Friday, February 2, 2018

Nasi Liwet Tulang Jambal Magicom

Nasi liwet tulang jambal

Nasi liwet tulang jambal ini sudah lama pengen saya bikin. Tapi belum kesampaian karena belum ketemu tulang jambal yang oke buat dieksekusi. Akhirnya baru terlaksana setelah Bapa pulang bawa oleh-oleh ikan asin jambal dari Palangkaraya. Heu, jauh amat ya bawa ikan asin kok dari Kalimantan.

Ikan asin yang kayaknya dari ikan gabus ini ukurannya lumayan besar. Tulangnya juga berukuran jumbo. Wah, cocok banget nih buat dibikin nasi liwet tulang jambal. Secara tulang jambal kan rada susah jadi lauk makan karena daginnya cuma seuprit. 

Saya tergiur dengan nasi liwet tulang jambal yang pernah dibuat Mbak Myra di postingan Memasak Nasi Liwet Tulang Jambal di Belanda. Nasi liwet yang dibuat Mbak Myra menggunakan panci teflon anti lengket. Saya juga punya pancinya. Kan kita sama-sama promo alat masaknya waktu itu, hehe. Nah, nasi liwet yang saya buat sekarang pakai magicom. Biar enak ditinggal masak cuma dengan pencet tombol doang. 

Yuk, mari kita kemon eh mari kita masak...

Bahan:
  • 3 cup beras
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah, iris serong
  • 5 buah cabai rawit (optional)
  • 100 gr tulang jambal roti 
  • 1 ikat kemangi, siangi
  • 2 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas, geprek
  • garam secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis

resep nasi liwet tulang jambal
Bahan membuat nasi liwet tulang jambal
Cara membuat:

1) Potong-potong tulang jambal. Rendam dalam air panas selama 10 menit, tiriskan.

2) Goreng tulang jambal sampai matang kecoklatan, sisihkan.

3) Iris halus bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. 



Nasi liwet tulang jambal
Bumbu iris
4) Cuci beras, sisihkan. 

5) Panaskan minyak bekas menggoreng tulang jambal dalam wadah magicom.


6) Tumis bumbu iris, serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas sampai harum.

7) Masukkan tulang jambal, bubuhi garam.

8) Tambahkan beras dan air untuk memasaknya.  

9) Takaran air adalah 1 ruas jari dari atas permukaan beras.


resep nasi liwet tulang jambal
Siap dimasak
10) Jangan lupa tekan tombol COOK ya!

Nasi liwet tulang jambal
Tombol cook yang harus diganjal (sudah rusak :D)
11) Masak sampai matang. Disela proses memasak, aduk sesekali supaya tidak gosong.


Nasi liwet tulang jambal
Aduk sesekali
12) Koreksi rasanya sebelum dihidangkan. Angkat, sajikan hangat.

Iyes! Sudah matang! Mari kita nikmati. Lebih enak disajikan bersama sambal dan lalapan.


Nasi liwet tulang jambal
Tulang jambal yang tinggal dinyup-nyupin :D

Nasi liwet tulang jambal
Nasi liwet tulang jambal


8 comments:

  1. Oh harus diaduk ya?
    Pantesan kalo beli nasi liwet, suka ngumpul semua isinya di atas.
    Saya skrinsyut ya mbak, supaya mudah kalo ntar bikin.
    Mau beli tulang jambal dulu 😀😅

    ReplyDelete
  2. Nasi liwet bikin ngebet makan. Apalagi pake lauk ayam goreng..

    ReplyDelete
  3. wah kalau aku ke mertua pasti suak dibikinin nasi liwet duh enak sekali

    ReplyDelete
  4. salfok sama ganjelan rice cookernya mba heehee

    jd pengen buat gampil y mba

    ReplyDelete
  5. wih.. praktis ya bikinnya bisa pake rice cooker di rumah, siang2 gini baca postingan kakak, aku jadi laperr, pingin juga bikin di rumah, catat dulu yuk ah resepnya... ^^

    ReplyDelete
  6. bikin ngiler nasi liwetnya, pasti mantap nih

    ReplyDelete
  7. Halooo....mbak chef Inna :) Waaahhh menggugah selera bingits ini..kesukaanku. Btw ternyata ga sesulit bayanganku ya bikin nasi liwet di magic jar. Boleh nih dipraktekkan pas weekend ah, tks.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^