Resep Gampang: Sambal Dadak khas Sunda yang Menggugah Selera

sambal dadak

Assalamualaikum!

Siapa yang kalau makan nyariin sambal? Sambal sebagai pendamping lauk bikin makan makin nikmat. Bahkan bisa nambah nasi terus gara-gara ketemu sambal.

Saya suka sambal, tapi versi yang tidak terlalu pedas. Karena punya penyakit asam lambung. Meski dibatasi, trik untuk bisa makan sambal dengan nikmat walau punya sakit lambung adalah mengatur kapan sambal itu harus masuk ke perut. 

Trik makan sambal biar nggak sakit perut juga berlaku di bulan puasa. Maklum, perut dalam keadaan kosong. Kalau tetiba makan sambal, nanti takut mules atau sakit perut.

Supaya perut kosong nggak kaget banget saat menikmati sambal, makan dulu lauk dengan nasi sebanyak 2 sampai 3 suap tanpa sambal. Setelah 'pondasi' dirasa cukup, baru deh lanjutkan makan dengan sambal. Itu sih trik dari saya dan alhamdullillah masih bisa nikmatin sambal pedas meski punya sakit lambung hehe.

Kadang, saya masih bisa kok makan sambal yang pedas banget. Ini berlaku untuk waktu makan siang saja. Kalau saya makan sambal pas makan malam, perut terasa panas sewaktu tidur.

Terus, kalau ramadan pengen makan sambal pas buka puasa? Kan makan malam juga? Yaa... bikin sambelnya nggak terlalu pedas dong. Itu buat saya lho. Kalau teman-teman kuat makan pedas dan nggak masalah, silakan bikin sambal pedas super dower kesukaan :D

sambal dadak
Sambel bikin makan jadi meriah :D

Ngomongin sambal pasti tahu ada banyak variannya. Kali ini saya mau share resep Sambal Dadak khas Sunda. Ini mah wajib ada kalau berkunjung ke resto khas Sunda (ya iya lah).

Sebagai blasteran sunda dan tinggal di tanah sunda plus punya suami orang sunda, tentu saja saya sudah tidak asing lagi dengan si sambal dadak ini.

Kenapa diberi nama sambal dadak? Karena sambal ini dibuat mendadak, yaitu sesaat sebelum disajikan. Ujug-ujug nguleg sambel gitu pas sebelum makan. 

sambal dadak
Sambal dadak dan lalapan

Sambel dadak ini kurang seru kalau dibuat beberapa jam sebelumnya. Salah satu penyebabnya adalah sambal dengan bahan tomat segar ini mudah berair. Pernah saya bawa pulang sambal dadak dari resto, sampai rumah ya kadar airnya bertambah (tapi masih enak kok).

Yuk ah kita mulai ngulek sambal...

Resep Sambal Dadak khas Sunda

sambal dadak

Bahan:
  • 3 butir bawang merah
  • 5 buah cabe merah besar
  • 5 buah cabe rawit merah
  • 1 buah tomat merah, potong kasar
  • 1 cm terasi bakar
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • 1 sdt gula merah serut
  • 1 buah jeruk limau
Cara Membuat:
  1. Campur di ulekan: bawang merah, cabe merah, cabe rawit, terasi, gula merah, kaldu bubuk, dan garam. Ulek sampai semuanya tercampur rata, tidak perlu sampai halus banget.
  2. Masukkan tomat, haluskan sampai tomat lembek dan tercampur.
  3. Tuang sambal di mangkok atau sajikan bersama cobek ulekannya juga bisa. Kucuri dengan air jeruk limau. Sambal dadak siap dinikmati.

sambal dadak
Menggoda bukan?

Sebenernya baru banget kemarin saya bikin sambel dadak. Lauknya ayam panggang aja. Tadinya mau pakai sambel kecap biar nyambung dengan ayam panggang. Eh ditanya pasukan, pada pengen sambal dadak aja. Yasud bikin deh. 

sambal dadak
Bikin sambal dadak (3 April 2023)

Rencana mau fotoin sambelnya step by step kok nggak sempat ya. Maklum bikinnya kan ngedadak jelang buka puasa. Jadi saya pakepuk riweuh karena menyiapkan yang lain.

Selamat mencoba ya! Ini foto sambal dadak pakai lauk ikan goreng. Hmm rasanya mantap! 

sambal dadak



Postingan no. 7 untuk #BPNRamadanBlogChallenge2023

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^