Menu Lebaran Komplit Dimasak Sendiri? Pasti Bisa!


Assalamualaikum!

Alhamdulillah nyampe juga merayakan Idul Fitri 1444 H di tahun 2023 ini. Mohon maaf lahir batin ya. Terutama jika ada kesalahan yang disengaja maupun tidak dalam postingan blog ini. Gimana cerita Lebarannya? Seneng pastinya dan sekarang tinggal pegel-pegelnya aja... ya nggak?

Seperti tahun sebelumnya, saya dan keluarga merayakan Idul Fitri di kampung halaman Bapa. Yaitu di Bogor. Jaman masih merantau, bela-belain deh yang namanya mudik. Ada yang lewat jalur darat, sampai naik pesawat melintasi lautan. Setelah menetap di Bogor, lebih santai karena nggak mudik lah ya hehe. Tinggal keliling aja ke saudara terdekat di kota sekitarnya.

Pada postingan blog kali ini, saya mau bahas menu Lebaran. Walaupun sudah lewat, gapapa ya... sekedar buat kenang-kenangan dan catatan di blog. Bahwa sesungguhnya saya pernah lhoo masak abcd pas Lebaran.

Nah di tahun 2023 ini, kembali masak sendiri seperti sebelumnya. Karena sudah sering, lama-lama jadi semacam pelatihan. Awalnya masih butuh bala bantuan, sekarang saya minta bantuan seadanya saja. Bantuan dari suami dan 3 boyz nggak banyak karena saya merasa lebih gesit pak pik pek sendirian.

Alhamdulillah mateng semua!

Seluruh resep bisa dilihat pada postingan Lebaran tahun sebelumnya, yaitu: Resep Menu Lebaran Lengkap yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah.

Baiklah tanpa panjang lebar, saya langsung pajang aja yaa foto-foto masakan Lebaran kemarin. 

1. Ketupat 

Lebaran kurang lengkap tanpa kehadiran ketupat. Sebelum bisa bikin ketupat sendiri, saya kerap memesan ketupat ke saudara. Cuma bertahan 2 tahun alias 2 kali pesan saja karena riweuh ngirimnya kejauhan. Mana hasilnya nggak bagus-bagus amat ketupatnya. Maka dicoba deh bikin sendiri. 

Pertama bikin ketupat pakai kompor gas. Wow lama aja! Kedua bikin pakai panci presto, Bapa kurang suka dengan teksturnya yang agak lembek. Kemudian pas rumah dipasangin gas PGN, langsung deh semangat bikin ketupat pakai kompor gas lagi karena nggak takut bayarnya mahal.

Cara masak ketupat sama seperti lainnya. Isi cangkang 3/4 bagian dengan beras yang sudah direndam air. Rebus ketupat selama 4 jam di panci besar. Usahakan semua ketupat terendam air. Jadi kudu bolak-balik cek dan isi ulang air ke panci.

Setelah matang, ketupat diangin-angin dengan cara digantung. Ini lumayan bisa bikin ketupat awet sampai 3 hari. Mau lebih awet lagi, pas sudah dingin ketupat disimpan di kulkas (masukkan dulu ke wadah tertutup rapat biar nggak kering). Nanti pas mau makan tinggal dihangatkan dengan cara dikukus.
Lauk untuk makan ketupat

Mau lebih prakti masak ketupat? Bisa pakai ketupat instan yang bentuknya mungil dan menggemaskan: Masak Ketupat Jadi Mudah dengan Ketupat Mini.

2. Opor ayam kampung


Ini jugaa wajib ada setiap Lebaran. Kalau masak opor ayam kan sering. Nah, opor pakai ayam kampung adalah hidangan spesial untuk Hari Raya. Tambah spesial lagi karena ayam kampungnya segar, motong sendiri karena saya memang jualan ayam kampung hehe.

3. Rendang Daging Sapi


Tentu saja harus ada rendang! Ini beneran saya masak rendang daging sapi cuma setahun sekali. Kadang dua kali dengan Idul Adha (kalau lagi rajin). 

4. Sayur Godog Pepaya Muda



5. Telor Pindang Batik



6. Sambel Goreng Kentang Udang



7. Emping Goreng


8. Kolang-kaling Telang



Alhamdulillah seneng banget ketika semuanya terhidang di meja makan. Ada rasa bahagia dan puas karena berhasil masak sendiri (lagi) untuk Lebaran. Semoga diberi kesehatan untuk bisa masak Lebaran terus sampai punya cucu nanti, aamiin.

Formasi komplit hidangan Lebaran masak sendiri

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^