Mulai Diet Sekarang dengan Menu Makanan Sehat dan Bergizi

menu makanan sehat dan bergizi


Aduh, kepala mulai pusing berkunang-kunang nih. Alamat ada yang ngga beres dengan tubuh. 

Sejak punya riwayat kolestrol tinggi, saya mulai waspada dengan gejalanya. Salah satunya pusing berkunang-kunang, selain merasakan pegal di bagian pundak. 

Memang ya, faktor usia nggak bisa bohong. Menuju 50 tahun, mulai banyak penyakit berdatangan jika kita tidak menjaga kesehatan dengan baik.

Nggak mau dong kondisi badan yang penyakitan di hari tua. Saya harus menerapkan pola hidup sehat. Kalau badan sehat kan jadi bisa membersamai keluarga lebih lama. 

menu makanan sehat dan bergizi
Ingin lebih lama bareng keluarga

Diet dan Pola Hidup Sehat

Cara saya untuk memulai pola hidup sehat adalah dengan menjalani program diet. Eits, bukan diet sembarangan ya. Harus diet yang seimbang dong. Yaitu makan makan sehat dan bergizi.

Tidak lupa, diet nggak akan berhasil jika tidak menerapkan pola hidup sehat yang tidak kalah penting, yaitu olahraga dan cukup istirahat. Sebagai pemula, saya nggak langsung melakukan olahraga berat. Yang penting olahraganya bisa membakar kalori dan membuat tubuh bergerak aktif. Kalau bawaannya mager melulu mana bisa membakar kalori hehe.

menu makanan sehat dan bergizi
Jalan pagi di lapangan

Olahaga yang rutin saya lakukan adalah bersepeda dan jalan cepat. Kadang kalau sedang berstamina, saya lari-lari kecil. Nggak maksain harus lari nonstop. Pastinya bersepeda setiap hari selalu dilakukan karena sekalian belanja sayur atau beli keperluan ke depan komplek. Ada lagi olahraga baru yang ingin saya jalani, yaitu renang. Tapi waktunya belum ketemu yang pas.

Saya juga menerapkan istirahat yang cukup. Sebagai ibu rumah tangga yang menyambi kerja freelance di rumah, ada saja kegiatan 'pakepuk riweuh' yang bikin muter kayak kincir. 

Kalau sudah repot begini, saya nggak akan memaksakan diri. Saat merasa lelah, ya istirahat dulu. Sedangkan mengerjakan deadline sampai begadang sudah tidak saya lakukan lagi. Lebih baik mengurangi kerjaan di pagi hari, menggantinya dengan urusan deadline daripada harus begadang.

Menu Makanan Sehat dan Bergizi

Saya tuh aslinya doyan makan banget, lho. Plus hobi masak dan uji coba resep baru yang enak. Rasanya sedih karena saya masak enak buat keluarga, tapi saya sendiri nggak bisa ikutan makan karena mengandung kolestrol tinggi.

menu makanan sehat dan bergizi
Olahan telur ayam muda... sarat kolesterol :D

Etapi sedihnya nggak lama kok. Karena saya tahu, untuk konsisten diet kita harus punya panduan menu sehat dan bergizi. Biar badan nggak sakit-sakitan dan bonusnya dapat body goals siapa yang nggak seneng?

Dalam menentukan makanan sehat dan bergizi untuk diet, perhatikan jenis makanan yang cocok. Setiap orang punya kebutuhan makanannya masing-masing berdasarkan kondisi tubuhnya. Misalnya, untuk saya yang punya 'bakat' kolestrol tinggi dan asam urat, tentunya harus menghindari daging merah dan seafood.

Gimana sih caranya biatr konsisten menjalani diet sehat? 
  1. Cari tahu dulu makanan apa saja yang sesuai dengan kebutuhan badan kita. 
  2. Membuat daftar menu makanan. 
  3. Membuat jadwal makan. 
  4. Penuhi kebutuhan makanan sesuai pedoman gizi seimbang isi piringku.
  5. Gunakan metode telapak tangan untuk menentukan isi piring yang dimakan setiap hari. Meliputi: karbohidrat 1 tangkup tangan, protein 1 telapak tangan, sayur dan buah 1 kepalan tangan, dan lemak 1 ibu jari.

Contoh menu makanan sehat dan begizi yang pernah saya makan saat menjalani diet sehat yang aman untuk penderita kolestrol, asam urat serta diabetes:

Menu hari ke 1: nasi hitam, ikan bakar, lalap sambal 
menu makanan sehat dan bergizi

Menu hari ke 2: nasi putih, pepes tahu, lalap sambal
menu makanan sehat dan bergizi


Menu hari ke 3: nasi merah dan dada ayam panggang plus lalap sambal
menu makanan sehat dan bergizi

Menu hari ke 4: sandwich tuna
menu makanan sehat dan bergizi


Menu hari ke 5: kentang kukus, dada ayam lada hitam, sayur brokoli
menu makanan sehat dan bergizi


Menu hari ke 6: nasi putih, bawal kukus jahe, sayur oyong, selada
menu makanan sehat dan bergizi

Menu hari ke 7: mie goreng lemonilo dan telur ceplok dan sayuran

menu makanan sehat dan bergizi

Wah senangnya saat diet masih bisa makan mie. Kan ada mie Lemonilo. Terbuat dari saripati sayuran, tidak digoreng tapi dipanggang, juga tanpa pengawet. Jadinya aman banget buat yang lagi program diet karena mie Lemonilo rendah kalori.

