Resep Steak Ayam Diet Simpel dan Praktis. Bisa untuk Frozen

steak ayam diet

Assalamualaikum!

Menginjak tahun 2023 ini, adakah resolusi yang belum tercapai? Kalau saya sih pasti ada, yaitu niat kurus tapi nggak sukses juga haha. Sebenarnya awal tahun 2022 lalu sudah sukses menurunkan berat badan lewat program diet. Ealah jelang akhir tahun kok yaa banyak hambatan sehingga berat badan kembali naik.

Penyebab berat badan naik usai diet adalah tentu saja pola makan yang berantakan dan tidak menjalani hidup sehat dengan berolahraga. Sejak saya sakit, mulai deh meninggalkan diet. Konsumsi obat membuat saya jadi makan banyak. Waktu itu sih nggak dipikirin deh bakal gendut lagi... yang penting badan enakan dan sembuh.

Setelah sembuh, ada lagi hambatan. Yaitu keriweuhan di rumah. Mulai dari mengurus anak-anak kucing, anak sakit, suami sakit. kucing-kucing sakit, hiyaa... saya sendiri bahkan sempat sakit lagi saking stressnya. 

Baru deh di awal tahun 2023 ini. Usai badai berlalu, hayuk atuh mulai lagi diet dan jalani pola hidup sehat. Sebagai pengingat dan penyemangat bahwa saya pernah bisa diet dan menurunkan berat badan, setiap awal bulan saya akan posting menu diet yang sudah pernah saya coba di rumah.

Postingan menu diet yang pernah saya masak kali ini adalah Steak Ayam. Kenapa steak ayam? Karena bagian dada ayam ini paling sering dan jadi favorit untuk menu diet sehari-hari. 

steak ayam diet
Menu diet favorit: Steak Ayam

Daging ayam yang dimasak jadi steak adalah jalan ninja pilihan terbaik untuk mengurangi minyak. Dan pastinya rasa tetap enak dong. Meski tidak diolah dengan cara digoreng atau dibubuhkan tepung.


Steak Ayam untuk Stok Frozen

Sebelum memasak, ikut saya belanja daging ayam dulu yuk! Bikin steak ayam untuk diet, sebaiknya pilih ayam bagian dada yang minim lemak. Kalau bikin pakai daging paha bisa aja sih, tapi jadi bukan buat diet lagi dong. Plus, bentuknya lebih cantik jika pakai daging ayam bagian dada.

Pilih daging ayam bagian dada yang sudah dipisahkan dari tulangnya, alias ayam dada filet. Bisa minta tolong mamang penjual ayam, atau beli yang filet ayam yang sudah jadi (biasanya di supermarket atau aplikasi belanja sayur online).

Saya sendiri lebih suka beli ayam filet di mamang ayam keliling. Minta difiletin, terus tulangnya (yang sedikit itu) bisa dipakai buat campuran sop. Beli setengah bagian dada ayam sudah bisa dapat 3 atau 4 porsi steak ayam lho. Tergantung tebal irisannya juga sih.

Jika beli 1 bagian dada ayam (kiri dan kanan), sekalian aja dibuatkan stok steak frozen siap pakai. Kenapa? Biar nggak riweuh pas mau bikin menu diet untuk sendiri sedangkan kita juga bikin masakan lain untuk orang rumah. Jadi saya bumbui steak ayam sekalian banyak, lalu dibungkus perporsi untuk disimpan di freezer. Jadi ngeluarinnya ya satu satu gitu sesuai kebutuhan. Praktis kan?


Tips membuat steak ayam diet untuk stok frozen:

  • pilih bagian dada ayam, sisihkan tulangnya
  • cuci bersih daging ayam, keringkan
  • untuk dada kiri dan kanan: iris filet melebar menjadi 4 bagian hingga berbentuk seperti daging steak
  • tusuk-tusuk irisan daging ayam dengan garpu
  • lumuri tiap bagian daging dengan bumbu lumur
  • siapkan plastik kiloan, bungkus tiap iris dalam satu plastik
  • beri label tanggal pembuatannya, tulis atau tempel di plastik
  • simpan di freezer
  • satu bungkus untuk satu porsi, ambil sesuai keperluan untuk memasak di hari berikutnya


Kenapa harus dicantumkan tanggal pembuatannya? Biar nggak lupa aja. 

Saya sendiri kalau lagi termenung lama di depan freezer, mikir mau masak apa, suka ambil bahan makanan yang sebenarnya masih tergolong baru masuk kulkas. Makanya perlu banget diberi tanggal, biar yang lama dimasak duluan. Meskipun frozen food itu awet berbulan-bulan, tapi kan sayang aja kalau jadinya kelamaan di freezer.

steak ayam diet
Steak ayam bisa dibuat frozen


Yuk ah, sekarang kita bahas resep dan cara membuat steak ayam diet...


Resep Steak Ayam Diet Simpel dan Praktis

steak ayam diet

Bahannya simpel banget. Serba pakai bumbu bentuk bubuk. Bawang putih bubuk bisa diganti bawang putih tumbuk. Merica bubuk bisa diganti merica hitam jika ingin rasa lebih makgreng (saya pakai merica biasa supaya nggak pedas dan anak-anak bisa ikut makan).

