Thursday, March 29, 2018

Mini Burger Imut yang Lezat untuk Bekal Sekolah


Bikin bekal sekolah sudah jadi rutinitas setiap hari. Bangun jelang adzan subuh, masak nasi baru, lalu bikin bekal makan siang buat Aa Dilshad yang sudah SMA. Lanjut bikin bekal sarapan buat Bapa yang nggak sempat makan di rumah karena harus bermacet-macet ria ke kantornya di ibukota.

Usai Bapa dan Aa berangkat, lanjut ngurusin dua anak SD, yaitu Kk Rasyad dan Dd Irsyad. Mulai mandi, pakai baju, sarapan. dan bikin bekal cemilan, semua masih dikomandoin emaknya. Untung saja nggak tambah riweuh karena bekal makan siang mereka baru dikirim nanti siang oleh mamang ojek.

Untuk bekal cemilan pas istirahat pertama, biasanya Kk dan Dd membawa roti atau cemilan lain. Kk sebenarnya jarang bawa bekal cemilan karena suka jajan di kantin. Sedangkan Dd belum boleh turun ke kantin karena masih kelas 1, jadi saya selalu bawakan bekal cemilan untuknya.

Biar nggak bosen, saya usahakan bikin bekal yang berbeda. Tapi sering kali ya itu itu saja karena anaknya sendiri yang minta begitu, hehe. Nah, untuk bekal kali ini saya bikin mini burger. Disebut mini karena ukurannya yang mungil. Isian daging burger saya buat sekalian ketika memasak Bistik Bola Daging Saus Barbeque. Adonan daging saya bagi dua. Yaitu dibentuk bola dan untuk burger saya bikin jadi gepeng dan dibalur dengan tepung panir. 

Simak bahan dan cara membuatnya yuk...

Daun selada, keju, saus tomat, dan mayones
Bahan (disesuaikan dengan jumlah burger):
  • roti tawar (1 lembar untuk 2 mini burger)
  • keju, iris tipis
  • saus tomat
  • saus sambal (jika ingin pedas)
  • mayones
  • daun selada, sobek sesuai ukuran roti
  • irisan tomat (optional)

Bahan bola daging (untuk 15 mini burger):
  • 250 gr daging cincang
  • 2 siung bawang putih
  • setengah lembar roti tawar, sobek sekecil mungkin
  • 1 sdm tepung panir untuk adonan, 5 sdm tepung panir untuk membalur
  • setengah sdm tepung kanji
  • 1 butir telur untuk adonan, 2 putih telur untuk membalur
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya (optional) 

Cara membuat bola daging:
  1. Tumbuk halus bawang putih, garam, penyedap rasa, dan merica. Aduk rata dengan daging cincang, tepung panir, tepung kanji, dan 1 butir telur. 
  2. Test rasa: didihkan air di dalam panci, ambil sedikit adonan, celupkan ke panci, setelah mengapung cicipi rasanya. 
  3. Setelah rasanya pas, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, lalu pipihkan menjadi daging burger. Diameter burger 4 cm. Tebal sekitar 1 cm.
  4. Balurkan daging ke tepung panir. Celupkan ke putih telur yang sudah dikocok, langsung balurkan ke tepung panir. Lakukan pada semua daging burger hingga terbalut tepung panir. 
  5. Simpan daging burger di freezer. Alasi dengan plastik. Beri jarak antar burger dan jangan ditumpuk. Diamkan semalaman.
  6. Jika ingin langsung menggoreng burger, simpan dulu di freezer selama kurang lebih 30 menit supaya tepung panir menempel sempurna.
  
Membuat Mini Burger:
  1. Keluarkan daging burger dari kulkas. Goreng dengan api kecil. Angkat, sisihkan.
  2. Cetak roti tawar menjadi bulatan kecil dengan diameter 5 cm. Saya menggunakan wadah telur untuk mencetaknya. Bisa gunakan gelas sloki atau yang lainnya.

    Mencetak roti burger
  3. Daging burger yang sudah digoreng
  4. Ambil dua potong roti untuk satu mini burger. Olesi roti bagian bawah dengan mayones, tata daun selada dan keju, taruh daging burger, olesi roti bagian atas dengan saus tomat dan atau saus sambal. Gunakan tusuk gigi sebagai sentuhan akhir supaya mini burger tetap menyatu.Oia, saya tidak pakai tomat karena anak-anak kurang suka.
    Beri tusuk gigi biar nggak kabur :D
  5. Selesai! Mini burger yang imut dan menggemaskan siap dinikmati atau dijadikan bekal sekolah.
Mini burger tampak atas
 
Mini burger sudah siap!
Alhamdulillah, Dd Irsyad suka dengan bekalnya. Sepulang sekolah, Dd cerita kalau teman-temannya kagum melihat mini burger yang dibawanya. Pagi itu, saya membuat 9 mini burger. 3 mini burger masing-masing untuk Kk dan Dd. Sedangkan 3 sisanya dimakan oleh saya dan Aa di rumah. Kebetulan Aa sedang libur. Kata Aa, bentuknya lucu! Sayang buat dimakan, hehehe.
Si gendut mini burger ini enak banget deh!


Bukan cuma buat bekal sekolah aja, mini burger buat cemilan agak berat juga bisa banget! Buat sarapan, atau suguhan arisan juga oke. Selamat mencoba ya!

Mini burger imut yang lezat

2 comments:

  1. enak sekali tapi tahapannya banyak ya, bagi daku yang suka yang praktis mungkin sulit ya

    ReplyDelete
  2. Duh unyuuu burgernya😄 pengen nyoba juga ah... tp agak ngeri lihat tusuk gigi yg tajam2 itu.... apalagi.buat anak2 yaa..

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^