Kue Kering Lebaran Praktis: Koko Krunch Coklat, Tanpa Mixer dan Oven

koko krunch coklat

Assalamualaikum!

Apa kabar THR? Selamat ya buat yang sudah cair tunjangan hari raya-nya dan siap-siap dibelanjakan sesuai kewajiban dan keperluan. Selamat berbelanja dan menunaikan kewajiban zakat. Buat yang belum dapat THR, tenang... pasti akan indah pada waktunya, aamiin.

Persiapan untuk Lebaran selain berbelanja baju dan bahan makanan, tidak ketinggalan sedia kue kering juga dong. Meski saya dan keluarga bukan penggemar fanatik kue kering, namun tiap Lebaran selalu diusahain ada aja kue kering yang nampang di meja tamu.

Karena saya nggak bisa (tepatnya: malas) bikin kue kering, lebih sering beli jadi aja. Belinya juga nggak banyak. Paling tiga macam aja: nastar, kastengel, dan yang ada coklatnya. Pengennya sih buat cemilan di rumah atau suguhan tamu. Namun kenyataannya itu kue seringnya habis dalam waktu yang cukup lama (kecuali nastar keju kesukaan si bungsu).

Kok bisa nggak suka kue kering? Suka sih, tapi nggak kemaruk banget. Biasa aja. Kalo ada dan inget ya dimakan. Seringnya sih dicuekin haha. Mungkin karena saya nggak terlalu suka kue kering, jadinya nular ke anak-anak. 

Makdarit, maka dari itu, saya selalu menyediakan kue kering yang pasti disukai dan dimakan oleh anak-anak. Ya tiga jenis itu tadi. Bosen beli, tahun lalu saya mencoba bikin sendiri kue kering untuk dirumah. Dan kapok! Mending beli jadi aja... haha!

Bikin kue dan kue kering itu saya paling malas. Mending disuruh bikin masakan segambreng deh daripada bikin kueh. Kalau masak takaran bahan dan bumbunya bisa pakai feeling. Kalau bikin kue, jika feeling nggak bagus dan nggak tepat takarannya dijamin pasti gagal. Ya kan?

Nah kapan hari saya nyobain dong bikin kue kering tapi yang nggak riweuh. Yaitu kue kering praktis Koko Krunch Coklat tanpa mixer dan oven. Cari yang gampang aja yee... yuk, bikin juga!

koko krunch coklat

Resep Kue Kering Koko Krunch Coklat

koko krunch coklat

Bahan:

  • 150 gr koko
  • 150 gr coklat batang
  • sprinkle secukupnya (saya pakai mesis warna-warni)
Cara membuat:
  1. Lelehkan coklat batang dengan cara ditim.koko krunch coklat
  2. Tuang koko krunch di mangkok. Campurkan coklat leleh, aduk rata.
  3. Tuang 1 sdm adonan kok krunch ke cup kertas. 
  4. Taburi dengan sprinkle.
  5. Dinginkan sebentar di kulkas selama 15 menit. 
  6. Pindahkan kue koko krunch ke wadah tertutup.

koko krunch coklat
koko krunch coklat

Sudah gitu aja. Gampang banget kan? Cocok pisan buat orang seperti saya... yaitu yang nggak suka riweuh bikin kue. Namanya nggak berpengalaman, dimaklumi yaa kalau bentuknya kurang cantik dan rada-rada ajojing gitu.

koko krunch coklat

Meskipun bentuknya rada mencong, tapi soal rasa... enak banget lho! Jangan lupa taruh di wadah tertutup rapat. Dalam foto itu wadahnya kurang kedap udara. Entah mengapa setelah agak lama perasaan jadi masuk angin alias kurang renyah lagi.

koko krunch coklat

Berhubung saya lagi agak-agak puyeng buat mikir mau nulis apa lagi, sebagai penutup saya pajang foto-foto kue koko krunch yang sudah jadi ya. Selamat mencoba!

koko krunch coklat
Kue kering koko krunch yang manis

koko krunch coklat

koko krunch coklat

koko krunch coklat

Postingan no. 11 untuk #BPNRamadanBlogChallenge2023

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^