Cara Mudah Membuat Brownies dengan Instant Cake Mix Brownies

cara membuat brownies

Assalamualaikum!

Gimana hari-hari setelah Lebaran? Sudah kembali riweuh beraktivitas pastinya ya. Ada anak-anak liburan di rumah, saya susah fokus nih buat kembali ngeblog rutin seperti biasa. Update terlambat lagi deh hehe.

Cerita sedikit ya. Beberapa hari yang lalu, ada teman kantor Bapa (suami saya) dari Medan yang mudik ke rumah orang tuanya di Bogor. Beliau mampir ke rumah membawakan oleh-oleh. Saat diberitahu akan ada tamu, kebetulan Bapa sudah masuk kerja. Saya disuruh menyediakan suguhan untuk tamu.

Bingung mau nyuguhin apa, lalu keingetan kalau kemarinnya saya nggak sempat bikin brownies buat ulang tahun Bapa. Sekalian aja bikin brownies deh. Kesian itu bahannya sudah nangkring manis di rak makanan, nunggu dibikin.

Biasanya kalau ada tamu, saya ambil praktis beli gorengan. Tapi kali ini belum tahu berapa orang yang datang, apakah sendiri, sama istrinya atau bawa anak istri. Andai beli gorengan, takutnya nggak kemakan kalau tamunya nggak jadi mampir (biasanya nanti dikasih orang lagi). Kalau bikin brownies, tamu nggak jadi mampir (cuma drop oleh-oleh doang), kan bisa dimakan buat sekeluarga.

Oke! Waktunya bikin brownies! Lho kok ada bahan yang kurang... yaitu kertas roti. Pagi begini mana ada toko bahan kue yang buka. Langsung deh nelpon bestie kang kueh tetangga, Mam Malikah, buat minta kertas roti. Ngebut naik sepeda buat ambilnya... wus! Tengkiyu bestie.

Sebentar... saya bikin kueh? Ini keajaiban dunia! Karena saya nggak suka bikin kue hahaha! Mending disuruh masak segambreng deh daripada bikin kue. Ya nggak suka aja. 

Makdarit, maka dari itu... saya bikin kueh via jalan ninja. Yaitu pakai instant cake mix brownies. Nggak perlu nimbang bahan lagi. Tinggal tambahin telur dan campur semua bahan di baskom, panggang (atau kukus), jadi deh.

cara membuat brownies
Alhamdulillah bisa bikin brownies :P


Brownies Instant Percobaan Pertama dan Kedua

Sebelumnya, saya sudah dua kali nyoba bikin brownies pakai instant cake mix brownies. Pertama saya bikin dengan cara dikukus (karena belum punya oven)... lalu gagal! Entah kenapa kok kayak yang benyek gitu. Fotonya lupa saya taruh dimana.

Kedua kalinya saya lupa bikin pakai oven atau dikukus ya. Perasaan sih dioven. Ralat saya ya buat yang tahu ini dioven atau dikukus kalau lihat dari fotonya...

cara membuat brownies
Brownies instan percobaan kedua


cara membuat brownies
Bikinnya gampang banget!

Brownies ini saya buat instant cake mix brownies yang saya lupa merknya apa, haha. Kayaknya sih merk Pondan. Kemasannya malah nggak difoto, ih ngeselin banget deh. Emang nggak niat buat postingan blog tadinya sih.

cara membuat brownies
Dipotong-potong biar gemesin

Brownies instan yang sudah jadi ini iseng saya potong-potong lalu dialasi dengan kertas cup. Hasilnya jadi manis seperti ini...


cara membuat brownies
Pakai kertas cup makin cantik

Brownies Instant Percobaan Kedua

Kalau barusan adalah foto-foto brownies dari percobaan kedua, sekarang saya mau pajang hasil percobaan yang ketiga. Tentu saja sekalian dengan resepnya (yang ada di kemasan). Kali ini saya nyobain instant cake mix brownies merk Haan. Beli di minimarket depan komplek.

cara membuat brownies
Instant cake mix merk Haan

cara membuat brownies
Petunjuk di kemasan

Petunjuk membuat brownies tertera jelas di kemasannya. Di dalamnya sudah ada tepung instant siap olah dan coklat chip. Bahan yang perlu ditambahkan tidak sama untuk versi kukus dan oven. Saya tulis ulang ya.

cara membuat brownies
Bahan dan cara membuat brownies

Brownies Instant Panggang

Bahan:

  • 1 bungkus instant cake mix Haan
  • 2 butir telur 
  • 150 gr minyak sayur
  • 25 gr air 

Cara membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celcius.
  2. Poles 2 loyang ukuran 22 x 10 x 4 cm dengan minyak sayur. Olesi dengan kertas roti (kertas roti saya oles dengan margarin).
  3. Campurkan premiks. telur, dan minyak sayur dalam satu wadah, aduk dengan spatula hingga rata.
  4. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam masing-masing loyang.
  5. Panggang selama 10 menit, lalu taburkan coklat chip.  Panggang kembali selama 25 menit.

Brownies Instant Kukus

Bahan:

  • 1 bungkus instant cake mix Haan
  • 3 butir telur
  • 100 gr minyak sayur
  • 25 gr air

Cara membuat:

  1. Panaskan kukusan.
  2. Poles 2 loyang ukuran 22 x 10 x 4 cm dengan minyak sayur. Olesi dengan kertas roti (kertas roti saya oles dengan margarin).
  3. Campurkan premiks. telur, minyak sayur, dan coklat chip dalam satu wadah, aduk dengan spatula hingga rata.
  4. Tuang 1/2 bagian adonan ke dalam masing-masing loyang.
  5. Kukus selama 35 menit.

Kesimpulan Produk Haan Instant Cake Mix Brownies

Agak deg-degan juga, takut gagal. Apalagi waktunya mepet, keburu dateng deh tamunya. Pas TING bel oven berbunyi, nggak lama kemudian tamu yang dinanti pun datang. Beliau ternyata membawakan kami bolu meranti khas Medan. Duh, kebanting ya sama brownis instan saya wkwkkw.

Akhirnya brownies yang tidak jadi disuguhkan untuk tamu pun habis sendiri di rumah. Sepertiga saya berikan ke teman ngaji yang sebelumnya nggak kebagian nasi kuning (karena hujan dan saya susah anter rumahnya jauh).

Brownies saya bikin di loyang panjang dan pinggan tahan panas ukuran kecil. Yang di loyang pakai coklat di lapisan tengahnya. Satu lagi pakai selai stroberi segar (diblender dan rebus sendiri). 

cara mudah membuat brownies
Brownies instan sudah jadi!

Nah pada foto berikut ini brownies full coklat. Tengahnya ada coklat, di atasnya juga. Tampilannya cakep, ada ada retakan dan sedikit berkilau. Rasanya... manis banget! Ternyata harus manis banget biar tampilannya jadi semenarik itu (kalau kurang gula, penampakannya kurang cantik).

cara membuat brownies
Brownisnya manis, enak!

Kesimpulan: membuat brownies dengan instant cake mix sungguh mempermudah hidup pada orang pemalas bikin kue seperti saya. Terutama buat pemula (saya juga). Takarannya sudah pas, tingkat kegagalannya sedikit (saya pas lagi apes aja waktu gagal). 

Soal merk, menurut saya merk Haan ini yang paling enak.Lumayan mirip dengan yang dijual di kang kueh langganan. Kalau punya rekomendasi merk lain, boleh kasih tahu saya ya.

Selamat mencoba!

cara membut brownies
Brownies yang lebih garing!

1 comment

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^