Paha Ayam Panggang Teflon: Praktis dan Enak untuk Sahur

 paha ayam panggang teflon

Assalamualaikum!

Waktu pagi adalah hari tersibuk saya di dapur. Kadang bersambung ke sore hari. Tergantung menu yang akan dimasak hari itu. Begitu pula dengan bulan puasa. 

Pagi teuteup masak dong. Tepatnya masak yang diungkep atau proses setengah jalan untuk dimasak kembali jelang waktu berbuka puasa.

Seperti hari ini saya riweuh bikin puding coklat untuk tajil buka puasa. Terus, menyiangi sayur bayam biar nanti sore tinggal rebus aja. Dan... mengungkep ayam! 

Selama bulan puasa, wajib banget 'mengukur kekuatan' buat saya yang sudah jelang usia cantik ini hehe. Jadi saya lebih banyak pilih menu yang nggak nyusahin. Bikinnya gampang sat set, karena jika ada proses ribet sebelumnya sudah dikerjain di pagi jelang siang.

Kali ini saya mau berbagi resep Paha Ayam Panggan Teflon. Menu ini sudah saya coba beberapa kali. Namun ada yang difoto pas proses pembuatan, ada juga yang difoto cuma pas proses jadinya aja. 

paha ayam panggang teflon
Paha Ayam Panggang Teflon

Oleh karena itu, saya minta maaf sebelumnya jika foto bahan mentah dan proses pembuatan tidak sama dengan foto makanan yang sudah jadi.

Mudah-mudahan kalau saya sempat memotret Paha Ayam Panggang hari ini, Senin 27 Maret 2023, nanti fotonya saya ganti. Atau jika pas sahur besok sempat difoto.

Perbedaannya adalah pada masakan sebelumnya saya menggunakan paha ayam pejantan yang bagian paha atas dan bawahnya menyatu. Sedangkan masakan hari ini saya menggunakan paha ayam Upin Ipin alias bagian pentungan eh bagian paha bawahnya.

paha ayam panggang teflon
Foto ayam panggang bagian paha

Kenapa nggak sekalian dimasak aja sekarang? Tadinya mau begitu. Apa daya saya dapat ikan gurame di warung sayur. Ikan gurame yang tadinya nggak ada di agenda menu hari ini, terpaksa harus dimakan hari ini untuk buka puasa. Maklum, di keluarga saya kalau sahur pada malas makan ikan. 

Jadi si Paha Ayam Panggang terpaksa ditukar jadi menu sahur. Matangnya nanti pas sahur besok. Foto berikut adalah proses memasaknya sempat saya foto tadi pagi. Sedangkan foto Paha Ayam Panggang matang adalah foto lama dari masak sebelumnya.

Oia bagian paha bisa diganti dengan dada ayam. Kalau anak-anak saya lebih suka bagian paha, jadi saya masak sesuai selera mereka.

Yuk, mari kita masak sekarang...

Resep Paha Ayam Panggang Teflon

Bahan:

  • 4 paha ayam
  • 4 siung bawang putih, tumbuk halus
  • daun jeruk secukupnya
  • 1 batang sereh, geprek
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk secukupnya
  • air kelapa secukupnya
  • 1 sdm minyak goreng
  • bawang putih bubuk secukupnya
Olesan ayam panggang: kecap manis dan margarin.

Cara membuat:
  1. Marinasi paha ayam dengan bawang putih bubuk secukupnya. Diamkan selama 15 menit atau lebih.
    Marinasi biar bumbu menyerap

  2. Tumis bawang putih dengan minyak goreng sampai harum. Masukkan sereh. Aduk sebentar.
  3. Masukkan ayam, aduk sampai ayam berubah warna.
    paha ayam panggang teflon
    Menggungkep paha ayam

  4. Tuang air kelapa, tambahkan garam, merica, dan kaldu bubuk. Masak sampai ayam ungkep matang. Angkat, sisihkan.
  5. Siapkan teflon anti lengket. Lelehkan margarin, tata paha ayam. Panggang sambil dilumuri bumbu olesan. Bolak-balik sambil dioles bumbu sampai matang kecoklatan.
  6. Angkat paha ayam panggang, sajikan hangat dengan sambal kecap atau sambal terasi tomat.
Jika menyukai rasa manis, bisa diperbanyak kecap manis sebagai bumbu olesannya ya. Pada resep hari ini, saya lupa punya air kelapa muda di freezer. Baru ingat pas ayam ungkep sudah mau matang, haha. Gapapa kan jadi ketahuan perbedaannya dari paha ayam panggang teflon sebelumnya yang menggunakan air kelapa.

Ini dia penampakan Ayam Panggang Teflon sudah matang...

paha ayam panggang teflon
Paha Ayam Panggang Teflon siap dinikmati

Oia hampir lupa pelengkapnya. Saya pakai sambal terasi aja. Lalapannya timun dan selada. Karena cuma itu yang ada di kulkas. Jadi kalau teman-teman mau tambah lalap lainnya, silahkan.

paha ayam panggang teflon
Ayam Panggang Teflon dan sambalnya

Selamat mencoba resep Paha Ayam Panggang Teflon. Semoga suka!

paha ayam panggang teflon
Paha Ayam Panggang Teflon.. sedap!



Postingan no. 2 untuk #BPNRamadanBlogChallenge2023

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^