Resep Danmuji Kimbab dengan Sekai Rice Cooker Anti Basi


Assalamualaikum!

Masak apa hari ini? Para ibu yang rajin masak di dapur tentunya menyajikan menu yang berbeda untuk keluarga tercinta. Tapi ada setiap hari dimasak dan nggak bikin bosen... yaitu nasi!

Sebegitu cintanya dengan nasi, saya kerap membuat olahan dari nasi untuk variasin. Di rumah sesekali bikin nasi goreng (ini mah sering banget), nasi liwet, nasi uduk, nasi tim, atau nasi kuning saat ada yang berulang tahun.

Untuk bekal sekolah, saya bikin variasi nasi yang menarik supaya anak-anak lahap menyantapnya. Seperti bikin sushi, onigiri atau kimbab. Pulang sekolah, anak saya cerita kalau teman-temannya ikut ngiler melihat bekal yang menggiurkan tersebut. 

Kimbab untuk bekal sekolah

Olahan nasi yang paling sering saya buat untuk bekal sekolah adalah kimbab. Kimbab dari Korea ini masih bersaudara dengan sushi dari Jepang. Sama-sama menggunakan nasi yang dibungkus dengan nori (rumput laut kering). Bedanya hanya pada varian isinya saja. Sushi lebih banyak variannya, bahkan sampai yang pakai daging ikan mentah juga ada. Sedangkan kimbab isiannya matang semua dan ada olahan daging sapi yang sudah dibumbui.

Langsung saja saya spill (berasa teteh jualan online hehe) resep olahan nasi kesukaan anak-anak, yaitu kimbab. Kali ini saya mau membuat danmuji kimbab. Yaitu kimbab yang diisi dengan danmuji, acar lobak khas Korea. Danmuji bentuknya disesuikan untuk isian kimbab, yaitu dipotong memanjang. Ada juga danmuji irisan bulat tipis untuk dijadikan side dish.

Yuk mari kita simak...

RESEP DANMUJI KIMBAB

Bahan:
  • 400 gr nasi pulen yang baru matang
  • 2 helai danmuji (acar lobak korea)
  • 3 lembar nori
  • 10 gr kol ungu
  • 5 buah crab stick
  • 5 buah nuget ayam bentuk stik
  • 1 batang wortel, iris memanjang
  • 1/2 buah timun, buang bijinya, iris memanjang
  • 1 butir telur dadar
  • 2 sdm minyak wijen
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt margarin
  • 1 sdt biji wijen
Cara membuat:
  1. Siapkan isian kimbab: rebus wortel dan crab stick (sebentar saja), goreng nuget, dan buat telur dadar.
  2. Ambil nori lembaran, potong jadi 4 bagian. Gunakan setiap lembarnya untuk menggulung wortel dan kol ungu. Hasilnya jadi 2 gulungan wortel dan 2 gulungan kol ungun untuk isian 2 buah kimbab.
  3. Siapkan sushi mat. Alasi dengan plastik. Taruh lembar nori di atasnya. Ambil 1 lembar nori, bagi jadi 2. Rekatkan setengah lembar nori tersebut dengan nori di atas sushi mat. Gunakan butiran nasi sebagai perekatnya.
  4. Timbang nasi pulen yang baru matang seberat 200 gr ke dalam mangkok. Beri sedikit garam dan 1/2 sdt minyak wijen. Aduk rata.
  5. Padatkan nasi di telapak tangan. Taruh nasi di atas nori dari ujung ke tengah. Ratakan.
  6. Letakkan telur dadar di atas nasi.
  7. Bersiap menggulung kimbab. Susun secara bergantian: kol ungu, timun. nuget, crabstick, dan wortel. Gulung secara perlahan dengan cara mengangkat sushi mat. Padatkan dan rapikan.
  8. Olesi kimbab dengan winyak wijen. Beri taburan biji wijen.
  9. Memotong kimbab. Gunakan pisau tajam yang sudah dibasahi sedikit air (agar tidak lengket). Potong kimbab 1 cm atau sesuai selera.
  10. Kimbab siap dinikmati.
(untuk 2 buah kimbab)


Kunci Kepulenan Nasi Kimbab

Membuat kimbab dan juga sushi diperlukan nasi putih yang pulen. Jika tidak pulen, ya teksturnya kurang cantik dan tidak bisa melekat sempurna. Diperlukan alat penanak nasi atau rice cooker yang berkualitas. 

