Masak Praktis Hidangan Lebaran: Sayur Godog Pepaya Muda Pakai Bamboe Bumbu Sambal Goreng Ati

sayur godog pepaya muda

Assalamualaikum!

Alhamdulillah sudah mau Lebaran nih! Hari ini mulai ada keributan tentang kapan tepatnya kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Terutama heboh di warung sayur. Maklum, ibu-ibu yang paling cemas tentang kapan Lebaran... untuk menentukan kapan harus masak ketupat dan rendang.

Saya sendiri, baru saja suami bilang bahwa kami akan berlebaran hari Jumat tanggal 21 April 2023. Bukan mengikuti Muhamadiah yang merayakan Idul Fitri terlebih dahulu. Namun pertimbangan setelah searching tentang usia bulan. 

Terlepas dari perdebatan kapan Lebaran, mau ikut pemerintah atau ikut yang yakin duluan... pastinya ada kesamaan bahwa kita sama-sama riweuh masak hidangan Lebaran. Yakan!

Nah kali ini saya mau share resep hidangan Lebaran. Yaitu Sayur Godog Pepaya Muda. Kebetulan foto-fotonya sengaja disimpan untuk postingan blog menu Lebaran. Foto bikin masakan ini tahun 2022 atau sebelumnya. Tahu-tahu ada aja di draft. Menanti untuk diposting. 

Hidangan Sayur Godog Pepaya muda jadi kewajiban yang harus ada setiap Hari Raya Idul Fitri. Pertama kali bikin waktu awal nikah dan kebetulan lagi nggak mudik. 

Untuk membuat sayur godog pepaya muda, diperlukan yaa pastinya buah pepaya yang masih muda bin mengkal. Waktu itu pepaya tinggal petik di halaman depan rumah kontrakan di Denpasar Bali. 

Pepaya muda dalam sayur godogharus diiris tipis, supaya mudah tercampur sebagai kuah ketupat. Cara membuatnya jadi irisan korek api tipis memanjang juga saya baru tahu dari suami. Yaitu dengan telaten buah pepaya dicacah-cacah, irisannya langsung ditampung di baskom. Cukup menyita waktu juga ngerjainnya.

Setelah tinggal di Bogor, saya nggak repot nyuruh suami mencacah pepaya muda lagi. Soalnya di warung sayur sudah dijual cacahan pepaya muda. Tinggal plung dimasak deh. Praktis kan!

sayur godog pepaya muda
Pepaya yang sudah dicacah

Ngomongin soal praktis, masak hidangan Lebaran kan banyak macamnya tuh. Nggak ada deh praktis-praktisnya. Semua menu bikin riweuh! Ada rendang daging, opor ayam, ketupat, sambal goreng ati, dan sebagainya.

Supaya kita hemat energi (apalagi nggak ada asisten yang bantuin), saya pakai bumbu instan biar masaknya cepat enak dan bikinnya sat set sat set cepet jadi!

Seperti sudah jadi langganan, saya selalu pakai bumbu instan merk Bamboe untuk memasak hidangan Lebaran. Buat bikin sayur godog, pilihan jatuh pada Bamboe Bumbu Sambal Goreng Ati. Lho kok pakai bumbu sambal goreng ati? Ini bumbunya sama aja kayak kita mau bikin sambal goreng hati. Jadi saya pilih varian yang ini. 

sayur godog pepaya muda
Bamboe bumbu sambal goreng ati

Oia ada catatan tambahan. Saya selalu menambahkan bumbu alami sendiri di setiap masakan yang menggunakan bumbu instan. Gunanya supaya tidak berasa 'pengawet' banget jika pakai full bumbu instan. Jadi bumbu instan hanya pelengkap saja ya. Jumlah bumbu alami biasanya dikurangi separuh porsinya jika menggunakan bumbu instan.

Mari mulai memasak!

Resep Sayur Godog Pepaya Muda

sayur godog pepaya muda

Bahan:

  • 1 buah pepaya muda ukuran sedang
  • 1 bungkus Bamboe Bumbu Sambal Goreng Ati
  • 1 papan pete, siangi dan potong 4 bagian setiap bijinya
  • 5 cm lengkuas, geprek
  • 1 batang sereh, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 500 ml santan dari 1 buah kelapa parut
  • air matang secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis secukupnya
Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 5 buah cabe merah besar (lupa difoto)
  • garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak goreng di panci. Masukkan bumbu halus, Bamboe Bumbu Sambel Goreng Ati, lengkuas, sereh, daun jeruk, daun salam. 
  2. Masukkan pete, tumis sampai layu. 
  3. sayur godog pepaya muda
  4. Masukkan cacahan pepaya muda, aduk rata.
  5. sayur godog pepaya muda
  6. Tuang air sampai pepaya terendam, masak sebentar.
    sayur godog pepaya muda

  7. Tuang santan, masak sampai pepaya matang. Koreksi rasanya.
  8. Sajikan hangat untuk kuah ketupat Lebaran.
Kalau sayur godog sudah matang, boleh laa bersanding dengan ketupat, opor ayam dan rendang. Sebenarnya, untuk kuah ketupat bisa sekalian pakai opor ayam. Tapi buat pencinta pedas dan agak pedas, ketupat diguyur sayur godog pepaya is the best!

sayur godog pepaya muda
Alhamdulillah ada sayur godog pepaya muda

Ketika berkunjung ke rumah saudara dan kebetulan nggak ada si sayur godog pepaya, biasanya saya mengakali dengan banyak ngambil bumbu rendang. Aduk bumbu rendang dengan kuah opor... jadi deh kuah merah bak kuah sayur godog pepaya hehehe.

Berhubung saya mau masak buat buka puasa habis shalat ashar sebentar lagi, postingannya saya akhiri dulu ya. Masih ada postingan pamungkas terakhir di bulan puasa besok. 

Sampai ketemu lagi dan selamat memasak hidangan Lebaran!

sayur godog pepaya muda


Postingan no. 14 untuk #BPNRamadanBlogChallenge2023

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^