Cara Memasak Ikan Bakar Garing Anti Lengket di Teflon

cara memasak ikan bakar

Assalamualaikum!

Saya suka banget makan ikan bakar, tapi males bikin sendiri di rumah karena riweuh bekas masaknya. Tepatnya, malas mencuci bekas panggangan yang lengket. Kenapa bisa lengket? Kan pakai teflon anti lengket. 

Ceritanya ada teflon khusus memanggang yang baru saya beli. Baru dipakai dua tiga kali, eh sudah lengket setelah dipakai. Penyebabnya adalah lapisan teflonnya terkikis oleh asisten saya, saat dicuci malah digosok kuat dengan sabut cuci piring besi. Hiks.

Ada lagi teflon yang masih bagus, sengaja diawet-awet untuk memanggang yang non amis. Misalnya roti atau pisang bakar. Teflon bentuk bulat datar inilah yang jadi andalan kalau mau menanggang anti lengket. Ya masih ada lengketnya dikit sih. Tapi masih mudah dibersihkan kok.

Suatu hari, saya lagi belanja di warung sayur lihat ikan nila yang cakep banget. Rasanya pengen dibikin ikan bakar, tapi males bikinnya karena suka lengket di teflon. Lalu penjualnya menyarankan bikin ikan bakar dengan cara digoreng terlebih dahulu supaya hasilnya tidak lengket di teflon.

Teringat pernah makan di mana gitu, ikan bakarnya punya kulit yang cantik. Rupanya itu hasil dari digoreng terlebih dahulu. Penasaran, langsung saya coba dong. Percobaan pertama, berhasil. Seneng, sudah pasti. Percobaan kedua baru deh bisa sempat saya dokumentasikan. 


Cara Memasak Ikan Bakar Garing Anti Lengket di Teflon

Oia, selain ikan yang digoreng sebelum dibakar, saya juga pernah nyoba tips lain supaya ikan bakar nggak lengket. Saat memasak kemarin, beneran saya terapkan semua caranya haha. Yaitu:

1. Menggoreng ikan sebelum dibakar

Menurut Briliofood, ikan bakar yang digoreng terlebih dahulu berlaku untuk jenis ikan yang kulitnya tipis seperti ikan nila, lele atau bandeng. Tujuannya supaya kulit ikan jadi cukup kering hingga tidak mudah hancur saat dibakar. 

cara memasak ikan bakar
Ikan setelah digoreng

Ikan sudah dibumbui (marinasi) sebelumnya dengan perasan jeruk nipis dan garam. Jadi rasanya daging ikan bagian dalamnya nggak hambar. Bumbu untuk ikan bakar tetap dibuat ya. 

cara memasak ikan bakar
Ikan goreng dioles bumbu bakar

2. Alasi teflon dengan daun pisang

Supaya ikan tidak bersentuhan langsung dengan alat panggang teflon, alasi dengan daun pisang. Selain sisa bakaran tidak menempel langsung di teflon, daun pisang terbakar bisa menambah sedap aroma ikan bakar. Plus, jauh lebih mudah dibersihkan. Tinggal buang saja daun pisang usai memanggang, nggak perlu repot gosok teflon bekas bakar ikan.

3. Alasi teflon dengan alumunium foil

cara memasak ikan bakar

Sama dengan daun pisang, alumunium foil juga punya fungsi yang sama. Bedanya, nggak ada aroma daun pisang tentu saja hehe. Pilih alumunium foil khusus untuk memanggang ya, jangan buat membungkus karena kurang tebal. Sempat baca, untuk penggunaan alumunium foil dilubangi sedikit. Tapi kalau saya sih enggak, ya gelar gitu aja :D

4. Gunakan api kecil

Menurut Chef Jordhi Aldyan pada Kompas.com gunakan api kecil saat membakar ikan di teflon. Jika teflonnya terlalu panas, kulit ikan bisa langsung menempel. Kalau apinya terlalu besar ikan cepat matang di bagian luar tapi daging di dalamnya masih mentah.

5. Jangan sering dibolak-balik saat membakar ikan

Sebenarnya saya masih suka begini nih, ngebolak-balik ikan saat dibakar. Ternyata jadinya malah lebih lama mateng. Jadi cukup angkat dikit, intip apakah sudah kering atau belum sisi ikan yang dibakar, baru deh dibalik. Biar pas pasang timer kali ya atau pakai feeling aja kayak saya :D

Chef Jordhi bilang, cukup balik ikan bakar 1 kali saja. Oleskan bumbu dan minyak (atau margarin) setelah membalik sisi ikan. Matangkan bagian bawah selama 5 sampai 10 menit (untuk ikan yang masih mentah). 


