh...salah waktu :D

    ReplyDelete
  5. aduh ini salah satu favoritku kalau lagi makan atau pesan makanan Korea, kudu ada si Japchae ini. Aku baru ngeh ada yang jual saosnya ya, berarti bisa eksekusi di rumah nih gak perlu jajan lagi kalau mau Japchae

    ReplyDelete
  6. Omooo... ini enyak banget deh kayanya. Bahan2nya juga gampang. Aku conteh ya resepnya mak, ntar wiken praktek ah

    ReplyDelete
  7. Asik ada reviewnya! Beberapa kali mau beli. Tetapi, masih mikir khawatir gak suka. Setelah baca ini kayaknya memang enak :)

    ReplyDelete
  8. asyik, mau ikutan beli dan bikin aah. Gampang ini mah buatnya. Capcay bihun ya kalo liatnya dan enak nih

    ReplyDelete
  9. Waah, ada soun yang bening nih. Saya coba ah, selama ini saya kurang suka soun. Mau cobain yang dari Korea, kali aja rasanya nendang banget.

    ReplyDelete
  10. Dududu, aku langsung beli saosnya nih mbak. Kalau ada saosnya semua udah gampang ya, dilihat dari bahan-bahannya aja simpel sekali

    ReplyDelete
  11. soun sama bihun itu beda gak sih mbak? bikin menu ini spertinya cocoknya pakai bihun yang bahannya dari jagung karena lebih kenyal dan bening. next time boleh dicoba nih bumbu mamasuka-nya, tapi di rumah yang doyan makanan begini cuma saya huhuhu

    ReplyDelete
  12. Kak Innaaa...itu masaknya sambil nonton Fight For My Way-nya Kim Ji Won?
    Hihii...memang paling asik tuh...nonton drakor sambil makan kaya yang di dramanya.
    Makin menghayati yaa..

    Dan Japchae ini salah satu menu yang ramah, karena gak pedes dan bisa dimakan sama anak-anak, selain hotang alias corn dog.

    ReplyDelete
  13. Sering buat ini mba kadang buat sarapan atau cemilan tapi belum pernah pake saus Japchae Delisaos Mamasuka... Boleh bnget nih nti Aku buat anak2 pasti suka... Mudah2an bisa ketemu oppa ya tapi kpingin d negaranya

    ReplyDelete
  14. Wah, aku langganan makan capjae Jawa tapi hehe..Ternyata aslinya dari Korea to masakan seperti ini. Hm, bener-bener sedap dan bikin seger ya menu eowrti ini. Apalagi kalo makannya pas masih panas selesai dimasak gitu..

    ReplyDelete
  15. Berarti saudaraan sama capcay ya bedanya ada bihun ini hehe
    Wah kyknya paktis banet ya mbak krn udah ada sausnya tersedia, tinggal tumis dan tuang sausnya bisa dinikmati deeehh
    Aku kalau liat drakor org makan itu rasanya pengen deh, bisa ganti sosis juga gak sebagai pengganti dagingnya, kalau gk ada bakso hehe?

    ReplyDelete
  16. Asyiiik baca ini jadi bisa masak ala Korea nih. Bakalan bangga di hadapan rekan-rekan emak penggemar drakor haha.

    ReplyDelete
  17. Wah jadinpengen masak japchae ala Korea juga mama Ina. Ternyata beda ya capcay kita sama capcay korea hihi soun ini yang bikin enak kayaknya ya, jadi kayak lebih licin

    ReplyDelete
  18. Awalnya aku pun mengira Japchae itu sama kayak capcay kalau di sini, ternyata dominannya malah di soun, yang mana aku suka banget sama makanan yang satu ini. Cuma belum pernah kumasak jadi Japchae, sih. Aku coba ikutin resepnya Dapur Ngebut deh, ya. Dan itu foto terakhir sungguh seleraku tergugah.

    ReplyDelete
  19. Lumayan nih jadi tambah tau tentang jenis masakan Korea di blog Mba Inna. Coba ah kapan-kapan bikin japchae ini pake bumbu dari MamaSuka ini. Tadi abis belanja mba di supermarket, tapi belum baca postingan ini heheee.. Menggoda banget nih tampilan japchae buatan Dapur Ngebut.

    ReplyDelete
  20. Motek toge sambil nonton drakor adalah jalan ninjaku supaya ngga bosan hahaha. Tau-tau habis setengah episode aja. Aku pernah bikin japchae tapi manual, skr enak banget ada saos jadinya ya.

    ReplyDelete
  21. Wah, Mama Suka banyak ya produk Korea-Koreaannya. Aku belom nyoba nih saos Japchae ini. Tapi baru kemaren deh makan Japchae instantnya. Yang pedas. Lumayan deh bisa ngobatin makan makanan korea resto. Mana harganya lebih murah pula. Suka juga dengan Topokki Mama Suka.

    ReplyDelete
  22. Japchae ternyata beda dengan capcay. Kupikir itu capcay versi Korea banyak sayuran eh ternyata pakai soun. Hehehe. Bisa lah yaa buat variasi. Beli saus Japchae dulu supaya Makin gurih

    ReplyDelete
  23. pagi ini baru aja masak bihun, jadi pengen bikin kayak gini juga diriku mba. Belum pernah praktek, simpel banget ditambah saus dari mama suka makin enak banget pastinya.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^