Panduan Menu Makanan Sehat dari Lemonilo

Masih bingung gimana caranya untuk menentukan menu makanan sehat dan bergizi untuk program dietmu? Tenang saja, sekarang ada panduan lengkap menu makanan sehat dari Lemonilo.

Sebagai healthy brand consumer goods, Lemonilo mempunyai misi membuat hidup sehat bisa diakses siapa saja. Informasi kesehatan yang dijalankan Lemonilo diambil dari sumber terpercaya melalui berbagai media untuk masyarakat Indonesia.

Seri kedua dari Lemonilo Healthy Guidelines diterbitkan untuk membantu masyarakat Indonesia yang ingin memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi menu makanan sehat dan bergizi yang seimbang.

Panduan pola makan sehat ini bisa digunakan untuk mendukung diet sesuai kondisi tubuh dan kebutuhannya. Jadi kita nggak bingung lagi untuk menentukan makan sehat mulai dari mana.

menu makanan sehat dan bergizi
Ebook Lemonilo Healthy Guidelines

Kebutuhan makanan dihitung berdasarkan usia, jenis kelamin, aktivitas fisik, berat dan tinggi badan. Jika makanan yang masuk tidak sesuai maka dikhawatirkan bisa menggangu kesehatan di kemudian hari. 

Jenis makanan dan jumlahnya dijelaskan secara rinci. Misalnya berapa kebutuhan karbohidrat, lemak, serat, vitamin dan mineral. Selain itu, dalam panduan ini juga dijelaskan secara lengkap apa saja makanan yang harus dibatasi dan yang wajib dikonsumsi. Keren banget kan? 

Penasaran pengen tahu seperti apa panduan makan sehat ini? E-book ini bisa diunduh secara gratis di link Menu Makanan Sehat
 
Setelah mengunduhnya, saya nggak bingung lagi bikin list menu makan sehat untuk pola hidup yang yang berkualitas. Yuk kita semangat sehat bersama!

menu makanan sehat dan bergizi
Hidup sehat yes!

41 comments

  1. Aku juga suka makan ikan bakar atau pepes tahu dan sebagainya lengkap dengan lalapan dan sambal dong :D Soal mie Lemonilo aku, anak2 dan suami juga doyan. Suka yang kuah maupun mie gorengnya. Rasanya enak, mienya lembut dan nikmati buat family time.

    ReplyDelete
  2. Duuuuh jd laper liat foto2 makanan mb inna. Aku masih PR bgt nih soal makanan sehat mbak. Soalnya masih hobi makan yg digoreng :D

    Kami juga kurang suka nasi merah. Padahal kan lebih sehat ya. Harus banget nih belajar masak yg sehat tp tetap enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasi merah emang ga enak. berasa keras gitu. di rumah yg mau makan nasi merah cuma aku seorang :D

      Delete
  3. Duh menunya menggoda semua kak.. Kayaknya gak bakal berasa kalo lagi diet nih kalo menunya kayak gini hehehe..Yasih untuk mulai diet jangan ditunda-tunda..keburu dikuasai rasa malas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibikin enak menunya biar semangat dietnya :D

      Delete
  4. aku nih mba baru sebulan lebih seminggu bersih dari tepung hahahaha semoga bisa seterusnya ya, konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow keren... emang yah godaan banget makanan olahan tepung itu palagi gorengan :D

      Delete
  5. Saya juga sudah 50 tahun ke atas dan berusaha menerapkan pola hidup sehat melalui makanan dan olahraga serta menjaga pikiran agar selalu positif. Sampai saat ini Alhamdulillah memang baik-baik saja dan semoga tetap seperti ini sampai nanti ajal menjemput. Tidak kepengen sakit dan kalau memang harus sudah sampai usianya ya ditutup saja, sakit itu nggak enak soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah moga sehat terus ya mba evi. bener banget buat usia kita ini sakit itu berasa ga enak banget lebih nyeri hiks

      Delete
  6. Ya ampun Teh, ngiler lihat menu dietnya sepertinya enak dan sehat semua kesukaanku pepes tahu. Memang kita kudu jaga makan ya jangan sembarangan makan yang berlemak, terlalu manis dan gurih..semoga sehat selalu semuanya aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin semoga sehat juga buat mba dedew sekeluarga yaa

      Delete
  7. Wah jadi pengen nyontek nih mbak menu dietnya supaya bisa langsingan dikit. Efek pandemi kemarin masih berasa jadi gemukan aku tuuh.
    Lemonilo nih ternyata rendah kalori ya?
    Jd mau intip link panduan makanan sehatnya, TFS infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masamaa... iya idem aku juga gemukan jadi kudu diet nih hihi. yuk semangat barengg