Nasi pulen untuk membuat kimbab

Sebagai orang Indonesia yang katanya nggak makan kalau tidak ada nasi, memasak nasi adalah kewajiban yang harus kita laksanakan. Tapi... ada masalah nih. Pernah nggak sih mengalami sudah masak nasi pada pagi hari, eh saat sore nasinya sudah basi?

Duh, bikin kecewa jadinya. Terutama bagi yang jumlah anggota keluarganya ada banyak dan sang ibu punya kesibukan. Mau tidak mau, ya harus masak banyak juga. Masak nasi sekalian banyak supaya cukup saat akan disantap bersama pada jam makan siang bahkan bisa sampai jam makan malam.

Kebayang kalau nasi yang basi itu cukup banyak. Jatuhnya jadi mubazir ya, buang-buang makanan. Waktu dan tenaga saat memasak pun terbuang percuma.

Tanya sana tanya sini, akhirnya saya menemukan solusi untuk berpisah dengan masalah nasi yang cepat basi ini. Yaitu mengganti ricecooker lama dengan ricecooker baru yang bikin nasi anti basi. Aih emang ada? Ada dong! Simak ceritanya ya...

Sekai Rice Cooker: Solusi Nasi Anti Basi 

Saat berjumpa (eciee) dengan Sekai Rice Cooker, sempet kaget dengan harganya yang cukup terjangkau. Ternyata, punya rice cooker berkualitas tidak harus dengan harga yang mahal.

Merk SEKAI pada perlengkapan rumah tangga dan elektronik sudah memenuhi standard SNI. Jadi aman digunakan, ada garansi yang menjaga kualitas produknya.

Cari rice cooker berkualitas? Coba Sekai rice cooker deh. Ada dua produk rice cooker dengan kecanggihan fiturnya yang membuat nasi anti basi.
Yaitu Sekai Rice Cooker CMW 515 dan Sekai Rice Cooker CMW 520. 

Sama seperti rice cooker pada umumnya, Sekai rice cooker berfungsi untuk menanak nasi dan sekaligus penghangat nasi yang tahan lama dan anti basi. Ini dia kelebihan Sekai rice cooker dibandingkan rice cooker lainnya. Percaya nggak sih, nasi bisa awet lama sampai 48 jam! 

Fitur andalan Sekai Rice Cooker

Apa sih kelebihan dari Sekai Rice Cooker ini sampai bisa bikin aku jatuh hati? Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Rice cooker anti basi hingga 48 jam.
Ini dia fitur yang paling aku suka: nasi tetap enak dan tidak basi hingga 48 jam! Sekai Rice Cooker menjaga nasi tetap hangat tanpa membuatnya kering atau berbau. Penghangat pada Sekai Rice Cooker menggunakan 3D Heating Element. Terknologi ini nih yang bikin makanan yang dimasak tahan lama. Beneran #Ricecookerantibasi48Jam deh!

2. Low Watt
Sekai Rice Cooker dapat beroperasi di tegangan listrik rumah tangga yang rendah. Nggak kuatir listrik tiba-tiba ngejeglek pas mau masak nasi. Cuma memerlukan daya 395 Watt dan tegangan 220 V / 50 Hz.

3. Material Anti Lengket dan Anti Gores
Panci yang terbuat dari material berkualitas sehingga tidak mudah lengket, anti gores dan mudah dibersihkan.

4. Kapasitas 1.8L
Pas banget kapasitas 1,8 liter yang besar ini cocok untuk memasak nasi dalam jumlah banyak. 

5. Harga Terjangkau dan Tahan Lama
Sekai Rice Cooker adalah salah satu rice cooker termurah di pasaran. Tapi jangan salah, meskipun harganya murah, kualitasnya tidak murahan. Rice cooker ini dibuat dengan material yang tahan lama sehingga bisa bertahan dalam pemakaian jangka panjang. 

