Wednesday, January 31, 2018

Sayap Ayam Goreng Mentega Saori


Sayap ayam goreng mentega saori ini sudah lama saya bikin. Ketika tahu ada lombanya, saya belum sempat untuk posting. Lalu, tahu-tahu sudah deadline alias lombanya udahan haha. Sebenernya saya berniat ikutan, tapi mau foto ulang karena kok yaa foto saya jelek banget kalau buat diikutkan lomba. Kalau buat blog sih biarin aja pasang foto jelek nggak jelas, yang penting resepnya jelas. Maapin ya. Beginilah dapur ngebut. Saking ngebutnya masak nggak merhatiin keindahan foto, hiks.

Balik lagi ke ayam goreng mentega. Kali ini saya pakai sayap ayam semua. Kenapa? Yah adanya itu di tukang sayur (pasrah). Kalau mau nyamperin mamang ayam potong, saya kudu nguber ke bunderan depan komplek. Itu pas lagi rajin. Seringnya sih males. Haiyah ketahuan.
Baca juga: So Good Sayap Ayam Goreng Mentega

Baiklah, daripada lama-lama saya keterusan curhat, mari kita mulai bikin sayap ayam goreng mentega. Masak menu ini pakai Saori saus siap pakai oriental warna kuning dengan rasa mentega. Oia, bumbu instan yang satu ini termasuk baru lho. Belum banyak dijual di warung sayur terdekat. Kalau mau beli, ada di minimarket sejuta umat dekat rumah. Itu juga kalau stoknya masih ada ya.

Bahan:
  • 500 gr sayap ayam
  • 1 bungkus Saori rasa mentega
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 batang daun bawang
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sdt kecap asin
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 200 ml air matang
  • minyak goreng secukupnya
Bumbu lumur sayap ayam, haluskan:
  • 4 siung bawang putih
  • garam secukupnya

Bahan sayap ayam goreng mentega (ayamnya lupa difoto :D)
Cara membuat:

1) Lumuri sayap ayam dengan bumbu halus. Diamkan selama 30 menit atau lebih.

2) Ungkep sayap ayam dengan air secukupnya (sampai terendam) sampai matang.

3) Panaskan minyak goreng. Goreng sayap ayam hinga matang kecoklatan. Tiriskan.

Sayap ayam yang sudah digoreng
4) Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu.

5) Masukkan daun bawang, tumis sampai layu.

6) Masukkan ayam goreng, aduk rata. 

7) Tambahkan air, garam, merica, Saori rasa mentega, kecap manis, dan kecap asin.

8) Masak hingga kuah menyusut dan meresap pada sayap ayam. Koreksi rasanya.

9) Sajikan hangat.

Waktunya makan! Mari kita cicipi sayap ayam goreng mentega Saori. Hmm, bumbunya pas! Nggak kalah deh sama ayam goreng mentega yang ada di restoran. Oia, kadar gurih saus mentega ini bisa disesuaikan ya. Mau banyak bisa, mau sedikit ya pakai Saori rasa mentega secukupnya saja.

Sayap ayam goreng mentega Saori
Selamat mencoba, ya! Baca juga resep dari Saori saus oriental lain:

Sayap ayam goreng mentega  dengan Saori rasa Mentega

2 comments:

  1. Wahh mau coba ini, gavin suka banget spicy wing mba, tp beli yg kemasan, mirip2 gini..wajib jajal nih resepnya hihi

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^