Bahan:

  • sebelah dada ayam filet, potong 4 bagian
  • 1 bungkus bawang putih bubuk
  • 1/2 sdt bubuk parsley
  • 1/4 sdt merica bubuk (bisa diganti merica hitam)
  • 1/4 sdt garam
  • sejumput bubuk rosemary (bisa skip)
  • margarin untuk menumis
Cara membuat:
  1. Panaskan margarin di teflon datar anti lengket.
  2. Masak steak ayam sampai matang kedua sisinya.
  3. Sajikan hangat bersama pelengkapnya.

Gampang banget kan? Karena setengah dada ayam bisa dapat 4 potong, jadi bisa dapat 2 porsi (seorang 2 potong). Potongan ayam filet juga tidak sama. Ada yang irisan besar dan kecil. Dalam foto saya pajang yang irisan besar saja. Biar cantek laaa...

steak ayam diet
Steak Ayam Diet dan pelengkapnya

Terus kalau sudah matang, steak ayam ini dimakannya bareng apa? Bebas aja sih. Bareng sama nasi putih, nasi merah, roti, bahkan kentang juga oke sebagai karbohidrat. Sayurannya harus dalam porsi banyak, yaitu setengah piring saji.

Namun perlu diingat, karena ini judulnya STEAK DIET, jadi tanpa tambahan saus steak yang biasa jadi pendampingnya ya. Jika ingin pakai saus, takarannya cukup 1 ibu jari saja. Mau itu sambal ulek atau saus botolan dan mayones. 

steak ayam diet
Steak Ayam dengan saus tomat dan mayones

Variasi Penyajian Steak Ayam Diet

1. Steak Ayam Diet versi melokal
Sajikan steak ayam diet dengan nasi merah (atau putih jika tidak ada), lalapan segar atau lalap serba kukusan. Beri sambal terasi atau sambal tomat (ingat takarannya 1 ibu jari atau 1 sdt sudah cukup).

steak ayam diet
Steak ayam, nasi merah, sambal lalap


steak ayam diet
Pakai wortel dan labu siam kukus plus sambal


2. Steak Ayam Diet dengan kentang
Kalau steak ayam di resto pasti jodohnya kentang goreng atau kentang tumbuk, ya kan? Nah kalau steak ayam diet jodohnya kentang kukus juga sudah enak lho. Sayur pendampingnya bisa brokoli yang direbus sebentar. Atau buncis dan wortel rebus. Saus steaknya pakai saus sambal botolan dan mayones.

steak ayam diet
Steak ayam dengan kentang dan brokoli

Jika ingin pakai saus steak ala resto juga bisa kok. Ketika masak steak untuk sekeluarga, bikin saus steaknya juga. Nanti buat yang lagi diet, minta sausnya 1 sdm juga boleh (mau 1 sdt kok nggak tega ya haha).

Oia ini steak ayam dengan bumbu lada hitam (merica bubuk diganti lada hitam bubuk dan tumbuk) dengan cita rasa agak pedas. Tampilannya jadi berbintik hitam gitu.

steak ayam diet
Steak ayam versi pakai lada hitam


3. Steak Ayam Diet dengan roti tawar
Roti tawar juga cocok banget untuk pendamping steak ayam. Hmm kalau ditumpuk judulnya jadi sandwich sih. Lumayan kan punya bahan isian sandwich berupa steak ayam yang lezat.

steak ayam diet
Steak ayam dengan roti tawar

steak ayam diet
Steak ayam jadi isian sandwich

4. Steak Ayam dipanir dan digoreng
Berhubung dagingnya sudah ada rasa, pas banget diolah jadi masakan lain nggak perlu dibumbui lagi. Steak ayam bisa digoreng langsung. Atau dibalut tepung dulu sebelum digoreng, jadi filet ayam goreng tepung. Bahkan bisa disulap jadi chicken cordon bleu, alias filet ayam isi daging asap dan keju. Nikmat banget kan?

5. Steak Ayam Diet diolah jadi masakan lain
Steak ayam diet yang sudah dibumbui dan disimpan di freezer bisa diolah jadi masakan lain, lho. Serbaguna banget buat kepraktisan emak memasak di dapur. Terutama untuk membuat olahan berbahan daging ayam.

Daging steak ayam bisa ditumis dengan bumbu lain seperti teriyaki, saus tiram, bahkan dimasak jadi tongseng dan semur. Dan masih banyak lagi. Off course semua pakai bumbu saus dan judulnya jadi bukan steak ayam diet lagi hihihi.

Kalau tega (saya sih enggak), steak ayam bisa dipotong kotak dan jadi sate. Atau diiris kecil jadi toping masakan lain seperti capcay atau campuran sop. Yah bebas merdeka aja terserah emak mau diapain yang penting enak.

Sekian dulu postingan tentang steak ayam diet. Jika ada pertanyaan boleh tulis di kolom komentar, ya.

Sampai ketemu lagi!


steak ayam diet
Steak ayam versi melokal dengan nasi merah

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^