Rendang Ayam Ekspres dari Sisa Kuah Rendang Lebaran

 

Assalamualaikum

Halo semua. Mohon maaf lahir batin ya. Gimana Lebarannya? Pasti senang bisa merayakan Idul Fitri secara normal seperti sebelum pandemi. Bisa mudik dan bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Saya tidak mudik karena sudah lama menetap di kampung halaman suami di Bogor. Paling yaa mengunjungi ayah saya di luar kota. Setelah itu yaa mager di rumah deh. Mau pergi liburan kayak rangorang kok males ya. Pasti padat banget, hiii!

Seminggu pertama habis Lebaran biasanya tukang sayur nggak jualan. Saya sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyetok bahan makanan dan sayuran di kulkas sebelum Lebaran. 

Saya juga sengaja menyimpan sebagian kecil olahan Lebaran, yaitu rendang daging sapi. Masak rendang daging 2 kilogram. Eh kayaknya kemarin saya bikin lebih banyak deh.. 2,5 kg. Lupa lagi. Pokoknya banyak aja. Sepertiga saya simpan di freezer. Sisanya tentu untuk hidangan Lebaran dan dibagikan.

Rendang daging yang disimpan di frezer saya bagi menjadi beberapa porsi kecil. Satu plastik berisi 5 sampai 6 potong rendang. Pas buat sekali hidangan untuk kami sekeluarga (si bungsu kurang suka rendang daging). 

Bumbu rendang daging yang saya buat melimpah pun bisa disisihkan 1 plastik sendiri untuk campuran masakan yang lain. Nah, si bumbu rendang inilah yang mau saya pakai untuk membuat rendang ayam ekspres.

Rendang ayam ekspres? Iya, ini bikin rendang nggak usah puyeng bikin bumbunya lagi. Bikinnya super gampang. Tinggal nambahin santan sedikit aja buat mematangkan ayamnya. Yuk, praktekin...

Rendang ayam yang bikinnya cepet ajah


Rendang Ayam Ekspress dari Sisa Kuah Rendang Lebaran

Bahan:

  • 500 gr ayam, potong kecil
  • 1 mangkuk kecil bumbu rendang sisa Lebaran
  • 500 ml santan dari 1/2 kelapa parut
  • garam secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bumbu rendang dengan minyak goreng di wajan besar sampai harum.
  2. Masukkan ayam, aduk rata sampai berubah warna. 
  3. Tambahkan santan, masak sampai ayam empuk dan kuah berkurang.
  4. Koreksi rasanya.

Rendang ayam sudah matang! Bikinnya nggak pakai lama kan? Ekpres pisan. Tapi rasanya wuenak dong. Jika pas masak ayam kuahnya habis, bisa tambahkan air panas. Jangan khawatir kuahnya bakal banjir, karena nanti kuahnya akan dibuat susut lagi selama proses memasak.

Rendang ayam yamii...

Gimana? Tertarik untuk mencobanya? Bisa banget lain kali kalau bikin rendang daging, simpen bumbunya untuk dibuat rendang ayam seperti ini. Atau kalau malas bikin rendang, bisa kok beli rendang matengan di rumah makan padang. Beli yang banyak biar dapat bumbunya banyak juga. Terus simpen deh bumbunya, hihihi.

Selamat mencoba ya ^_^

No comments

Yuk, beri tanggapan dengan bahasa yang sopan dan tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar. Terima kasih ^_^