6. Free Service Seumur Hidup
Fitur satu ini juga sangat menguntungkan: free service seumur hidup! Bayangkan, kita tidak perlu repot memikirkan biaya servis jika ada masalah dengan rice cooker ini. Hanya saja, Moms perlu menyiapkan biaya penggantian sparepart jika diperlukan. Tapi tetap saja, layanan ini sangat membantu dan memberikan rasa tenang karena kita tahu ada dukungan penuh dari Sekai.

Mari kenalan dulu dengan Sekai Rice Coojer CMW 515 dan Sekai Rice Cooker 520...

Sekai Rice Cooker CMW 515

Sekai Rice Coojer CMW 515 warna putih

Spesifikasi produk Sekai Rice Cooker CMW 515:
  • Kapasitas memasak 1.8L
  • Low watt hanya 395 watt dan 220V / 50Hz
  • Fitur: 3D heating elemen bikin nasi anti basi
  • Food grade
  • Panci nanotech, anti lengket dan antigores
  • Warna yang tersedia putih dan hitam

Sekai Rice Cooker CMW 520


Sekai Rice Cooker CMW 520 warna rose gold 

Spesifikasi produk Sekai Rice Cooker CMW 520:
  • Kapasitas 1.8 L
  • Hemat listrik, low watt hanya 395 watt dan 220V-50Hz
  • Fitur: 3D heating elemen bikin nasi anti basi
  • Food grade
  • Panci nanotech, anti lengket dan antigores
  • Stainless Body
  • Warna yang tersedia Bronze and Rose Gold

Sekai Rice Cooker Anti Basi Andalan Keluarga

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang aktif, kehadiran Sekai Rice Cooker benar-benar membuat hidup lebih mudah. Saya tidak perlu khawatir lagi soal nasi yang cepat basi dan bisa fokus pada kegiatan lain tanpa harus sering-sering mengecek kondisi nasi di rice cooker.

Sekai Rice Cooker memberikan banyak keuntungan tanpa membuat kantong jebol. Harganya terjangkau, fiturnya canggih, dan ada garansi seumur hidup.

Nah, buat Buibu yang penasaran dan ingin mencoba sendiri kehebatan Sekai Rice Cooker ini, aku punya rekomendasi tempat belanja yang terpercaya. Moms bisa membeli Sekai Rice Cooker di 
https://bit.ly/3V7PEkj

Selamat memasak nasi dengan Sekai Rice Cooker!

22 comments

  1. Assiiik mampir sini dapet contekan resep Kimbab bisa buat alternatif bekal anak-anak nih. Udah lama euy ga mampir ke Dapur Ngebut... apa kabar Maak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayyy mak ophiii pa kabar jugaa... maapken blog ini lama vakum krna lagi kurang fit :) kalo skr alhamdulillah sudah membaik. sehat sehat ya maakk makasi udah mampir lagi :*

      Delete
  2. Rice cooker di rumah udah agak ga beres, kayaknya Sekai ini bisa jadi salah satu rekomendasi untuk dipertimbangkan kalo mau ganti

    ReplyDelete
  3. jadi memudahkan untuk berkarya masakan menggunakan rice cooker sekai yang anti basi ini

    ReplyDelete
  4. Suka dengan tipe CMW 530 deh, elegan dan kayanya kokoh aja gitu. Btw, Mak, norinya juga bisa dicoba dengan kertas beras gitu nggak sih? Jadi kaya vietnamese spring roll :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nori diganti rice paper, nanti hasilnya jadi agak letoy gitu mak :D ... trus kulitnya ga kranci kayak pake nori dan jadi kenyel2. tapi kalo suka boleh dicoba

      Delete
  5. Aku belum pernah bikin Kimbab, tapi pernah bikin nasi kepal pakai Nori. Bocah suka. Masak nasinya emang paling penting dan rice cooker yang oke akan bantu itu. Beras lagi mahal juga kan. Kalau anti basi gini kan tenang

    ReplyDelete
  6. Wah bisa awet hingga 48 jam, idaman ibu-ibu ini, Sekai rice cooker dengan kecanggihan fiturnya yang membuat nasi anti basi. Resep danmuji kimbapnya oke banget, bisa dicoba buat bekal anak sekolah oke punyaaa

    ReplyDelete
  7. Thanks mbak untuk resep danmuji kimbabnya! Praktis banget buat bekal anak sekolah, pasti deh jadi favorit teman-temannya. Selain itu, tips soal nasi anti basi juga bermanfaat banget, apalagi buat yang suka masak nasi banyak untuk persediaan.

