Pertama Kali Membuat Nasi Ampok Jagung. Ternyata Seenak Itu!

nasi ampok jagung

Assalamualaikum!

Selamat datang di bulan Maret. Di timeline medsos saya kelihatan riuhnya orang-orang menyambut bulan puasa Ramadan. Kebanyakan sih pedagang. Ada yang berbagi ide jualan, mulai memperbanyak stok, sampai yang curi start bikin promosi duluan. Apa pun itu semoga dilancarkan ya, aamiin.

Saya sendiri yang aslinya berjualan ayam kampung, belum punya rencana. Yah jualan ayam kampung gimana kondisi stok persediaan di kandang saja. Kalau lagi banyak ya syukur alhamdulillah. Kalau pas nggak ada ya sudahlah hehe.

Pada postingan kali ini, saya nggak ngomongin resep masakan yang berkaitan dengan bulan Ramadan. Nanti aja ya di postingan khusus berikutnya. Berhubung awal bulan, ini jadwalnya saya share resep dengan bahan nasi dan teman-temannya. Yaitu Nasi Jagung Ampok dan lauk pelengkapnya.

Nasi jagung ampok yang saya buat bahan dasarnya dari ampok atau gerit jagung berbentuk bubuk. Ini dikasih dari Mama Banyu, teman di sekolah anak saya. Beliau habis pulang kampung dan membagikan ampok gerit ini saat berkumpul di rumah saya.

nasi ampok jagung
Nasi jagung ampok

Nasi jagung populer di Blitar, Jawa Timur, Madura, juga di Jawa Tengah dan sekitarnya. Terutama di daerah pedesaan sebagai pengganti nasi dari beras. Sesuai namanya, nasi jagung ampok terbuat dari jagung tua yang dipipil lalu dikeringkan dan dibentuk jadi bubuk.

Menurut Wikipedia, nasi jagung kaya akan vitamin (Vit. A, B1, B6, B12, C dan E), mineral (Folat, Kalsium, Fosfor, Natrium, Zink) dan serat serta tinggi Magnesium. Mengkonsumsi nasi jagung cocok untuk yang sedang diet, penderita diabetes, kolestrol, dan darah tinggi. Pas banget buat saya yang suka tinggi kadar kolestrolnya dan sesekali mengkonsumsi menu diet hehe.

nasi ampok jagung
Ampok / gerit instan

Nasi ampok atau gerit yang saya pakai adalah Nasi Ampok Instan Cap Jempol Super. Sebungkus kecil beratnya 130 gram dan setelah matang jadinya banyak banget. Saya pakai setengah bungkus saja sudah cukup untuk sekeluarga dengan 4 orang.

Pertama kali membuat nasi ampok jagung. Jujurly saya bingung. Setelah diberitahu caranya, oh nggak susah kok. Di kemasannya juga ada keterangan cara masak. Untuk lauk pelengkapnya, saya sengaja beli ikan asin tipis. Lengkapi dengan sambal dan sayur lodeh. Ternyata seenak itu! Hmm mantap! 

Yuk, kita mulai membuat Nasi Jagung Ampok sekarang...

Resep Nasi Jagung Ampok

nasi ampok jagung

Bahan:
  • 1/2 bungkus (75 gr) ampok/ gerit
  • 1 cup beras putih
  • air secukupnya untuk memasak
Cara membuat:
  1. Cuci beras putih, tuang air di wajan. Masak hinga menjadi nasi aron, sisihkan.
  2. Cuci ampok di air mengalir dalam baskom sambil sedikit diremas-remas untuk menghilangkan kotorannya. Buang airnya. bilas kembali. Cuci dua kali. buang airnya. Ampok siap dimasak.
  3. Panaskan air sampai mendidih. Rendam ampok air mendidih selama 15 menit. 
  4. Setelah air mererap, buang air rendamannya. Agak ditekan supaya tiris dan airnya berkurang agar nanti tidak benyek. 
  5. Panaskan panci kukusan. Masukkan ampok dan nasi aron secara bersebelahan. Kukus selama 30 menit atau lebih (kematangan sesuai banyaknya ampok yang dikukus). 
  6. Setelah matang, bisa langsung mengaduk nasi putih dengan nasi jagung. Atau mau disajikan terpisah juga boleh.
  7. Sajikan hangat bersama pelengkapnya.
Pelangkap nasi ampok jagung:
  • sayuran: pecel, urap, atau sayur lodeh.
  • lauk ikan asin
  • sambal: sambal bajak, sambal tomat, sambal hijau
  • olahan tempe: mendol, tempe menjes, tempe mendoan
  • bihun goreng
  • empal goreng
  • telur dadar, telur balado, telor bumbu petis
  • pepes: pepes tahu, pepes ikan
  • rempeyek kacang atau teri
Saya pilih pelengkap nasi ampok jagung yang biasa disukai keluarga. Yaitu ikan asin tipis, tempe goreng, dan sayur lodeh pakai kacang merah. Tidak ketinggalan sambalnya juga dong! Ini dia...

nasi ampok jagung
Nasi ampok jagung dan pelengkapnya ala Dapur Ngebut

nasi ampok jagung
Sayur lodeh kacang merah


nasi ampok jagung
Nasi ampok, ikan asin, sambal

Alhamdulillah... ternyata rasanya enak juga. Pas nasi ampok masih ngebul dan sayur lodeh kuah hangat. Bikin nambah lagi makannya karena ada ikan asin. 

Selamat mencoba ya!


nasi ampok jagung


Terima kasih sudah mampir ke blog www.dapurngebut.com. 
Postingan terbaru akan terbit setiap hari Jumat (insyaAllah).
Jika belum ada, dipastikan segera tayang pada hari Sabtu dan Minggu.

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^