      Delete
  8. Usia boleh tua ya mbak, tapi kalau bisa tetap bugar & sehat. Yuk sama-sama terapkan pola hidup sehat. Aku sesekali tidur malam nih padahal gak baik ya untuk kesehatan. Ya ampun aku ngiler sama menu-menu buatan mak Inna. Aku kalau masak mie juga banyak banget topingnya termasuk ada sayuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng liatin mba lidya yg sehat n aktif olahraga. jadi pengen lebih rajin olahraga juga :)

      Delete
  9. Mbaaa aku sering mati gayaaa kudu masak apa lagi niihh buat bocil

    Nah kalo ada ide2 brilian kayak gini kan uhuuyy bgt.

    Makasiiii artikelnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. masamaa... moga ga mati gaya lagi yaa... semangattt

      Delete
  10. Aku tiap hari selalu intip menu harian dietnya Mak Inna di WA story, menunya itu lho bikin ngiler semua. Makasih buat inspirasi menu dietnya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hwaaa makasi banyak udah ngintipin wa story akuh ya maksayy :*

      Delete
  11. Wah, makasih mbak sudah nulis ini mbak
    Aku lagi mau konsisten diet nih
    Mau nyoba menu diet sehat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaa aku juga lagi pengen konsisten diet lagi. mari semangat sehat bersamaa

      Delete
  12. Jaman sekarang kita harus aware dengan diri sendiri, mulai dari rajin berolah raga sampai menjaga pola makan.
    Banyak penyakit dan menyerang bukan hanya orang tua saja akan tetapi usia produktif masih mudapun kena semoga kita selalu sehat bahagia ya mak.

    Mie lemonelo cara sehat menikmati mie instan 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. mie lemonilo bikin yang diet dan pengen badan sehat ga perlu takut lagi makan mie instan :)

      Delete
  13. Usia kian menambah, pola gaya hidup sehat dan diet sehat harus segera dimulai nih. Karena kesehatan itu penting banget ya buat kita, biar kita bisa berkarya dan bahagia dengan keluarga, teman, dan sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget. kalo udah tua sakit itu rasanya ga enak. lebih baik investasi kesehatan dari sekarang :)

      Delete
  14. Dennise SihombingJuly 16, 2022 at 8:08 PM

    menu diet sehat yang harus di contoh nih. Saat ini aku lagi lumayan naik BB nya. karena lepas kontrol ngemilnya. Lemonilo, ini produk sehat kesukaanku

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas makan berlebihnya sih ga kerasa yaa... giliran badan udah ga enak karena nambah bb baru deh menyesal hiks. tapi makan enak tetep bisa walo diet dengan mie lemonilo... uhuyy

      Delete
  15. Mauuu...mau banget dapat menu panduan makanan sehat.
    Aku ngiler banget liat menu hari ke 5 dan ke 7. Enaknya tuh kalau sudah seimbang, badan juga ikutan terasa ringan dan produktif jalani hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, badan jadi terasa lebih enteng... jadi keterusan deh sampe sekarang (baca dengan nada iklan :D)

      Delete
  16. ngemil memang jadi salah satu penyebab berat badan ga kekontrol ya mak. memang harus pinter milih makanan sehat termasuk cemilan nih untuk keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. godaan ngemil emang susah banget ditolak yaa

      Delete
  17. Itu mah menunya menggiurkan semua. Saya juga alhamdulillah sdh terbiasa dgn pola makan menu sehat sejal program turunkan BB saya dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyes mba ade mah udah keren pisan program dietnya :)

      Delete
  18. Lihat foto lemonilo goreng pakai jamur itu aku jadi ngiler mba, malam-malam gini jadi pengen masak haha. Memang beda sih ya mi lemonilo ini tanpa pengawet dan penyedap jadi aman untuk kesehatan

    ReplyDelete
  19. ini menu diet mba? asyik banget ya tetap terjaga makanan sehat dan rasanya pun enak yaaaa

    ReplyDelete
  20. Pas pandemi kemarin tuh aku sempat naik sampai hampir atau mungkin sudah 60kg, terus diet sama temen dikasih menu makanan sehat rendah kalori. Alhamdullilah balik stabil jadi 57kg lagi

    ReplyDelete
  21. Senang banget ya lihat orang bisa sukses diet sedangkan aku pengen juga nih mengurangi berat badan dan kembali ke berat badan ideal tapi tergoda dengan makanan atau cemilan

    ReplyDelete
  22. Aku juga punya riwayt kolestrol. Tapi ya gitu ilang muncul. Maklum aja pola makannya saja kadang tidak dijaga. Suka masih tergoda sama makanan berlemak. Padahal pola makan sehat itu gak cuma buat terhindar dari kolestrol, ya Mba. Bisa bikin badan tetap langsing. Eh.

    ReplyDelete

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^