    Sekai Rice Cooker juga tampaknya jadi solusi yang oke buat masalah nasi cepat basi. Fiturnya keren banget, bisa bikin nasi tahan lama sampai 48 jam! Hemat listrik lagi, jadi nggak perlu khawatir kantong jebol. Buat ibu rumah tangga yang aktif, pasti Sekai Rice Cooker bisa jadi andalan di dapur.

    ReplyDelete
  8. kimbab makanan kesukaan molly banget. ternyata bisa bikin dari nasi rice cooker. mau cobain ahh resepnya.

    ReplyDelete
  9. iya juga ya, tiap hari masak nasi, tapi nggak pernah bosan makan nasi.
    Wih Rice cooker Sekai nasinya bisa tahan 48 jam nggak basi. Bagus nih buat yang malas masak nasi tiap hari.

    ReplyDelete
  10. Nah, ternyata ini resepnya kimbab yang warna warni itu ya, menggiurkan banget sih, haha. Btw, desain rice cookernya bagus ya, elegan gitu, bikin tampilan dapur juga jadi cakep

    ReplyDelete
  11. Baru kali ini "ngeh" kimbap - ternyata bisa juga dibuat sendiri ya (ish norak)
    kalau biasanya aku beli di lawson itu yang dibungkus nori - apa ya namanya - nah itu pokoke - rasanya lebih kaya ini deh, pake irisan macam macam sayur - alpukat - crabstick!

    Beli untuk bungkusnya dulu deh :)))

    ReplyDelete
  12. Apapun bentuk hidangan nasi yang dibuat, pasti kunci annya ada di teknik memasak nasinya ya. Soalnya di sini ini membuat masih tuh pulen enak atau malah keras dan kering.

    ReplyDelete
  13. Cakep banget itu kimbabnya dan rapi, aku masih belum lihai menggulung kimbab. Karena anakku suka banget makan sushi atau kimbab gitu, jadi memang jadi andalan banget menu satset gini sih.

    ReplyDelete
  14. Wah, cakep banget kimbabnya
    Bikin kimbab harus nasik yang enak ya
    Pastinya klo pakai rice cooker berkualitas, nasinya juga berkualitas

    ReplyDelete
  15. Maaakk gemeshh banget liat kimbabnya untunglah aku mampir ke postingan ini jadi dapet contekan resep kimbab deh. Kayanya sih gampang ya. Moga2 aku bisa bikin yang secantik buatan mak ina

    ReplyDelete
  16. Paling bete kalau masak nasi pakai Rice Cooker jadi cepat basi deh,,,mau praktis malah repot, tapi sejak aku pakai rice cooker SEKAI udah gak pernah lagi nasinya basi , awet aja ga kering juga tetap pulen, terbaik emang

    ReplyDelete
  17. Baru tau kalau danmuji itu acar lobak. Coba ah resepnya. Tapi bener nih.. Nasi kudu pulen biar bisa ke gulung ya, Chef.

    Saya juga kalau buat sushi begitu. Cari nasi pulen.

    ReplyDelete
  18. akhir-akhir ini nasiku sering banget tuh warnanya jadi berubah mungkin akan basi, mungkinkah pertanda harus beli rice cooker baru

    ReplyDelete
  19. Rice cooker Sekai bikin nasi pulen ya jadi ngga perlu nasi khusus kimbab, jadi ngiler banget lihat penampakan kimbab nya Teeh

    ReplyDelete
  20. Seger bangeeett kimbap nya pakai acar.
    Aku sukaaa..pas dimakan pasti kreess kreesss gitu kan yaa..
    Ini nikmat banget bisa bikin sendiri karena nasinya juaraaa pulennya.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^