Segar dan Sehatnya Smoothies Bowl Buah Naga untuk Diet dan Tajil Buka Puasa

smoothies buah naga

Assalamualaikum! 

Cuaca hari ini lumayan panas ya. Saya yang habis bepergian tadi pagi, pas masuk rumah jelang siang rasanya nyes adem bener. Saat bulan puasa, saya banyak mengurangi aktivitas di siang hari, tepatnya berkendara di tengah terik matahari. Takut haus, haha!

Ngomongin soal adem, saya mau bikin yang adem juga. Yaitu smoothie (dibaca smuti, bukan disemutin ya). Menurut Wikipedia, smoothie, smoothy, atau smuthi adalah sebuah minuman yang terbuat dari buah dan atau sayur mentah memakai sebuah blender. Maksudnya diblender gitu.

Paling enak sih yang dibuat jadi smoothie yaitu buah-buahan. Tapi ada juga lho smoothie dari sayuran. Untuk menambah rasa, biasanya smoothie ditambahkan susu, yoghurt atau es krim. Ada juga yang pakai madu, bubuk protein atau suplemen lainnya tergantung selera.

Waktu saya menjalani program diet (eciyee diet), beberapa kali saya membuat smoothie untuk sarapan. Tentu saja dengan campuran suplemen khusus untuk menunjang diet.  Smoothie saya jadikan sarapan... enak dan cukup mengenyangkan.

Berhubung ini lagi bulan puasa, bisa banget lho smoothie dibuat untuk menu tajil pas buka puasa lagi. Gantinya minum es buah atau es teh. Smoothie yang lebih padat dengan isi buah ini pastinya lebih sehat dong.

Kali ini saya mau membuat Smoothie Buah Naga. Beneran lho, buah naga ini naik daun banget pas bulan puasa. Mungkin karena jadi idola untuk campuran minum es buah (selain blewah dan teman-temannya). Minggu lalu saya beli sekilo 18 ribu. Eh tadi pagi sudah naik harganya jadi 20 ribu. 

Sebelum diblender, buah yang akan dibekukan dulu biar lebih enak. Ada juga yang langsung memblender buah tanpa dibekukan, ya nggak apa-apa. Tapi kalau nggak dibekukan dulu, kesannya kayak jus buah hehe.

smoothies buah naga
Tekstur smoothies yang smooth!

Okede, berhubung buah naga baru saya beli tadi pagi dan nggak sempat diblender... saya pakai stok foto lama saja ya untuk resep smoothie kali ini. Ini adalah smoothie yang saya buat dengan campuran suplemen diet. Bisa diganti dengan susu uht plain atau susu bubuk putih.

Biar tampil beda, smoothie saya tata di gelas besar yang menyerupai mangkok. Judulnya jadi Smoothies Bowl Buah Naga. Cakep kan.

smoothies buah naga
Smoothies Bowl Buah Naga

Yuk kita buat sekarang...

Resep Smoothie Bowl Buah Naga

smoothies buah naga

Bahan:
  • 1 buah naga ukuran sedang
  • 1/2 buah pisang cavendis untuk pemanis, potong bulat
  • 50 ml susu uht plain
  • 2 sdm plain yogurt (saya pakai merk Biokul yang tidak terlalu manis)
  • 2 sdm oat
  • 1 sdm bubuk granola
  • 1 sdt chia seeds
  • 1 sdt madu (saya tidak pakai)
Cara membuat:
  1. Potong dadu buah naga, bekukan di freezer.
  2. Keluarkan buah naga beku. Masukkan ke dalam blender.
  3. Tambahkan
  4. Blender hingga semua bahan tercampur dan teksturnya menjadi lembut,
  5. Taburi dengan granola bubuk dan chia seeds. Hias dengan irisan pisang.
  6. Smoothies bowl buah siap untuk dinikmati. 
Smoothies ini rasanya seger banget! Mau lebih kental dengan menambahkan oatmeal saat diblender, bisa juga. Biar nambah kenyang jadinya. Atau mau pisangnya ikut diblender. Bahkan ditambahkan buah lain, wow makin rame rasanya!

Selamat mencoba dan pasti ketagihan nih :D

smoothies buah naga
Buat diet cocok pisan!


smoothies buah naga
Smoothies Bowl Buah Naga untuk Diet dan Tajil Buka Puasa


Postingan no. 4 untuk #BPNRamadanBlogChallenge2023

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^