Nah itu tadi selintas tips cara memasak ikan bakar garing anti lengket di teflon. Oia baru ingat, ikan bakar dengan cara digoreng dulu pernah saya makan di resto makanan sunda yang pelayanannya cepet. Jadi semua ikan sudah digoreng sebelum dibakar. 

Selanjutnya, share resep ikan bakar yang kemarin saya buat ya. Baru nyadar, ternyata belum ada resep ikan bakar di blog ini. Padahal saya sudah pernah bikin ikan bakar beberapa kali. Mungkin karena riweuh jadi nggak sempat foto.


Resep Ikan Nila Bakar Sambal Kecap 

cara memasak ikan bakar

Bahan:
  • 2 ekor ikan nila ukuran sedang 
  • air perasan jeruk nipis secukupnya
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • margarin secukupnya
cara memasak ikan bakar

Bumbu oles ikan bakar (haluskan):
  • 6 siung bawang merah 
  • 4 siung bawang putih 
  • 2 buah cabe merah besar
  • 3 butir kemiri 
  • 2 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
cara memasak ikan bakar

Sambal kecap (aduk rata):
  • 3 buah bawang merah, iris halus
  • 3 buah cabe rawit, iris halus
  • 1 buah tomat merah, iris kecil
  • 1 buah jeruk limau, ambil airnya
  • 4 sdm kecap manis
cara memasak ikan bakar


Cara membuat:
  1. Lumuri ikan dengan garam dan jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit di kulkas (atau suhu ruang dengan wadah tertutup rapat).
  2. Panaskan minyak goreng. Goreng ikan sampai matang kecoklatan. Angkat, tiriskan.
    cara memasak ikan bakar
    Menggoreng ikan

  3. Siapkan bumbu olesan ikan bakar, margarin, dan kecap manis. Aduk rata dalam 1 mangkok. Siap untuk membalur ikan dengan bumbunya.
    cara memasak ikan bakar
    Menyiapkan bumbu ikan bakar

  4. Olesi bumbu pada ikan yang sudah digoreng tadi. Sisakan 2 sdm untuk olesan saat dibakar nanti. 
    cara memasak ikan bakar
    Oles pada kedua sisinya

  5. Panaskan wajan teflon anti lengket yang sudah dialasi daun pisang atau alumunium foil (kalau nggak ada juga nggak apa-apa tanpa alas).
  6. Bakar ikan di wajan teflon dengan api kecil. Jangan lupa sisa bumbunya dioleskan lagi biar makin oke rasanya.
  7. Setelah matang kedua sisinya, angkat dan sajikan dengan sambal kecap.
Alhamdulillah, mateng juga nih. Kalau mau dihangatkan boleh aja, tapi jangan lama-lama supaya nggak tambah banyak gosongnya. Rasa ikan bakar dengan digoreng dulu memang kulitnya lebih garing. Bumbunya mudah menempel pada permukaan kulit ikan yang sudah digoreng.

Kalau soal rasa, memang jujurly lebih enak ikan yang dibakar dalam keadaan mentah di atas arang. Ya kayak yang dijual itu lho. Makanya supaya ikan bakar yang digoreng dulu ini enak bagian dalam dagingnya, saat dimarinasi kudu menyerap banget bumbunya. 

Kalau dari segi kepraktisan, tentu saya lebih suka ikan bakar yang digoreng terlebih dahulu ini. Maklum, saya mah nggak bisa (tepatnya malas) bakar ikan di atas arang. Juga males banget bakar ikan mentah di atas teflon... kapok!

cara memasak ikan bakar
Ikan bakar yang luarnya kranci dan dalamnya gurih

Kelebihan rasa dari ikan bakar yang digoreng terlebih dahulu ini selain waktu dan cara masaknya nggak nyusahin... yaitu tekstur luarnya kranci alias garing dan bagian dalam daging ikannya gurih. Ikan bakar model garing begini saya suka banget!

Selamat mencoba ya. 

Kabari saya hasilnya gimana kalau sudah matang :)

cara memasak ikan bakar

2 comments

  1. wuuuh sedaaap, cocok ini efek suka ikan kabar jadi makin sukaaa

    ReplyDelete
  2. Resep kesukaan keluarga apalagi di saat wisata kuliner tentu menu favoritnya dalah ikan bakar.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^